Negara-negara di Asia memiliki daya tarik dan keunikannya tersendiri. Tak hanya Singapore, Malaysia, dan Thailand saja yang layak disambangi, tapi juga Vietnam. Meski jarang dijadikan daftar destinasi untuk traveling di Asia, Vietnam menyimpan banyak hal menarik yang membuat liburanmu jadi spesial. Berikut beberapa alasan kenapa kamu harus berlibur ke Vietnam

Kuliner yang Variatif

Sajian kuliner di Vietnam jadi salah satu alasan berlibur di Vietnam
Sajian kuliner di Vietnam jadi salah satu alasan berlibur di Vietnam

Vietnam memiliki sajian kuliner yang diramu dengan sayuran dan rempah-rempah segar. Jika suka dengan santapan chinese food, kamu pun juga akan akrab dengan menu khas di Vietnam. Contohnya, Pho, salah satu makanan yang paling populer. Terbuat dari beras, Pho adalah mi yang disajikan dalam semangkuk sup dengan potongan daging (daging sapi atau ayam), dilengkapi toge dan daun jeruk. Sajian lainnya yang gurih dan renyah adalah Bánh xèo, pancake a la Vietnam dari tepung beras, santan, dan kunyit yang ditumis dengan daging, udang, dan tumpukan toge. Beberapa sajian gurih lainnya yang tak kalah lezat adalah Chao, Goi Cuan, dan Nem Ran.

Selain hidangan utama, Vietnam juga menyuguhkan hidangan penutup yang manis dan lezat. Salah satunya yang populer adalah Che, yakni bubur yang terdiri dari berbagai varian, seperti bubur kacang hijau, bubur ketan hitam, bubur jagung, dan bubur mutiara yang disajikan dengan kuah santan. Jangan lewatkan untuk mencicipi kopi khas Vietnam dengan susu kental manis.

Sejarah yang Kuat

Memiliki sejarah yang kuat menjadi alasan berlibur ke Vietnam
Memiliki sejarah yang kuat menjadi alasan berlibur ke Vietnam

Vietnam menyimpan sejarah yang panjang dan pelik. Sejak abad 110 SM, Vietnam berada di bawah kekuasaan kekaisaran Tiongkok sampai mencapai kemerdekaan pada 938. Pada abad ke-19, Vietnam kembali menjadi wilayah jajahan Perancis. Tak heran jika sampai kini pengaruh Tiongkok dan Perancis masih sangat kental pada kebudayaan masyarakat Vietnam, termasuk dalam makanan, tempat wisata, musik, budaya masyarakat, dan lainnya. Inilah mengapa berkunjung ke Vietnam akan memberikan kesan yang mendalam.

Untuk melihat sisa budaya yang dipengaruhi Tiongkok, datanglah ke Kuil Literatur (Temple of Literature), sebuah universitas kuno yang mendidik elit Vietnam berabad-abad yang lalu. Kamu juga bisa menyambangi kompleks Kuil Champa My Son di dekat Hoi An yang masih lekat dengan budaya  keturunan kerajaan Cham. Sementara, untuk melihat bangunan arsitektur dengan kaya kolonial Prancis, kamu wajib berlibur ke kota Hanoi dan Hoi An yang masih terjaga keasliannya. Beberapa tempat bersejarah paling sering dikunjungi lainnya adalah Mausoleum (“makam” jasad Ho Chi Minh), Pagoda Satu Pilar, dan Imperial Citadel of Thanlong.

Pemandangan Alam yang Menyejukkan

Pemandangan alam yang indah menjadi salah satu alasan berlibur ke Vietnam
Pemandangan alam yang indah menjadi salah satu alasan berlibur ke Vietnam

Dari darat sampai laut, kamu bisa menemukan surga-surga dengan pemandangan menakjubkan di Vietnam. Untuk kamu yang menyukai konsep liburan “summer”, kamu bisa mengunjungi pantai populer Vietnam seperti Phu Quoc, Da Nang, dan Nha Trang. Pantai-pantai tersebut menyuguhkan laut biru yang jernih, pasir putih, dan pepohonan rindang yang sejuk. Bicara soal laut, jangan lupa dengan Halong Bay. Situs warisan dunia UNESCO ini adalah primadona Vietnam yang memiliki formasi batu karang indah yang dikelilingi pulau-pulau cantik.

Untuk kamu yang suka pemandangan hijau dengan suasana yang asri, datanglah ke Sa Pa, perbukitan yang ada di daerah Barat Daya Vietnam. Tempat ini adalah “sweet escape” buat kamu yang ingin menyegarkan diri dengan pemandangan sawah hijau sembari hiking di pegunungan terjal. Selain itu, di sini kamu bisa berinteraksi dengan berbagai kelompok etnis di sana, termasuk etnis Hmong, Dao, Tay Giay dan Xa Pho.

Liburan Terjangkau

Liburan yang terjangkau menjadi salah satu alasan berlibur ke Vietnam
Liburan yang terjangkau menjadi salah satu alasan berlibur ke Vietnam

biaya hidup di Vietnam kabarnya lebih murah dibandingkan Thailand atau Singapura. Dari penginapan sampai kuliner, harga yang ditawarkan cukup ekonomis sehingga kamu tidak perlu merogoh kocek terlalu besar. Untuk menyantap makanan khas Vietnam, kamu pun bisa menikmatinya di pinggir jalan atau di pasar-pasar terdekat. Untuk penginapan, banyak hotel murah yang tersedia di Vietnam untuk para wisatawan. Namun, perlu disadari juga kalau industri pariwisata di Vietnam tak luput dari penipuan. Untuk itu, traveler diharuskan agar melakukan riset tentang kasus penipuan yang terjadi dan berjaga-jaga.

 

Transportasi Umum yang Mudah Diakses

Akses transportasi mudah menjadi salah satu alasan berlibur ke Vietnam
Akses transportasi mudah menjadi salah satu alasan berlibur ke Vietnam

Tersedia kendaraan umum yang lengkap di Vietnam sesuai kebutuhan. Ada becak, sepeda, taksi, jika kamu hanya ingin mengelilingi kota dengan jarak dekat. Ada kereta api, bus atau maskapai murah, di Vietnam, untuk kamu yang ingin berpergian antar-kota. Biaya transportasi juga ramah kantong bagi para backpackers. Untuk bus, misalnya. Kamu cukup perlu mengeluarkan uang sebesar 4.000 VND (sekitar Rp 2.000) untuk satu tiket bus, baik jarak dekat maupun jauh.

 

Bebas Visa

Tidak perlu mengurus visa adalah salah satu alasan berlibur ke Vietnam
Tidak perlu mengurus visa adalah salah satu alasan berlibur ke Vietnam

Mengurus visa bisa menjadi salah satu hal yang merepotkan dan membuat malas liburan ke luar negeri. Tapi, untungnya, tidak di Vietnam. Karena masih berada dalam kasawan Asia Tenggara, warga Indonesia dapat dengan leluasa ke Vietnam tanpa memikirkan visa. Di sana kamu dapat berlibur selama 30 hari hanya dengan mempersiapkan passport. Pastikan kamu membuat itinerary dengan baik agar dapat menikmati liburan yang mengesankan di sana.

Itulah beberapa informasi mengenai alasan berlibur ke Vietnam. Wisata mana yang menarik perhatian kamu? Untuk kamu yang akan berlibur di Filipina, Singapura, Vietnam atau Indonesia seperti Jakarta, Semarang, Solo, Malang, Manado, Makassar, Palembang, Banjarmasin, Balikpapan, Pekanbaru, Cirebon, Lampung, Batam, Bogor, Bali, Yogyakarta dan Surabaya, RedDoorz hadir sebagai tempat penginapan murah dengan fasilitas lengkap.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s