Untuk merasakan pengalaman traveling yang menyenangkan, terkadang kita bingung untuk memilih solo traveling (liburan sendirian) atau bergabung dengan kelompok (group tour). Keputusan ini bisa jadi sulit kalau kita belum betul-betul menganalisa keuntungan dan kelebihannya sesuai dengan preferensi liburan kita. Untuk itu, berikut perbandingan antara solo traveling versus kelompok yang bisa membantu kamu memutuskan pilihan

Kelebihan dari Solo Traveling

Solo traveling vs kelompok
Solo traveling vs kelompok

Merasakan kebebebasan

Ya, dengan solo traveling tentunya kamu akan bebas sepenuhnya selama liburan. Tidak ada yang mengatur kemana dan kapan kamu pergi. Tidak perlu repot bangun pagi untuk mengikuti seluruh itinerary. Dan, tidak perlu berdebat dengan teman untuk menentukan destinasi dan budget traveling. Kamu tinggal atur destinasi yang paling kamu suka. Entah itu berenang di pantai, berkeliling kota, mengunjungi galeri seni, atau hanya staycation seharian di hotel, lakukan sesukamu!

Refleksi dengan Diri Sendiri

Saat solo traveling, kamu bakal melakukan dan memutuskan apapun sendiri. Di situlah saatnya kamu bisa mengukur sejauh apa kemampuan kamu menjadi orang yang berani, mandiri, dan mampu mengeksplor banyak hal. Dengan solo traveling, kamu juga bisa lebih mengenal dan menghargai diri sendiri terhadap semua yang sudah kamu capai.

Lebih Mandiri dan Menambah Wawasan

Karena traveling sendirian, tentunya kamu harus belajar mempersiapkan kebutuhan selama liburan tanpa dibantu teman. Kamu dituntut untuk mengetahui informasi tentang destinasi yang kamu tuju, meliputi budaya masyarakatnya, transportasi umum yang tersedia, akomodasi yang disediakan, akses ke tempat wisata, dan sebagainya. Nah, dengan solo traveling, kamu akan melakukannya semuanya sendiri sehingga seluruh informasi dan wawasan akan lebih mudah diingat untuk jadi bekal kemudian hari.

Kekurangan dari Solo Traveling

Merasa Kesepian

Tak bisa dipungkiri kalau traveling seorang diri membuat kita merasa kesepian. Kita harus siap ketika kita sedih atau homesick dan tidak ada teman dekat di samping kita. Belum lagi, kalau kita sedang mengalami kesusahan dan butuh bantuan orang terdekat. Itu sebabnya selama solo traveling, usahakan untuk mempersiapkan kebutuhan-kebutuhan kamu dengan matang dan tetap menjalin relasi dengan orang lain.

Biaya Liburan Lebih Mahal

Jika dibandingkan dengan traveling bersama grup, anggaran biaya untuk solo traveling akan lebih mahal. Dikarenakan biaya untuk segala sesuatunya akan kamu tanggung sendiri, seperti biaya akomodasi, tiket wisata, dan lainnya. Sementara ketika liburan bersama grup, kamu bisa saling patungan dan mendapat promo untuk grup tertentu. Untuk itu, perbanyak riset tentang biaya liburan yang akan dihabiskan dan atur anggaran kamu dengan baik supaya solo traveling tidak menghabiskan banyak biaya.

Sulit untuk Berfoto Sendiri

Siap-siap untuk para solo traveling kalau kamu akan kesulitan berfoto. Namanya juga traveling sendirian, kamu harus minta orang lain untuk mengambil foto kamu. Itu juga harus dilakukan dengan hati-hati dengan memperhatikan secara seksama orang yang diminta tolong. Tapi, tenang saja. Masalah ini bisa diatasi dengan membawa tripod kemana-mana. Agak merepotkan, tapi daripada tidak mengabadikan momen sama sekali, pilih yang mana?

Kelebihan dari Liburan dengan Kelompok

Solo traveling vs kelompok
Solo traveling vs kelompok

Merasakan Suka-Duka Bersama

Satu hal yang paling menyenangkan dari traveling bersama kelompok adalah kamu bisa merasakan suka-duka bareng, tertawa dan menangis bersama. Misalnya, saat kehujanan di tengah jalan, mencoba wahana ekstrim, menginap di tempat yang seram, membantu teman yang sakit dadakan, dan sebagainya. Eratnya kebersamaan yang terjalin akan meningkatkan hubungan persahabatan kamu dengan teman-teman.

Biaya Traveling Lebih Murah

Traveling bersama dengan banyak orang tentunya akan meringankan biaya liburan. Kamu dapat berbagi bagasi, membagi atau meminjamkan perlengkapan perjalanan, patungan untuk akomodasi dan transportasi, dan masih banyak lainnya. Biasanya juga suka ada promo liburan tertentu untuk kelompok yang bisa kamu manfaatkan.

Berfoto Selfie Lebih Mudah

Tentu saja dengan liburan bersama orang yang kamu kenal, kamu berkesempatan untuk meminta foto lebih mudah tanpa perlu membawa tripod ke mana-mana. Kamu juga bisa punya kenangan manis bersama teman di tempat wisata dan mengenang masa-masa indah yang dibagikan bersama.

 

Kekurangan Group Tours

Sulit Menyatukan Pendapat

Ketika traveling dengan banyak orang, tak dipungkiri jika muncul perbedaan pendapat untuk beberapa hal tertentu. Misalnya, tentang pilihan destinasi liburan, akomodasi, budget liburan, dan lainnya. Mau tidak mau, kamu harus membuat kesepakatan bersama dan saling bisa menahan ego masing-masing. Karena jika liburan justru membuat perselisihan pasti rasanya tidak menyenangkan.

Harus Bisa Mematuhi Itinerary

Tidak seperti solo traveling, kamu tidak bisa pergi kemanapun dan kapanpun kamu mau. Kamu juga tidak bisa seenaknya bangun siang ketika liburan. Ada jadwal yang harus kamu patuhi dari awal agar traveling tetap berjalan menyenangkan dan tidak bikin kesal siapapun. Cobalah untuk disiplin dan saling berkomunikasi kepada teman-teman atau ketua grup.

Kurang Ada Privasi

Traveling dengan kelompok membuat kamu tidak punya ruang untuk sendiri dan siap-siap untuk berada di sekitar banyak orang sepanjang waktu. Kamu mungkin harus rela berbagi kamar, merelakan barang-barang dipinjam, menunggu giliran kamar mandi, dan lainnya.

Itulah beberapa informasi mengenai solo traveling vs kelompok. Untuk kamu yang akan berlibur di Filipina, Singapura, Vietnam atau Indonesia seperti Jakarta, Semarang, Solo, Malang, Manado, Makassar, Palembang, Banjarmasin, Balikpapan, Pekanbaru, Cirebon, Lampung, Batam, Bogor, Bali, Yogyakarta dan Surabaya, RedDoorz hadir sebagai tempat penginapan murah dengan fasilitas lengkap.

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.