China adalah salah satu destinasi wisata favorit para traveller karena menyimpan banyak surga pemandangan alam yang menakjubkan. Tapi, di negara dengan penduduk terbanyak di dunia tak dapat dipungkiri kalau destinasi populernya selalu ramai.

Nah, untuk kamu yang ingin berlibur sambil mencari kedamaian, ada rekomendasi lima tempat wisata di China yang indah dan damai. Berikut pilihannya

Provinsi Xinjiang

Desa Baihaba di Provinsi Xinjiang, wisata di China yang indah dan damai
Desa Baihaba di Provinsi Xinjiang, wisata di China yang indah dan damai

Provinsi Xinjiang di China barat adalah salah satu provinsi yang jarang dikunjungi di China, namun menyimpan pemandangan alam yang menakjubkan. Dari bagian utara dan selatan, wilayah tersebut memiliki daya tarik yang berbeda. Bagian utara adalah pusatnya pemandangan alam yang indah, yakni pegunungan dan padang rumput seperti Cagar Alam Kanas dan Padang Rumput Narat. Sedangkan, bagian selatan, kamu akan melihat kehidupan masyarakat pertanian. Di sana juga terdapat gurun dan Gobi seperti Gurun Takla Makan.

Untuk liburan yang tenang, berkunjunglah ke Desa Baihaba yang masih terjaga keindahan pedesaannya, termasuk gaya hidup dan budaya tradisional penduduk dari Kazak dan Mongolia. Terletak di perbatasan antara Cina dan Kazakhstan, desa ini menyajikan pemandangan bak lukisan. Terdapat gunung-gunung yang diselimuti oleh pohon-pohon berwarna dengan sungai-sungai mengalir deras. Di desanya sendiri, kamu dapat menikmati pesona warna musim gugur di ladang, bersamaan dengan rumah dan pertanian penduduk yang sederhana. Itu sebabnya wilayah ini menjadi tempat yang ideal untuk menghindari kota-kota yang ramai dan menikmati pemandangan alam dengan tenang.

Provinsi Qinghai

Danau Qinghai di Provinsi Qinghai, wisata di China yang indah dan damai

Selain Xinjiang, provinsi Qinghai juga mampu menawarkan suasana damai dan tenang, dilengkapi dengan pemandangan alam yang murni dan menakjubkan. Salah satu permata alamnya adalah Danau Qinghai. Danau ini sangat tenang dan damai, dihiasi oleh padang rumput kuning dan gunung-gunung yang tertutup salju di sekitarnya. Ada pulau-pulau di danau yang terbuka untuk wisatawan, yaitu Pulau Burung, Gunung Haixin, Gunung Haixi dan Pulau Pasir. Qinghai adalah sumber dari Sungai Yangtze dan Sungai Kuning.

Selain itu, Qinghai merupakan tujuan yang tepat untuk kamu yang ingin mengenal lebih dekat dengan budaya China karena banyak kelompok etnis tinggal di sini, yaitu Han, Tibet, Hui, Mongol, Tu dan Salar. Mereka memiliki kebiasaan dan peradaban yang unik, yang menambah lebih banyak sumber daya wisata ke provinsi tersebut. Kamu juga bisa mengunjungi situs peninggalan dan rumah ibadah, seperti Masjid Raksasa Dongguan, salah satu masjid terbesar di barat laut Cina pertama kali dibangun pada 1379, serta Kuil Lonwu di Biara Tongren dan Kumbum di Xi’ning.

Kuil Konfusius (Temple of Confucius)

tempio-confucio

Kuil Konfusius adalah tempat untuk memberi penghormatan pada Konfusius dan orang bijak, serta para filsuf Konfusianisme dalam agama rakyat Tiongkok dan agama Asia Timur lainnya. Terletak di Qufu, Provinsi Shandong, kuil ini telah lama menjadi situs utama bagi peziarah dan wisatawan asing.

Kuil Konfusius diyakini sebagai bangunan penting dalam masyarakat feodal China. Kuil yang dibangun pada 1724 ini tak hanya tenar karena kemegahannya, tetapi juga kaya akan peninggalan budayanya. Terdapat 2,100 keping prasasti yang tersisa dari berbagai dinasti yang menghasilkan pameran kaligrafi dan patung batu. Dengan luas sebesar 5,4 hektar (22.000 meter persegi), kuil ini dikelilingi oleh aula megah, paviliun elegan, gapura memorial yang historikal, dan halaman klasik. Karena lekat dengan nilai budaya dan sejarah, kuil ini menghadirkan atmosfir yang khusyuk untuk beribadah.

Sungai Yangtze

Sungai Yangtze, salah satu wisata di China yang indah dan damai
Sungai Yangtze, salah satu wisata di China yang indah dan damai

Sungai Yangtze adalah sungai terbesar di China dan terpanjang ketiga di dunia. Sungai  di kota Jingzhou ini menjadi salah satu destinasi populer di China yang menyuguhkan pemandangan alam indah untuk menyegarkan kembali pikiran yang suntuk.

Kamu bisa bergabung dengan tur kapal wisata yang menawarkan perjalanan empat atau lima hari mengunjungi situs sejarah dan budaya yang terkenal di dunia, seperti Chongqing, Three Gorges Dam dan Fengdu Ghost Town. Terdapat lebih dari 60 kapal yang melayani jasa pelayaran menyusurui Sungai Yangtze. Waktu terbaik untuk mengunjungi Sungai Yangtze adalah pada bulan Oktober ketika musim gugur, di mana cuaca cukup nyaman dan sejuk. Sebaiknya, jangan memesan kapal pesiar selama libur Hari Nasional, karena bakal ramai dan padat pengunjung. Disarankan untuk memesan setidaknya dua bulan sebelumnya.

Pegunungan Changbai

Danau Heavenly di Pegunungan Changbai, salah satu wisata di China yang indah dan damai
Danau Heavenly di Pegunungan Changbai, salah satu wisata di China yang indah dan damai

Pegunungan bisa jadi pilihan yang tepat untuk melarikan diri dari musim panas. Salah satu rekomendasi tempat pegunungan yang tenang dan damai di China adalah pegunungan Changbai. Terletak di Provinsi Jilin, timur laut China, gunung ini merupakan salah satu dari ‘sepuluh gunung besar’ di Tiongkok dan salah satu dari lima gunung suci di Tiongkok. Beberapa atraksi yang dapat kamu lihat di sini adalah mata air panas, air terjun, danau, dan kawasan cagar alam yang dikelilingi hutan pinus. Salah satu tempat yang wajib kamu kunjungi adalah Heavenly Lake.

Danau tersebut membentang sepanjang 13 kilometer dengan kedalaman rata-rata 204 meter. Suhu dan iklim di sekitar danau sangat bervariasi, tetapi pemandangannya selalu tetap mencolok. Waktu yang tepat untuk mengunjungi tempat ini adalah pada saat musim gugur (Agustus sampai September), di mana kamu dapat melihat bunga-bunga bermekaran di lereng selatan dan barat. Sementara, pada bulan Oktober,  kemungkinan akan turun salju di sana. Akses ke pegunungan tersebut cukup mudah ditempuh dengan kereta api dari Changchun (ibukota Jilin) ​​melalui Tonghua.

Itulah beberapa informasi mengenai tempat wisata di China yang indah dan damai. Wisata mana yang menarik perhatian kamu? Untuk kamu yang akan berlibur di Filipina, Singapura, Vietnam atau Indonesia seperti Jakarta, Semarang, Solo, Malang, Manado, Makassar, Palembang, Banjarmasin, Balikpapan, Pekanbaru, Cirebon, Lampung, Batam, Bogor, Bali, Yogyakarta dan Surabaya, RedDoorz hadir sebagai tempat penginapan murah dengan fasilitas lengkap.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s