Selain Seoul, Busan juga menjadi kota pariwisata paling menarik di Korea Selatan. Kota kedua terbesar di Korea Selatan ini menyimpan beragam harta untuk dijelajahi, mulai dari wisata alam, tradisional, modern, dan kuliner. Dengan seluruh jenis wisata yang kaya akan budaya, pengalaman berlibur di Busan berbeda di negara lain dan bakal jadi kenangan yang sulit dilupakan. Berikut daya tarik Busan yang paling spesial

Budaya Makanan Laut yang Kaya

Makanan laut yang lezat adalah salah satu daya tarik Busan
Makanan laut yang lezat adalah salah satu daya tarik Busan

Busan terkenal dengan kuliner seafood yang kaya dan cocok bagi lidah orang Indonesia. Beberapa makanan yang wajib di coba adalah sashimi (potongan ikan mentah), siat hotteok (pancake Korea), tako (bayi gurita), eomuk (kue ikan), dan ikan kerapu. Ada banyak rekomendasi wisata kuliner yang menyajikan seafood di Busan, di antaranya adalah restoran Gaemjip, Jagalchi Market, Seomyeon Food Street, sepanjang jalan Busan International Film Festival (BIFF),dan Pasar Hauendae. Jika ingin membeli makanan di pasar, pastikan kamu membawa uang tunai juga.

Wisata Tradisional yang Terjaga

Daya tarik Busan lainnya adalah wisata tradisionalnya yang nilai budayanya sangat terjaga
Daya tarik Busan lainnya adalah wisata tradisionalnya yang nilai budayanya sangat terjaga

Masyarakat Busan sangat menjaga nilai leluhur dengan baik meski zaman terus berganti. Keunggulan ini tercermin dari wisata religi yang ada, seperti Kuil Haedong Yonggung Sa di Gijang-gun. Terletak di pesisir pantai, kuil ini mempersembahkan indahnya pemandangan air disertai khusyuknya suara biksu yang membacakan sutra Buddha. Tentunya, kamu akan merasakan liburan yang penuh damai dan tidak terlupakan. Penduduk lokal Busan juga sering datang ke sini pada Hari Tahun Baru untuk membuat permohonan saat matahari terbit. Kabarnya, kuil bakal terlihat lebih indah ketika di bulan April saat bunga sakura bermekaran.

Ada juga kuil megah Beomosa di Cheongnyong-dong. Terletak di lereng gunung, kuil ini juga diapit dengan pohon pinus dan bambu yang sangat cantik. Kuil ini sangat menjaga kekayaan arsitektur Korea yang sangat menawan dan nilai-nilai religi yang menyentuh hati. Walau ini wisata religi, tapi seluruh wisatawan dengan agama apapun disambut hangat. Bahkan, disediakan penginapan Tempel Stays yang memungkinkan para turis untuk menikmati kehidupan Buddha.

Beragam Wisata Pantai yang Indah

Beragam wisata pantai yang indah menjadi salah satu daya tarik Busan
Beragam wisata pantai yang indah menjadi salah satu daya tarik Busan

Busan sendiri merupakan kota di tepi laut yang memiliki sejumlah pantai, pelabuhan, mata air panas, dan lainnya yang sangat indah. Tengok saja Pantai Haeundae, salah satu pantai tercantik dan terpopuler di Korea Selatan.  Dari jauh, kamu akan melihat panorama gedung-gedung pencakar langit di tepian dengan birunya air laut dan pasir putih yang luas. Pantai ini ramai peminat, apalagi di waktu festival sepanjang tahun, antara lain perayaan Jeongwol Daeboreum pada bulan Februari, kompetisi berenang Polar Bear di musim dingin, membuat patung dari pasir di bulan Juni, serta Festival Laut Busan di bulan Agustus.

Pantai menarik lainnya adalah pantai Taejongdae. Berlokasi di ujung pulau Yongdo, pantai ini menyuguhkan keasrian hutan pinus dan 200 jenis pohon lainnya di area dekat pantai. Terdapat bebatuan tebing yang dapat digunakan pengunjung untuk berjalan di observatorium, mercusuar Yeongdo dan beberapa kuil.  Alternatif lainnya adalah Pantai Gwangalli dengan pemandangan jembatan yang indah dan Oryukdo Island yang menawarkan pengalaman hiking menantang di taman berbatu.

Ada Mall Terbesar di Dunia

Busan memiliki mall terbesar di dunia, Shinsegae Centum City, yang menjadi daya tarik Busan
Busan memiliki mall terbesar di dunia, Shinsegae Centum City, yang menjadi daya tarik Busan

Bagi kamu yang hanya ingin menghabiskan waktu di pusat perbelanjaan, Busan memiliki mall terbesar di dunia menurut Guinness World Record, lho. Bernama Shinsegae Centum City, mall yang terdiri dari sembilan lantai ini menawarkan berbagai store busana dan kecantikan, restoran, serta fasilitas hiburan, seperti bioskop, spa dan gelanggang es. Jika ingin bersantai dan tak ingin membeli apapun, kamu bisa pergi ke taman atap gedung yang ditanami rumput, sambil melihat pemandangan Sungai Nakdong. Untuk menuju ke sini, kamu bisa melewati jalur Subway Line 2 dari Busan Station yang langsung terhubung ke mall.

 

Merasakan Kehidupan Lokal

Daya tarik Busan yang paling menarik adalah pengunjung bekesempatan untuk mengenal masyarakat lokal
Daya tarik Busan yang paling menarik adalah pengunjung bekesempatan untuk mengenal masyarakat lokal

Ingin mengetahui seperti apa kehidupan masyarakat lokal Busan? Tepatnya di Gamcheon-dong, Distrik Saha, terdapat kampung wisata bernama Gamcheon Cultural Village. Kampung ini adalah bekas daerah kumuh yang menampung para pengungsi setelah Perang Korea. Sejak tahun 2009, kampung tersebut disulap menjadi perumahan Lego berwarna pastel untuk memikat para turis. Jika berminat ke sini, eksplorlah daerah tersebut dengan berjalan di lorong-lorong labirinnya, karena akan sangat mudah untuk merasakan seperti apa kehidupan lokal, melihat sentuhan artistik di sepanjang jalan dan langsung bertemu dengan para penghuni yang sangat ramah. Tak hanya itu, ada sejumlah kios dan kafe yang menjual jajanan kue goreng lezat yang diisi dengan gula, madu, kacang-kacangan dan biji bunga matahari.

 

Itulah beberapa informasi mengenai lima daya tarik Busan. Kamu sendiri tertarik ke wisata yang mana? Untuk kamu yang akan berlibur di Filipina, Singapura, Vietnam atau Indonesia seperti Jakarta, Semarang, Solo, Malang, Manado, Makassar, Palembang, Banjarmasin, Balikpapan, Pekanbaru, Cirebon, Lampung, Batam, Bogor, Bali, Yogyakarta dan Surabaya, RedDoorz hadir sebagai tempat penginapan murah dengan fasilitas lengkap.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s