Selain pantai dan kafe-kafe unik, Bali juga memiliki banyak museum dan galeri seni menarik. Mulai dari gaya tradisional hingga kontemporer, serta karya seni dari dalam maupun luar negeri bisa kamu temukan di sini.  Sebagai rekomendasi untuk kamu yang ingin liburan ke Bali dan mengunjungi museum dan galeri seni, berikut RedDoorz akan tips beberapa tempat yang menarik buat kamu.

Agung Rai Museum of Art

Musuem dan Galeri seni di Bali
Musuem dan Galeri seni di Bali: ARMA

Agung Rai Museum of Art masuk ke dalam daftar museum yang harus kamu kunjungi saat ke Bali, karena pada tahun 2014 lalu museum dan galeri seni di Bali ini masuk ke dalam 10 museum yang mendapatkan penghargaan di Indonesia. Gedung dari Agung Rai Museum of Art dibangun dengan gaya arsitektur tradisional Bali yang dilengkapi dengan taman-taman tropis. Selain itu, karena keindahannya banyak juga pengunjung yang telah memberikan review positif dari museum ini.

Agung Rai Museum of Art diresmikan sebagai sebuah galeri pada tahun 1996. Dibangun di atas lahan seluas empat hektar, museum ini menyajikan berbagai koleksi seni dari para seniman dalam maupun luar negeri. Untuk jenis koleksi seni yang ditampilkan juga sangat beraneka ragam. Kamu bisa menemukan karya seni dari yang tradisional hingga kontemporer. Di luar galeri kamu bisa menyusuri tamannya yang berisi berbagai tanaman Anggrek, kolam air mancur dan tidak lupa kafe yang berada di tengah sawah. Menarik sekali bukan?

Museum Antonio Blanco

Museum dan Galeri Seni di Bali
Museum dan Galeri Seni di Bali : Museum Antonio Blanco

Museum Antonio Blanco juga menjadi salah satu yang direkomendasikan untuk kamu kunjungi. Berlokasi di Ubud, Museum Antonio Blanco memiliki banyak sekali koleksi lukisan, mulai dari hasil karya anak negeri hingga seniman mancanegara. Mario Antonio Blanco merupakan seorang pelukis terkenal keturunan Spanyol Amerika yang menetap di Bali. Salah satu lukisannya yang terkenal hingga sekarang adalah lukisan yang menggambarkan keindahan wanita.

Museum Antonio Blanco merupakan milik dari seorang pria kelahiran Filipina. Dia membangun museum ini di atas tanah yang telah diberikan kepada Raja Ubud dari Puri Saren, Tjokorde Gde Agung Sukawati. Hampir setiap hari Museum Antonio Blanco ramai oleh para pengunjung. Museum Antonio Blanco buka mulai dari pukul 09.00 hingga 17.00. Harga tiket masuk museum ini adalah Rp 50.000 per orangnya.

Dream Museum Zone

Museum dan Galeri Seni di Bali
Museum dan Galeri Seni di Bali : Dream Museum Zone

Buat kamu yang suka foto-foto, kamu bisa berkunjung ke Dream Museum Zone yang ada di Bali. Ada sekitar 120 lukisan yang merupakan hasil karya dari para seniman Korea.  Mulai dari yang bertema pyramid, dunia dongeng hingga tempat wisata lain di Indonesia bisa kamu lihat di sini. Kamu dan teman-teman bisa bebas berfoto di berbagai lukisan 3D. Untuk bangunannya sendiri terdiri dari dua lantai yang dilengkapi dengan tempat parkir yang nyaman pastinya bagi para pengunjung. Dream Museum Zone buka dari pukul 09.00 pagi higga 22.00 malam.

Neka Art Museum

Museum dan Galeri Seni di Bali
Museum dan Galeri Seni di Bali : Neka Art Museum

Kawasan Ubud memiliki beberapa museum dan galeri menarik yang bisa kamu kunjungi, salah satunya adalah Neka Art Museum. Berlokasi di Jalan Raya Campuhan, Kedewatan, Ubud, Museum Neka Ubud Bali ini diresmikan pertama kali pada tahun 1982. Nama Neka sendiri diambil dari nama seorang guru, Suteja Neka yang gemar mengoleksi lukisan. Neka Art Museum dibangun dengan standar museum internasional, yang menjadikan karya di sini ditampilkan dengan sangat terorganisir.

Hampir setiap tahun lukisan yang ada di Neka Art Museum bertambah, bahkan sekarang jumlahnya bisa mencapai 300 lukisan. Untuk karya seni yang dipajang di sini berasal dari berbagai macam seniman yaitu dari dalam dan luar negeri, seperti beberapa lukisan karya Affandi yang sangat fenomenal. Untuk jam bukanya, Neka Art Museum bisa kamu kunjungi mulai pukul 09.00 hingga 17.00 dari hari Senin hingga Sabtu. Sedangkan, pada hari Minggu, Neka Art Museum buka dari pukul 13.00 hingga 17.00 dan pada hari libur nasional galeri ini akan tutup.

The Gallery

Museum dan Galaeri seni di BaliMuseum dan Galaeri seni di Bali
Museum dan Galaeri seni di Bali : The Gallery

Bagi kamu yang suka dengan karya seni bergaya kontemporer, berkunjunglah ke The Gallery Bali. Di sini kamu bisa melihat ratusan karya seni bergaya tradisional Asia dengan sentuhan minimalis. Di sini kamu akan menemukan lukisan yang dibuat dengan teknik unik seperti media acrylic dan cat minyak berwarna warni serta material kayu berkualitas impor yang menjadikan lukisan di sini lain daripada yang lain. Mayoritas lukisan di sini menggambarkan kehidupan maritim Bali. Ada berbagai lukisan beraliran ekpresionis dan abstrak yang bisa kamu lihat di sini.

Infinity Galery

Museum dan Galeri Seni di Bali
Museum dan Galeri Seni di Bali : Infinity Gallery

Berikutnya, ada Infinity Gallery yang menjadi tujuan seru untuk kamu para pecinta seni. Berbeda dengan galeri lainnya, Infinity Gallery menyajikan koleksi fotografi dengan satu tema yaitu mosi air. Konsep seni yang dihadirkan dalam galeri ini merupakan liquid art dengan penerapan fotografi high speed flash. Menariknya, sang fotografer, Stephan Max Reinhold tidak menggunakan efek apa pun untuk foto-fotonya. Seni cairan atau liquid art di sini pun mempresentasikan berbagai aktifitas sehari-hari masyarakat Bali di mana air sebagai pusat kehidupannya.

Itulah beberapa informasi mengenai meseum dan galeri seni di Bali. Kalau kamu sendiri paling suka pergi ke mana nih kalau ke Bali? Untuk kamu yang akan berlibur di Filipina, Singapura, Vietnam atau Indonesia seperti Jakarta, Semarang, Solo, Malang, Manado, Makassar, Palembang, Banjarmasin, Balikpapan, Pekanbaru, Cirebon, Lampung, Batam, Bogor, Bali, Yogyakarta dan Surabaya, RedDoorz hadir sebagai tempat penginapan murah dengan fasilitas lengkap.

 

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.