Kopi digadang-gadang menjadi minuman favorit banyak orang sepanjang masa. Indonesia sendiri memiliki banyak daerah penghasil kopi dan bahkan beberapa produknya telah terkenal hingga ke mancanegara. Selama ini mungkin kamu hanya tahu mengenai es kopi yang sedang populer belakangan ini. Nah, agar kamu mengenal lebih jauh tentang jenis-jenis kopi yang berasal dari Indonesia, berikut RedDoorz akan bahas mengenai jenis kopi di Indonesia yang menarik untuk kamu coba.

Kopi Robusta Sidikalang

Jenis kopi Indonesia
Jenis kopi Indonesia: Kopi Robusta Sidikalang

Jenis kopi yang satu ini sudah cukup terkenal dengan rasanya yang sangat unik. Tidak hanya di dalam negeri saja, kopi robusta Sidikalang pun telah terkenal hingga mancanegara. Ada pun kopi yang menjadi saingan dari kopi robusta Sidikalang ini adalah kopi Brazil yang merupakan salah satu kopi terbaik di dunia. Kopi robusta Sidikalang sendiri dihasilkan dari perkebunan yang berada di pegunungan dengan hawa sejuk. Perpaduan dari jenis tanah Bukit Barisan di ketinggian 1500 mdpl dan hawanya yang dingin menjadikan kopi ini memiliki cita rasa yang khas. Di daerah Sumatera sendiri kamu bisa menemukan penghasil kopi Robusta Sidikalang di beberapa tempat yaitu, Sidikalang, Mandailing dan Lintongnihuta.

Kopi Arabika Gayo

kopi_arabika_gayo_peaberry

Kopi Arabika Gayo memang menjadi produk kopi andalan yang berasal dari Dataran Tinggi Gayo. Karena kualitasnya inilah Kopi Arabika Gayo bahkan telah menadapatkan pengakuan dari Fair Trade Certifie dari Organisasi Internasional Fair Trade. Dengan begitu, Kopi Gayo telah mendapatkan sertifikat Indikasi Geografis yang telah ditetapkan oleh Menteri HUkum dan HAM di Indonesia. Untuk teksturnya sendiri, kopi Arabika Gayo, lebih encer dan tidak terlalu pekat. Sedangkan, untuk tingkat keasamannya sendiri, Kopi Arabika Gayo cenderung pada level sedang. Jadi, bagi kamu yang menyukai kopi asam harus mencicipi Kopi Arabika Gayo. Tidak seperti orang kebanyakan, di Aceh masyarakatnya membuat kopi Gayo bukan dengan diseduh. Melainkan, direbus hingga mendidih untuk kemudian dituang ke dalam gelas yang sebelumnya telah dicampur gula dan susu.

Kopi Arabika Kintamani

Jenis Kopi di Indonesia
Jenis Kopi di Indonesia : Kopi Arabika Bali Kintamani

Bali juga menjadi salah satu penghasil kopi dengan kualitas dunia. Salah satu jenis kopi yang berasal dari daerah ini adalah Kopi Arabika Kintamani. Kopi ini ditanam di perkebunan dataran tinggi Kintamani yang ketinggiannya bisa mencapai 900 mdpl. Kopi Arabika sendiri berasal dari jenis-jenis yang telah diseleksi. Untuk menghasilkan cita rasa khusus, Kopi Arabika biasanya diolah juga dengan pupuk organik. Inilah yang menjadikannya memiliki tingkat keasaman rendah sehingga lebih disukai oleh para pecinta kopi internasional.

Kopi Arabika Flores Bajawa

Jenis Kopi di Indonesia
Jenis Kopi di Indonesia : Kopi Flores Bajawa

Jika dibandingkan dengan jenis kopi lainnya, Kopi Arabika Flores Bajawa lebih pekat. Selain itu, tingkat keasaman dari kopi arabika flores Bajawa memiliki tingkat keasaman yang rendah. Untuk warnanya, kopi arabika Flores Bajawa memiliki cenderung dominan cokelat. Masyarakat dari Ngada atau yang sering disebut dengan Bajawa sudah mengembangkan Kopi Bajawa secara turun temurun. Di tempat asalnya, kopi bajawa di tanam dengan pohon penaung. Selain itu, menariknya kopi Arabika Flores ini tidak dirawat dengan menggunakan pestisida sama sekali. Inilah yang menjadikan kopinya memiliki cita rasa alami. Amerika menjadi salah satu negara tujuan ekspor kopi Arabika Flores paling besar.

Kopi Java Robusta

Jenis Kopi di Indonesia
Jenis Kopi di Indonesia : Kopi Java Robusta

Dibandingkan dengan kopi lainnya di Indonesia, Kopi Java Robusta menjadi salah  satu kopi dengan cita rasa yang unik. Kopi Java Robusta memiliki aroma rempah yang membuat rasanya menjadi lebih autentik dan terasa berbeda. Namun, jika dibandingkan dengan kopi lainnya seperti kopi Sulawesi dan Sumatera, kopi Java Robusta terasa lebih light. Hal ini juga bisa kamu rasakan dari aroma rempahnya yang lebih tipis di dibandingkan dengan aroma kopi lainnya. Mayoritas dari kopi Java Robusta diproduksi dengan cara digiling basah. Inilah yang menjadikannya memiliki aroma yang lebih ringan dibandingkan dengan kopi Indonesia lainnya. Meski begitu kopi java robusta tetap memiliki penggemarnya tersendiri.

Kopi Toraja

Jenis Kopi di Indonesia

Berbeda jauh dengan kopi java Robusta, Kopi Toraja memiliki aroma yang cenderung lebih kuat. Selain memiliki aroma rempah yang kuat, kopi Toraja juga memiliki tingkat keasaman yang tinggi. Dengan cita rasa tersebut ada juga yang mengatakan kalau kopi Toraja memiliki karakteristik yang hampir sama dengan kopi Sumatera. Hal yang membedakan keduanya adalah karena memiliki bentuk biji kopi yang lebih kecil dibandingkan kulit kopinya sendiri.

Itulah bebebrapa informasi mengenai jenis kopi di Indonesia. Kalau Kamu sendiri paling suka minum kopi jenis apa nih? Untuk kamu yang akan berlibur di Filipina, Singapura, Vietnam atau Indonesia seperti Jakarta, Semarang, Solo, Malang, Manado, Makassar, Palembang, Banjarmasin, Balikpapan, Pekanbaru, Cirebon, Lampung, Batam, Bogor, Bali, Yogyakarta dan Surabaya, RedDoorz hadir sebagai tempat penginapan murah dengan fasilitas lengkap.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s