Perayaan Imlek membawa kehangatan sendiri bagi kaum yang beretnis Tionghoa. Beberapa tradisi khas yang kerap dilakukan adalah makan bersama, memberi angpao, sungkeman dengan orang yang lebih tua, dan sebagainya. Karena erat dengan nilai kebersamaan dan berbagi rezeki, banyak juga orang yang bukan dari etnis Tionghoa juga ikut ingin merayakan keseruan Imlek. Nah, kalau kamu salah satu di antaranya, kamu tetap bisa kok ikutan menikmati perayaan Imlek melalui tips di bawah ini

 

Mencicipi Makanan Khas Imlek

imlek food
Tips merayakan Imlek : mencoba makanan khas Imlek

Menyantap sajian khas Imlek adalah salah satu kegiatan yang wajib masuk daftar list-to-do untuk merayakan Imlek. Kamu bisa coba mencari tahu soal resepnya dan langsung praktek masak di rumah. Beberapa menu yang mudah dibuat adalah Siu Mie (mi panjang), Yu Sheng (salad ikan segar), ikan bandeng, telur teh, serta makanan ringan seperti kue keranjang, kue mangkung, dan manisan. Jadikan acara makan-makan ini sebagai momen kebersamaan kamu dengan keluarga atau kerabat terdekat!

 

Mengeksplor Wisata Pecinan

Tips merayakan Imlek : Berkungjung ke wisata pecinan
Tips merayakan Imlek : Berkungjung ke wisata pecinan

Pecinan merupakan wilayah yang dihuni oleh mayoritas orang Tionghoa. Dengan menjelejahi kawasan Pecinan pada saat Imlek, tentunya kamu akan langsung menyaksikan tradisi dan budaya yang dilakukan untuk perayaan ini. Di Indonesia sendiri, wisata pecinan banyak bermunculan di berbagai kota, antara lain Bogor, Bandung, Singkawang, Surabaya, Jakarta, dan Semarang. Di kawasan tersebut, kamu bisa mencicipi jajanan khas Imlek, melihat festival budaya, dan sebagainya.

 

Mengunjungi Kelenteng

Tips merayakan Imlek : Mengunjungi kelentneg, salah satunya Kwan Sing Bio.
Tips merayakan Imlek : Mengunjungi kelentneg, salah satunya Kwan Sing Bio.

Kelenteng biasanya bakal ramai dikunjungi saat perayaan Imlek. Bukan hanya dari mereka yang beretnis Tionghoa, tapi juga dari etnis lain. Kamu bisa ikut bergabung untuk mempelajari nilai kebudayaan dan religi orang Tionghoa. Namun, yang perlu diperhatikan ketika datang ke kelenteng adalah kenakan pakaian rapih dan sopan, jangan memotret menggunakan flash, minta izin masuk penjaga kelenteng, dan jangan mengganggu kekhusyukkan orang yang sedang beribadah. Beberapa kelenteng di Indonesia yang megah dan patut dikunjungi adalah Kwan Sing Bio di Tuban, Kelenteng Tay Kak Sie di Semarang, dan Kelenteng Tri Dharma Chandra Nadi.

 

Menyaksikan Atraksi Barongsai

Tips merayakan Imlek : Menonton atraksi Barongsai
Tips merayakan Imlek : Menonton atraksi Barongsai

Barongsai adalah simbol kebahagiaan, kegembiraan, dan kesejahteraan. Tak heran, jika aksi Barongsai yang melompat sana-sini dengan lincah dan enerjik bisa memberikan hiburan tersendiri bagi penontonnya. Pertunjukkan Barongsai biasanya dimeriahkan di berbagai tempat wisata, terutama wisata perbelanjaan. Umumnya, di beberapa mall tertentu menyelenggarakan atraksi budaya ini dengan kegiatan seru lainnya untuk keluarga, seperti festival kuliner, kesenian daerah, live music, dan sebagainya. Tapi, jika kamu tidak ingin pergi kemana-mana, kamu juga bisa menikmati penampilan barongsai melalui TV atau media sosial.

 

Menonton Pertunjukan Wayang Potehi

Tips merayakan Imlek: Menonton Pertunjukkan Wayang Potehi
Tips merayakan Imlek: Menonton Pertunjukkan Wayang Potehi

Wayang Potehi merupakan salah satu jenis wayang yang berasal dari Tiongkok bagian selatan sejak 3000 tahun lalu. Wayang tersebut dibuat dari kain dan dimainkan dalang selayaknya pertunjukan wayang biasanya. Cerita yang disuguhkan pun menyangkut legenda dari Tiongkok yang punya pesan moral, seperti legenda Kera Sakti. Penampilan ini bisa kamu tonton di berbagai mal dan klenteng juga, lho.

 

Ikut Membagikan Angpao

ang
Tips merayakan Imlek : Ikut berbagi angpao

Angpau menjadi pemberian wajib saat perayaan Imlek yang biasa dilakukan oleh orangtua maupun pasangan yang sudah menikah. Yang berhak menerima adalah anak-anak, remaja, bahkan orang dewasa yang belum menikah. Pasti seru jika kamu ikut menyiapkan angpao Imlek dan isi dengan nominal semampunya. Lalu, kamu bagikan bersama keluarga saudara atau teman yang merayakan Imlek.

 

Mengikuti Pertunjukkan Kembang Api

Tips merayakan Imlek : Menyaksikan kembang api pada perayaan Cap Go Meh
Tips merayakan Imlek : Menyaksikan kembang api pada perayaan Cap Go Meh

Kemeriahan penggantian tahun baru China bakal sempurna ketika ditutup dengan kembang api. Ini merupakan acara penutup Imlek usai 15 hari perayaan atau yang disebut Cap Go Meh. Kamu bisa menyaksikan indahnya kembang api bersama keluarga atau teman di dekat tempat tinggalmu. Nah, adanya kembang api di tradisi Imlek ini bukan sembarangan, lho. Kabarnya, kembang api yang digunakan di Tiongkok dan Hong Kong mengeluarkan suara yang sangat keras. Suara keras yang di timbulkan adalah untuk mencegah roh jahat membawa nasib buruk.

 

Itulah beberapa informasi mengenai tips perayaan Imlek. Kalau kamu berminat ingin mencoba yang mana nih? Untuk kamu yang akan berlibur di Filipina, Singapura atau Indonesia seperti Jakarta, Semarang, Solo, Malang, Manado, Makassar, Palembang, Batam, Bogor, Bali, Yogyakarta dan Surabaya. RedDoorz hadir sebagai tempat penginapan murah dengan fasilitas lengkap.

One thought

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s