Perayaan Imlek akan datang sebentar lagi, tepatnya pada bulan Februari mendatang. Kemeriahan tahun baru Imlek pun mulai terasa di berbagai tempat terutama di Chinatown yang ada di kawasan Jakarta. Selain ramai dengan kemeriahan Imlek, tempat-tempat ini kental dengan budaya dan arsitektur khas Tionghoa-nya. Kamu pun bisa berkunjung ke sini untuk sekedar jalan-jalan, wisata kulineran atau pun berbelanja pernak-pernik Imlek. Sebagai rekomendasi, berikut RedDoorz akan bahas mengenai wisata pecinan Jakarta yang menarik untuk dikunjungi.

Pasar Petak Sembilan

Chinatown Jakarta
Chinatown Jakarta : Lampion

Tempat wisata yang satu ini terletak di kawasan pasar Glodok. Di sepanjang jalan Pasar Petak Sembilan kamu akan menemukan banyak sekali penjual makanan ringan dan obat tradisional khas negeri tirai bambu. Untuk makanan yang dijual di sini juga termasuk unik. Kamu akan menemukan berbagai macam olahan makanan mulai dari timun laut, lintah laut sampai katak segar juga tersedia di sini loh!

Tidak hanya makanan ringan saja yang bisa kamu temukan, di Petak Sembilan kamu juga bisa menemukan banyak pernak-pernik khas Tiongkok untuk perayaan imlek nantinya. Beberapa ornamen unik yang bisa kamu temukan di sini di antaranya lampion-lampion, angpao, patung-patung, dewa-dewi dan masih banyak lagi. Pokoknya untuk kamu yang ingin berburu barang-barang Imlek tinggal datang saja ke Pasar Petak Sembilan dekat Pasar Glodok.

Klenteng Tanda Bhakti

klenteng
Chinatown Jakarta : Klenteng Tanda Bhakti

Berikutnya ada tempat menarik yang harus kamu kunjugi kalau berkunjung ke kawasan pecinan Jakarta yaitu Klenteng Tanda Bhakti. Di sini kamu akan menemukan bangunan klenteng yang memiliki arsitektur unik. Saat masuk ke sini, kamu akan melihat semua bangunan dan hiasan yang dominan berwarna merah. Untuk kamu yang datang ke sini, hanya untuk plesiran saja kamu harus tetap menjaga tata krama dan kesopanan, karena tempat ini merupakan area persembahyangan. Untuk mendapatkan suasana yang sepi datanglah pada pagi hari sebelum banyak orang datang untuk sembahyang datang ke sini. Kamu juga diperbolehkan kok foto-foto dengan kamera sendiri. Tetapi ingat, kamu dilarang untuk berisik terutama saat ada persembahyangan ya. Jika membawa kendaraan, kamu bisa parkir di parkiran umum yang terletak sekitar 5 menit dari klenteng.

Toko Merah

Chinatown Jakarta
Chinatown Jakarta : Toko Merah

Toko Merah juga menjadi area kawasan pecinan yang bisa kamu temukan di daerah Kota. Berlokasi di Kalibesar Timur V, Toko Merah dulunya dibangun oleh Gubernur Jendral VOC pada tahun 1730. Hingga sekarang bangunan dari Toko Merah masih berdiri kokoh. Dulu tempat ini juga pernah digunakan sebagai Akademi Maritim dan kantor perusahaan dari Jacobson Van Den Berg yang akhirnya difungsikan sebagai PT Dharmaniaga. Sekarang, Toko Merah lebih difungsikan sebagai tempat foto-foto saja bagi para pengunjung yang jalan-jalan di area ini. Kamu nantinya akan juga menemukan mobil-mobil antik yang terpajang di depan gedung yang juga dijadikan properti untuk berfoto nantinya.

Pantjoran Tea House

Chinatown Jakarta
Chinatown Jakarta : Pantcoran Tea House

Untuk kamu yang suka teh, ada Pantjoran Tea House yang wajib kamu kunjungi. Toko ini terdiri dari dua lantai yang di  desain dengan arisitektur khas Tiongkok. Pantjoran Tea House sudah berdiri sejak tahun 380 tahun lalu. Sebelumnya, tempat ini merupakan sebuah toko obat yang berdiri sejah tahun 1928. Dulunya, Pantjoran Tea House dikenal dengan Apotheek Chung Hwa dan sudah tercatat sebagai warisan budaya UNESCO loh. Setelah direnovasi ulang pada tahun 2015 lalu, tempat ini pun berubah fungsi menjadi kedai eh.

Gayanya yang minimalis dan kekinian menjadikan Pantjoran Tea House tempat yang nyaman untuk kamu minum teh sekaligus kumpul dan foto-foto. Ada berbagai menu teh yang bisa kamu coba di sini mulai dari Japanese Tea, Chinese Tea, English Tea hingga Indonesia Tea. Sedangkan, untuk makanannya sendiri kamu bisa mencicipi kuliner Chinese Food dan Seafood lainnya. Selain untuk muda-mudi tempat ini memang cocok untuk kamu yang ingin makan bersama keluarga.

Gang Gloria

Chinatown di Jakarta
Chinatown di Jakarta : Gang Gloria

Tidak jauh dari Klenteng Tanda Bhakti ada Jalan Pancoran yang salah satu spot-nya yang sangat dikenal yaitu Gang Gloria. Tempat ini memang terkenal sebagai surga wisata kuliner. Tetapi, perlu diingat kalau di sini mayoritas menjual kuliner non halal karena bahan dasar makanannya banyak yang menggunakan babi. Area ini memang cukup padat. Selain ramai dengan pertokoan yang menjual berbagai jenis makanan, Gang Gloria juga ramai dengan para pengunjung yang datang. Sedangkan, untuk kamu yang mengonsumsi makanan halal bisa berkunjung ke kari “Lam”, Rujak Shanghai Encim Mie Kangkung si Jangkung dan Es Kopi Tak Kie.

Itulah beberapa informasi mengenai Wisata Pecinan Jakarta yang menarik untuk dikunjungi. Kalau kamu sendiri mau ke mana di perayaan imlek ini? Untuk kamu yang akan berlibur di Filipina, Singapura, Vietnam atau Indonesia seperti Jakarta, Semarang, Solo, Malang, Manado, Makassar, Palembang, Banjarmasin, Balikpapan, Pekanbaru, Cirebon, Lampung, Batam, Bogor, Bali, Yogyakarta dan Surabaya, RedDoorz hadir sebagai tempat penginapan murah dengan fasilitas lengkap.

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.