Dengan adanya Korean wave, semua hal yang berbau Korea sekarang semakin digemari. Tidak hanya drama dan musiknya saja, makanan khas Korea pun semakin banyak dicari. Untuk kamu yang sedang ingin jalan-jalan ke Korea atau mencicipi makanan khasnya, RedDoorz akan memberikan sedikit rekomendasi mengenai jajanan Korea yang lezat.

Tteokbokki

Jajanan Korea
Jajanan Korea : Tteokbokki

Dari semua jajanan khas Korea, mungkin Tteokbokki menjadi yang paling mudah untuk ditemukan di banyak restoran. Hampir di setiap restoran Korea di Jakarta atau pun tempat lain kini menghadirkan Tteobokki ke dalam menu mereka. Tteokbokki sendiri sebenarnya merupakan kue beras yang penyajiannya di campur dengan saus asam manis. Untuk kamu yang suka nonton drama Korea, pasti cukup sering melihat adegan para pemainnya makan Tteokbokki ini di pinggir jalan.

Di Korea sendiri, Tteokbokki merupakan street food. Di sana kamu bisa menemukan banyak food truck yang menjual Tteokbokki di pinggir jalan. Untuk rasanya, Tteokbokki memiliki tekstur yang kenyal dengan rasa asam manis dari saus pelengkapnya. Hal yang membuat Tteokbokki  terasa demikian karena cara memasaknya yang mengunakan saus gochujang yaitu pasta cabai yang difermentasi. Tidak jarang Tteokbokki disajikan juga dengan sayuran, telur, hingga mie. Sekarang kamu pun bisa menemukannya dalam kemasan instan yang bisa kamu buat sendiri di rumah.

Odeng (Eomuk)

Jajanan Korea
Jajanan Korea : Odeng

Meski merupakan bakso ikan, tetapi bentuk dari makanan ini tidak bulat seperti bakso pada umumnya. Odeng atau eomuk terbuat dari tepung terigu yang dihaluskan dan dicampur dengan bumbu. Untuk cara memasaknya, odeng disajikan seperti sate dan direbus dalam kuah kaldu. Tidak hanya ikan saja, adonan odeng juga menggunakan bahan lainnya seperti kepiting dan cumi. Kamu akan sering menemukan odeng saat musim dingin di Korea, karena odeng disajikan dalam keadaan panas dan cocok untuk menghangatkan diri. Di tempat asalnya, odeng disajikan dengan saus mustard dan kaldu. Ada juga odeng tang atau eomuk guk yang disajikan dengan kaldu bawang dan kedelai.

Tokkebi Hotdog Korea

Jajanan Korea
Jajanan Korea : Tokkebi Hotdog Korea

Makanan yang satu ini juga menjadi salah satu yang cukup populer. Banyak juga yang menyebut makanan sebagai corn dog. Di Korea kuliner ini disebut dengan nama tokkebi hotdog Korea. Tokkebi hotdog Korea terdiri dari beberapa bahan yaitu sosis yang dibalut dengan adonan tepung dan ditambah dengan kentang. Inilah yang membuat tokkebi terasa unik, meski  sebenarnya hanya merupakan sosis goreng. Kamu juga bisa menambahkan saus sambal, tomat atau pun mayones supaya lebih nikmat.

Bungeoppang

Jajanan Korea
Jajanan Korea : Bungeoppang

Kue berbentuk ikan ini juga menjadi salah satu kue yang sangat populer saat musim dingin. Selain itu, bungeoppang juga cukup populer di Indonesia. Di tempat asalnya Korea Selatan, bungeoppang menjadi lambang keberuntungan. Ada pun varian rasa dari kue bungeoppang biasanya terdiri dari isi manis berupa kacang merah. Tidak jarang juga bungeoppang juga dikreasikan dengan ice cream dengan campuran berbagai macam wafer dan cookies.

Hwari Gamja

1.hweori-gamja-tornado-potato-5

Bagi kamu yang suka dengan makanan olahan kentang, hwari gamja menjadi makanan yang wajib kamu coba saat berkunjung ke Korea. Makanan yang satu ini juga bisa kamu temukan dengan mudah di Indonesia. Di sini hwari gamja juga dikenal dengan nama kentang tornado. Nama itu berasal dari bentuknya yang unik. Biasanya, hwari digoreng dan dibumbui dengan beberapa perasa, mulai dari gurih, pedas, manis keju sesuai dengan selera.

Twigim

Jajanan Korea
Jajanan Korea : Twigim

Korea juga punya gorengannya sendiri yang bernama twigim. Gorengan ala Korea ini sebenarnya sangat sederhana dan hampir mirip dengan gorengan pada umumnya, hanya saja variannya yang cukup berbeda. Beberapa varian gorengan yang bisa kamu temukan di twigim antara lain telur, ubi, udang paprika, udang, hingga cumi-cumi. Di Korea, twigim biasanya disajikan dengan bumbu lainnya seperti kecap asin, hingga saus tteokbokki. Menarik sekali bukan?

Hotteok

hteok
Jajanan Korea : Hotteok

Musim dingin mungkin menjadi saat yang membuat orang-orang kelaparan. Inilah mengapa banyak sekali camilan musim dingin yang dijajakan di sana. Selain dua jajanan seperti odeng dan bungeoppang, camilan musim dingin lainnya yang bisa kamu coba adalah Hotteok. Bentuk dari hotteok sendiri seperti pancake yang digoreng. Untuk isiannya sendiri juga beraneka ragam, mulai dari yang berisi kacang tanah, tanpa isi, madu, sayuran hingga wijen.

Itulah beberapa informasi mengenai jajanan Korea yang menarik untuk kamu coba. Kalau kamu sendiri pernah coba yang mana nih? Untuk kamu yang akan berlibur di Filipina, Singapura, Vietnam atau Indonesia seperti Jakarta, Semarang, Solo, Malang, Manado, Makassar, Palembang, Banjarmasin, Balikpapan, Pekanbaru, Cirebon, Lampung, Batam, Bogor, Bali, Yogyakarta dan Surabaya, RedDoorz hadir sebagai tempat penginapan murah dengan fasilitas lengkap.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s