Akhir-akhir ini wisata syariah semakin berkembang. Banyak negara yang berlomba untuk mengembangkan wisata syariah di tempat mereka dengan memperbaiki fasilitas penunjang yang ada, mulai dari tempat ibadah hingga rumah makan yang menyajikan makanan halal. Sebagai panduan untuk kamu yang ingin liburan dengan konsep wisata syariah, berikut beberapa negara yang direkomendasikan oleh RedDoorz.

Turki

Tempat Wisata Syariah
Tempat Wisata Syariah : Turki

Turki dikenal sebagai salah satu negara yang bersahabat bagi umat muslim. Hal ini tidak lain karena Turki telah menerapkan standar khusus bagi umat muslim yang ingin berlibur ke sana. Standarisasi di Turki ini dilakukan oleh Turkish Standards Institution (TSI). Dalam standarisasi tersebut, setiap hotel yang harus disertifikasi untuk mendapatkan predikat halal. Ada beberapa aspek yang harus mereka penuhi untuk mendapatkan sertifikat halal ini, antara lain tidak menyediakan alkohol, ada masjid atau mushola, menyajikan makanan halal dan menjual produk kosmetik halal. Jadi, bagi kamu yang ingin jalan-jalan ke Turki tidak perlu khawatir untuk makan dan beribadah karena semua fasilitasnya telah tersedia.

Jepang

Tempat Wisata Syariah
Tempat Wisata Syariah : Jepang

Selain Turki, Jepang juga gencar untuk mengembangkan wisata syariah di negaranya. Hal ini terlihat dari banyaknya fasilitas bagi wisatawan muslim seperti halnya mushola, dan petunjuk arah kiblat di bandara maupun di pusat perbelanjaan. Selain itu, kamu juga tidak perlu khawatir untuk mencari makanan berlabel halal di sini karena sudah banyak restoran yang bekerja sama dengan negara-negara muslim untuk menyediakan makanan halal. Dengan adanya fasilitas-fasilitas tersebut, tidak heran jumlah wisatawan muslim semakin membludak yaitu sekitar 24 juta pada tahun 2016, lebih dari target awalnya yang hanya 20 juta saja.

Malaysia

Tempat Wisata Syariah
Tempat Wisata Syariah : Malaysia

Masih satu rumpun dengan Indonesia, Malaysia menjadi salah satu negara ramah muslim yang bisa kamu kunjungi. Data ini dapat dilihat dari Global Muslim Travel Index (GMTI)  pada 2018 yang menunjukkan bahwa Malaysia meraih poin tertinggi sebagai negara paling ramah muslim. Karena mayoritas penduduk di Malaysia muslim, kamu bisa dengan mudah menemukan restoran atau tempat makan yang menyajikan makanan halal. Selain itu, sarana lain yang bisa kamu temukan selama liburan di Malaysia sendiri adalah adanya petunjuk kiblat, mushala, masjid dan label halal.

Korea Selatan

Tempat Wisata Syariah
Tempat Wisata Syariah : Korea Selatan

Korean wave terus berkembang hingga sekarang ini. Hal inilah yang membuat potensi masuknya wisata muslim ke Korea Selatan lebih mudah. Meski penduduk Korea Selatan mayoritas bukan muslim, hal tersebut tidak menghentikan langkah pemerintah di sana untuk berbenah menyediakan fasilitas khusus bagi wisata syariah. Tidak hanya dari Indonesia saja, wisatawan muslim yang berkunjung ke Korea Selatan juga berasal dari banyak negara seperti  dari negara-negara Timur Tengah.

Tercatat pada bulan Januari hingga November 2013, wisatawan dari Timur Tengah mencapai 18,505 orang. Jumlah tersebut kemudian mengalami peningkatan sebesar 33 persen pada tahun 2014. Beberapa tempat seperti Provinsi Gangwon, Korea Tengah bahkan menyediakan banyak sekali restoran halal. Tidak hanya itu, ada banyak fasilitas ibadah yang memadai juga tersedia di sini. Tempat ramah muslim lainnya di Korea Selatan yang bisa kamu kunjugi antara lain Pulau Jeju, Pulau Nami dan museum DMZ di Goseong.

Hong Kong

Tempat Wisata Syariah
Tempat Wisata Syariah : Hong Kong

Hong Kong Tourism Board (HKTB) semakin gencar mengembangkan wisata syariah di negara mereka. Untuk kamu yang ingin jalan-jalan ke Disneyland Hong Kong atau Ocean Park, kamu bisa menemukan banyak sekali fasilitas ramah muslim. Di Hong Kong kamu bahkan juga bisa menemukan sebuah masjid raya bernama Kowloon yang mempermudah umat muslim yang ingin beribadah. Selain itu, kamu juga bisa mengakses situs Hong Kong Tourism Board untuk mendapatkan informasi terkait tempat ibadah atau pun tempat makan halal bila diperlukan.

Inggris

Tempat Wisata Syariah
Tempat Wisata Syariah : London

Inggris juga menjadi salah satu negara ramah muslim yang bisa kamu kunjungi. Salah satu tempat populer yang terkenal memiliki banyak fasilitas ramah muslim di Inggris di antaranya London. Di sini, kamu bisa menemukan beberapa masjid seperti Masjid Regent’s Park yang juga merupakan masjid terbesar di Eropa.

Sudah sejak lama juga Pemerintah Inggris bekerja sama dengan para pebisnis dari Timur Tengah. Tak ayal banyak juga restoran besar di Inggris telah memiliki sertifikasi halalnya sendiri. Di sini kamu juga bisa berkunjung ke London Muslim Center dan bersama-sama belajar tentang agama islam di Inggris.

Spanyol

Tempat Wisata Syariah
Tempat Wisata Syariah : Spanyol

Meski sekarang penduduk muslim di Spanyol merupakan minoritas, tetapi peradaban islam telah sampai ke Andalusia sejak jaman dulu. Islam pun kemudian berbaur dengan agama lainnya seperti Nasrani dan Yahudi. Beberapa kota yang menjadi saksi sejarah berkembangnya Islam di Spanyol pada jaman dulu adalah Seville, Cordoba dan Granada. Di Seville kamu bisa melihar Seville Cathedral yang dulunya merupakan masjid Al Mohad dan Alcazar Palace atau Al Qasr. Sedangkan di Cordoba kamu bisa melihat Masjid Agung Cordoba dan Kampung Arab-nya. Tempat lain yang tidak kalah menarik adalah Alhambra yang berlokasi di Granada.

Itulah beberapa informasi mengenai negara ramah muslim yang bisa kamu kunjungi. Kalau kamu sendiri paling suka liburan ke mana nih? Untuk kamu yang akan berlibur di Filipina, Singapura, Vietnam atau Indonesia seperti Jakarta, Semarang, Solo, Malang, Manado, Makassar, Palembang, Banjarmasin, Balikpapan, Pekanbaru, Cirebon, Lampung, Batam, Bogor, Bali, Yogyakarta dan Surabaya, RedDoorz hadir sebagai tempat penginapan murah dengan fasilitas lengkap.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s