Singapura merupakan salah satu negara tujuan favorit wisatawan dari Indonesia. Selain lokasinya yang tidak begitu jauh, Singapura juga memiliki banyak tempat wisata menarik. Tidak hanya itu, di Singapura kamu juga bisa menemukan berbagai macam makanan enak. Kulinernya yang masih bercita rasa melayu inilah yang menjadikan banyak orang Indonesia suka mencicipi makanan di sana. Sebagai rekomendasi untuk kamu yang ingin liburan ke Singapura, berikut RedDoorz akan bahas mengenai jajanan Singapura yang menarik untuk dicoba!

Roti Prata

Jajanan Singapura
Jajanan Singapura : Roti Prata

Makanan yang satu ini sebenarnya berasal dari India, tetapi di Singapura kamu akan menemukan banyak kedai makanan yang menjual roti prata. Roti prata sendiri merupakan sebuah roti tipis bertekstur yang dimasak dengan cara digoreng. Bahan dari roti prata juga sangat sederhana yaitu terbuat dari tepung, mentega serta telur. Roti prata biasanya disajikan dengan bumbu berupa kari pedas, tetapi kamu juga bisa menambahkan topping lainnya seperti keju, cojelat, telur, bahkan pisang. Bagi kamu yang suka dengan sajian asin, kamu bisa memesan roti prata dengan saus kari kambing atau kari ayam.

Popiah

jajanan Singapura
jajanan Singapura : Popiah

Popiah sendiri sebenarnya merupakan lumpia yang terbuat dari berbagai macam bahan seperti lobak kukus, telur omelet, tauge, kacang, telur udang dan timun. Biasanya popiah disajikan dengan saus manis. Tidak seperti lumpia di Indonesia yang dimasak dengan cara digoreng, popiah Singapura disajikan dengan bentuk basah. Kamu bisa menemukan popiah di banyak tempat di Singapura seperti pusat jajanan atau kedai-kedai makanan tradisional di sana.

One Dollar Ice Cream

Jajanan Singapura
Jajanan Singapura : One Dollar Ice Cream

Dinamakan one dollar ice cream memang karena makanan yang satu ini dijual dengan harga tersebut. Tidak jarang banyak orang juga yang menyebutnya sebagai uncle ice cream karena yang menjualnya terlihat seperti seorang paman. Makanan yang satu ini sudah menjadi ikon jajanan di Singapura. Kamu bisa menemukan one dollar ice cream di banyak tempat terutama di pinggir jalan. Ice cream ini bentuknya cukup sederhana yaitu berupa potongan ice cream yang disajikan dengan roti tawar atau dua potong wafer tipis. Ada berbagai macam pilihan rasa dari one dollar ice cream dan yang paling menjadi favorit adalah sweet corn karena rasa ini sulit ditemukan di Indonesia.

Kaya Toast

Jajanan Singapura
Jajanan Singapura : Kaya Toast

Kudapan khas Singapura lainnya yang harus kamu coba adalah kaya toast. Di Singapura makanan yang satu ini biasanya disantap untuk sarapan. Kaya sendiri merupakan selai tradisional yang terbuat dari gula pasir, santan telur dan tepung maizena dan dimasak hingga teksturnya mengental. Perpaduan antara kaya toast yang garing dengan selainya yang manis dan kental yang menjadikan jajanan Singapura ini unik. Tidak jarang kaya toast disajikan juga dengan telur setengah matang, susu kedelai dan merica bubuk. Kaya toast juga semakin sedap disajikan dengan segelas kopi hangat.

Thosai

Jajanan Singapura
Jajanan Singapura : Kaya Toast

Selain roti prata, kamu juga akan menemukan thosai, yaitu kudapan berupa crepe dari India. Untuk teksturnya sendiri, thosai cenderung renyah dan garing. Kamu bisa menyajikan thosai dengan kuah kari dan saus putih yang rasanya gurih. Thosai juga cukup mengenyangkan untuk ukuran kudapan karena ukurannya yang cukup besar dan padat.

Fried Carrot Cake

Jajanan Singapura
Jajanan Singapura : Fried Carrot Cake

Tidak seperti kebanyakan carrot cake yang terbuat dari wortel dan disajikan dengan cream, fried carrot cake merupakan hidangan yang terbuat dari tepung beras dan lobak putih. Cara membuat dari fried carrot cake juga sangat sederhana yaitu adonan yang dikukus yang kemudian digoreng dan ditambah dengan telur. Untuk rasanya sendiri , fried carrot cake mirip dengan kwetiaw goreng. Fried carrot cake tersaji dalam dua pilihan yaitu black and white. Perbedaannya adalah kalau yang hitam dimasak dengan cara digoreng dengan kecap manis dan yang putih tidak menggunakan kecap. Kamu bisa menemukan fried carrot cake ini di banyak food court di Singapura dan Hawker Center.

Ais Kacang Singapura

Jajanan Singapura
Jajanan Singapura : Ais Kacang Singapura

Memiliki kultur yang mirip dengan Indonesia, membuat banyak kuliner Singapura serupa dengan makanan di Indonesia. Iklim yang cenderung tropis menjadikan Singapura juga memilki berberapa varian es campur seperti ais kacang Singapura. Isian dari ais kacang Singapura sendiri terdiri dari berbagai macam, seperti kacang merah rebus, es serut, jagung, cincau, sirup manis dan susu kental manis. Selain kacang merah, versi kekinian dari ais kacang Singapura juga ditambahkan dengan berbagai varian lain seperti buah, jelly, es krim aneka rasa, hingga biji selasih.

Itulah beberapa informasi mengenai jajanan singapura yang bisa kamu coba. Kalau kamu sendiri paling suka makan apa nih saat jalan-jalan ke singapura? Untuk kamu yang akan berlibur di Filipina, Singapura, Vietnam atau Indonesia seperti Jakarta, Semarang, Solo, Malang, Manado, Makassar, Palembang, Banjarmasin, Balikpapan, Pekanbaru, Cirebon, Lampung, Batam, Bogor, Bali, Yogyakarta dan Surabaya, RedDoorz hadir sebagai tempat penginapan murah dengan fasilitas lengkap.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s