Makassar memiliki banyak sekali pilihan tempat wisata yang bisa kamu kunjungi. Mulai dari tempat perbelanjaan, wisata kuliner hingga wisata alam yang sangat menarik. Berikut RedDoorz akan bahas mengenai wisata alam di Makassar, yuk mari simak!

Taman Nasional Taka Bonerate

Wisata Alam di Makassar
Wisata Alam di Makassar : Takabonerate

Kawasan Sulawesi dianugerahi keindahan bawah laut yang luar biasa. Tidak hanya Bunaken saja, Taman Nasional Taka Bonerate juga harus masuk ke dalam daftar tempat yang harus kamu kunjungi di Makassar. Di sini kamu bisa melihat pulau-pulau kecil yang lengkap dengan keindahan laut beserta biotanya.

Di sini para pengunjung pun bisa dengan bebas melakukan banyak aktivitas mulai dari berkeliling melihat keindahan alam hingga melakukan olah raga air. Selain itu, kamu juga bisa memancing, berperahu, hingga sekedar berjemur di pinggir pantai. Kamu juga bisa menyelam dan menikmati dunia bawah bawah laut Taman Nasional Taka Bonerate karena sangat kaya dengan keanekaragaman biota laut seperti terumbu karang, ikan hingga biota langka lainnya.

Taman Nasional Bantimurung

Wisata Alam di Makassar
Wisata Alam di Makassar : Taman Nasional Bantimurung

Selain di bawah laut, daratan Sulawesi juga menyimpan keindahan lainnya berupa taman kupu-kupu. Taman wisata alam di Makassar ini diberi nama Taman Nasional Bantimurung Bulusaraung. Di sini kamu terdapat sekitar 250 jenis kupu-kupu, di mana 20 di antaranya merupakan spesies yang dilindungi.

Tidak hanya sekedar melihat keindahan kupu-kupu saja yang bisa kamu lakukan, di sini kamu juga bisa melihat kurang lebih 80 gua alami, yang beberapa di antaranya merupakan peninggalan jaman prasejarah. Ada beberapa gua yang menjadi favorit para pengunjung yang datang, di antaranya Gua Mimpi dan Gua Batu. Untuk masuk ke area ini kamu hanya perlu merogoh kocek sebesar Rp 20.000 saja bagi wisatawan lokal dan untuk wisatawan mancanegara dikenakan Rp 50.000.

Pantai Losari

Wisata Alam di Makassar
Wisata Alam di Makassar : Pantai Losari

Untuk kamu yang suka berkunjung ke pantai, Losari menjadi salah satu pilihan yang oke. Pantai ini menjadi salah satu tempat berlibur favorit bagi wisatawan dalam negeri dan juga para warga yang tinggal di Makassar. Pantai Losari selalu ramai setiap harinya dan banyak warga yang memilih datang ke sini pada sore hari untuk melihat matahari terbenam.

Selain memang pantainya yang indah, di sini kamu bisa mencicipi beragam kuliner khas Makassar seperti pisang epe, yaitu pisang mentah yang dibakar kemudian disajikan dengan gula merah. Untuk ke sini, jika kamu datang dari Bandara Hasanuddin, kamu hanya memerlukan waktu sekitar 50 menit saja. Sedangkan, jika kamu datang dari pelabuhan Soekarno-Hatta, kamu hanya memerlukan waktu sekitar 20 menit saja.

Tanjung Bira

Wisata alam di Makassar
Wisata alam di Makassar : Tanjung Bira

 

Jarak dari kota Makassar ke Tanjung Bira sekitar 200 km.  Untuk sampai ke sini kamu memerlukan waktu sekitar 5 hingga 6 jam dari Makassar. Kamu harus menggunakan jalur darat karena di sini tidak ada bandara. Sesampainya di Tanjung Bira, kamu  bisa melakukan banyak aktivitas seru mulai dari sekedar berenang, naik banana boat, snorkelling atau bahkan diving.

Beberapa pulau yang jadi tempat favorit untuk snorkeling adalah Pulau Liukang Loe dan Pulau Kambing. Untuk sekedar diving kamu hanya perlu menyewa perahu nelayan sebesar Rp 600.000 saja. Untuk wisata kuliner di sekitar Tanjung Bira, kamu akan menemukan dengan mudah banyak warung yang menjual seafood bakar.

Air Terjun Takapala

Wisata alam di Makassar
Wisata alam di Makassar : Air terjun Takapala

Wisata alam di Makassar lainnya yang tidak kalah menarik untuk kamu kunjungi adalah Air Terjun Takapala. Air terjun ini cukup unik karena letaknya berada di balik perkebunan teh. Untuk sampai ke sini kamu hanya perlu berjalan kaki saja dari kebun teh Malino Highland. Dengan ketinggian 100 meter, Air Terjun Takapala termasuk dari dua air terjun yang ada di kawasan Malino. Debit air di sini juga cukup besar sehingga sering tercipta kabut setinggi 20 meter dan pelangi. Karena lokasinya yang masih asri, dataran di sekitar air terjun Takapala ini masih banyak yang curam sehingga kamu harus berhati-hati saat menjelajahi tempat ini.

Itulah beberapa informasi mengenai wisata alam Makassar yang menarik untuk kamu kunjungi. Kalau kamu sendiri paling suka pergi ke mana nih kalau ke Makassar. Untuk kamu yang akan berlibur di Filipina, Singapura, Vietnam atau Indonesia seperti Jakarta, Semarang, Solo, Malang, Manado, Makassar, Palembang, Banjarmasin, Balikpapan, Pekanbaru, Cirebon, Lampung, Batam, Bogor, Bali, Yogyakarta dan Surabaya, RedDoorz hadir sebagai tempat penginapan murah dengan fasilitas lengkap.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s