Kalau kamu ke Semarang, jangan lupa berkunjung ke Ungaran. Tidak hanya kota Semarang, Ungaran juga memiliki banyak sekali tujuan wisata menarik. Mulai dari danau, air terjun hingga taman rekreasi bisa kamu temukan di sini. Sebagai rekomendasi untuk kamu yang ingin berkunjung, berikut beberapa tempat wisata di Ungaran yang menarik untuk kamu kunjungi.

Rawa Pening

Wisata Ungaran
Wisata Ungaran : Rawa Pening

Salah satu tempat wisata yang cukup populer di kawasan Ungaran adalah Rawa Pening. Terletak di lereng kaki Gunung Ungaran, Rawa Pening memiliki luas sekitar 2670 hektar. Di sini kamu akan melihat keindahan pemandangan alami  yang merupakan perpaduan antara gunung dan danau. Meski perjalanan ke sini cukup memakan waktu, semua akan terbayar dengan keindahan yang ada di sini. Momen terbaik untuk berkunjung ke Rawa Pening yaitu pada sore hari di mana kamu bisa melihat matahari terbenam di balik Gunung Ungaran.

Curug Semirang

Wisata Ungaran
Wisata Ungaran : Air Terjun Semirang

Wisata alam berikutnya yang menarik untuk kamu kunjungi saat liburan ke Ungaran adalah Curug Semirang. Lokasi dari Curug Semirang berada di lereng Gunung Ungaran. Dengan tinggi sekitar 45 meter, Curug Semirang masih berada dalam area Perum Perhutani yang memiliki luas 10 Ha. Untuk sampai ke sini, kamu harus memiliki fisik yang kuat karena nantinya kamu akan melalui jalur pendakian lereng gunung dan berjalan kaki untuk sampai ke sana. Tetapi, untuk kamu yang membawa kendaraan seperti sepeda motor bisa langsung naik ke sampai pintu masuknya. Setelahnya, barulah kamu harus berjalan kaki sekitar 1 km. Harga tiket masuk ke Curug Sumirang juga sangat terjangkau yakni sekitar Rp 5.000 saja.

Curug Benowo

Wisata Ungaran
Wisata Ungaran : Curug Benowo

Satu lagi air terjun yang berada di area lereng Gunung Ungaran yaitu Curug Benowo. Jika dibandingkan dengan Curug Semirang, jalur menuju ke Curug Benowo memang lebih sulit karena kondisinya yang sangat alami. Jadi, disarankan tempat wisata ini cocok untuk kamu para pecinta alam, bukan untuk keluarga. Tetapi, setelah kamu melalui jalur yang naik turun dan berliku semuanya akan terbayarkan dengan pemandangan indah dari Curug Benowo.

Umbul Sidomukti

Wisata Ungaran
Wisata Ungaran : Umbul Sidomukti

Umbul Sidokmukti sendiri merupakan sebuah wisata alam pegunungan yang berlokasi di Semarang. Di dalam area wisata Ungaran tersebut kamu bisa menemukan banyak sekali fasilitas menarik mulai dari Outbond Training, Taman Renang Alam, Camping Ground, Pondok Lesehan, Pondok Wisata, Meeting Room hingga Adrenaline Games. Dengan semua fasilitas tersebut kamu bisa melakukan banyak kegiatan menarik, seperti flying fox, bersepeda, berkuda hingga berjalan untuk melalui jalur trekking yang ada di sini. Untuk sampai ke Umbul Sidomukti dibutuhkan waktu sekitar 1 jam dari kota Semarang. Kamu bisa melalui arah ke Yogyakarta atau ke Solo lalu keluar di pintu Tol Ungaran.

Gedong Songo

Wisata Ungaran
Wisata Ungaran : Candi Gedong Songo

Selain tempat wisata alam, Ungaran juga memiliki tempat wisata sejarah, tidak lain Gedong Songo. Berlokasi di kaki Gunung Ungaran, candi yang satu ini masih berdiri kokoh hingga sekarang sejak dibangun pada 9 abad tahun yang lalu. Di area ini, para pengunjung tidak hanya bisa berkeliling saja melihat pemandangan yang ada melainkan juga berkemah di camping ground-nya. Serunya lagi, kamu pun bisa menjajal pemandian air panas di sini yang sumber mata airnya alami dari dalam tanah. Jika lelah, kamu bisa menyewa kuda untuk berkeliling arena candi. Harga tiket masuk ke kawasan Candi Gedong Songo juga sangat terjangkau yakni hanya sekitar Rp 6.000 saja.

Gunung Ungaran

Wisata Ungaran
Wisata Ungaran : Gunung Ungaran

Tidak seperti gunung kebanyakan, Gunung Ungaran tidak terlalu tinggi dibandingkan dengan gunung lainya. Tetapi, untuk mencapai ke puncaknya kamu tetap harus melalui jalur yang penuh tantangan. Meski hanya berada di ketinggian 2.050 meter di atas permukaan laut,  jalur menuju ke sini dipenuhi dengan tanjakan bebatuan yang curam. Di lerengnya kamu akan menemukan sebuah situs arkeologi berupa Candi Gedong Songo. Selain itu, seperti yang dibahas sebelumnya kamu juga bisa melihat keindahan Curug Semirang dan Curug Lawe di jalur pendakiannya.

Kampung Kopi Banaran

Wisata Ungaran
Wisata Ungaran : Kampung Kopi Banaran

Untuk kamu yang suka kopi berkunjung ke Kampung Kopi Banaran bisa menjadi alternatif tempat wisata yang menarik. Liburan ke sini kamu bisa berkeliling kebun kopi dan melihat langsung bagaimana proses pengolahannya mulai dari pemetikan hingga mencicipi kopi murni tanpa campuran zat lain. Tetapi, selain itu, Kampung Kopi Banaran juga memiliki sarana edukasi menarik bagi para pengunjung. Nantinya, kamu akan diajak untuk menanam kopi dengan benar dan bermain di berbagai wahana sporty seperti kolam renang, seluncuran, outbond, flying fox, naik TV di sekitar kebun kopi hingga taman bermain anak.

Vanaprastha Park

Wisata Ungaran
Wisata Ungaran : Vanaparsha Park

Berikutnya ada Vanaprasha Park yang lokasinya masih berada di Candi Gedong Songo. Di dalam tempat wisata ini nantinya kamu akan menemukan sebuah rumah yang terbuat dari kayu jati dan sudah berumur sekitar satu abad. Rumah tersebut juga telah dibangun sejak jaman kolonial. Hal yang menjadikan rumah tersebut menarik adalah arsitekturnya yang masih asli dan unik. Selain itu, di sini kamu juga akan menemukan sebuah taman alami, sejuk serta teduh yang cocok untuk refreshing dan rekreasi.

Itulah beberapa informasi mengenai wisata Ungaran yang menarik untuk dikunjungi. Kalau kamu sendiri apa pernah berkunjung ke Ungaran? Untuk kamu yang akan berlibur di Filipina, Singapura, Vietnam atau Indonesia seperti Jakarta, Semarang, Solo, Malang, Manado, Makassar, Palembang, Banjarmasin, Balikpapan, Pekanbaru, Cirebon, Lampung, Batam, Bogor, Bali, Yogyakarta dan Surabaya, RedDoorz hadir sebagai tempat penginapan murah dengan fasilitas lengkap.

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.