Film garapan Walt Disney selalu menampilkan tokoh-tokoh yang berkarakter dengan pemandangan yang kreatif dan penuh imajinasi. Nah, ternyata beberapa tempat di film-film Disney ada di dunia nyata, lho! Dengan rancangan yang menakjubkan bak di negeri dongeng, berikut lima pilihan tempat yang paling RedDoorz suka.

Frozen – Hotel de Glace, Quebec

Tempat di film Disney yang ada di dunia nyata
Tempat di film Disney yang ada di dunia nyata

Siapa yang tidak kagum melihat istana es yang ditinggali Elsa di film Frozen? Rancangan istana yang megah dan ajaib itu rupanya terinspirasi dari Hotel de Glace (The Ice Hotel) di kota Quebec, Kanada yang menjadi hotel es pertama dan satu-satunya di Amerika Utara.

Hotel de Glace terlihat artsy dengan tiga bar es tematik. Semua furnitur terbuat dari es, bahkan termasuk gelas cocktail yang disajikan untuk para tamu. Terdapat 45 kamar dan suite dengan tema berbeda dan dengan suhu antara -3 dan -5 derajat Celcius. Tiap kamar juga dilengkapi dengan kantong tidur, bantal, seluncur es dalam ruangan, dan WIFI gratis. Khusus tipe Premium Deluxe Spa Suite, fasilitasnya mencakup kamar mandi dalam ruangan dengan penghangat dan hot tub outdoor. Hotel yang dibuka pada 2011 ini juga menyediakan tur wisata untuk para tamu dapat menjelajahi aula besar, kapel, luncuran es, pameran, ice bar yang indah, dan sebagainya.

Sleeping Beauty – Neuschwanstein Castle, Bavaria, Jerman

Tempat di film Disney yang ada di dunia nyata
Tempat di film Disney yang ada di dunia nyata

Saat traveling ke Eropa bersama istrinya, Walt Disney terinspirasi dengan Kastil Neuschwanstein dan akhirnya membangun versinya sendiri di Disneyland. Kastil tersebut juga menjadi istana Aurora di film Sleeping Beauty.

Dibangun pada 1896, Kastil Neuschwanstein adalah istana kebangkitan abad ke-19 Romawi di sebuah bukit berbatu di desa Hohenschwangau, Jerman. Istana ini dibangun atas perintah Ludwig II dari Bavaria sebagai tempat peristirahatan dan untuk menghormati Richard Wagner. Bangunan kastil setinggi 213 kaki dirancang begitu klasik dan kokoh dengan dominasi warna putih di luarnya. Ruangan istana dibuat sangat menakjubkan dengan dihiasi ornament mewah, ukiran antik, dan lainnya. Tak heran jika sampai saat ini, lebih dari 1,5 juta pengunjung datang untuk melihat istana dongeng Jerman dan dinobatkan sebagai salah satu istana paling banyak dikunjungi di dunia.

Beauty and The Beast – Alsace, Perancis

Tempat di film Disney yang ada di dunia nyata
Tempat di film Disney yang ada di dunia nyata

Ingat dengan kampung halaman Belle yang mempesona? Kampung tersebut bukan murni dari imajinasi sang pencipta, tapi dari berbagai desa di wilayah Alsace, bagian utara-timur Perancis. Di antaranya Riquewihr, Colmar, Ribeauville, dan Strasbourg. Wilayah ini terkenal dengan desa-desanya yang terpelihara dan sangat terawat dengan baik. Terdapat perumahan berwarna-warni yang dibangun berdekatan satu sama lain. Rumah-rumah tersebut bergaya khas Eropa dengan kerangka kayu.

Tak hanya rumah tinggal, tapi ada juga sederet toko-toko dan café untuk nongkrong sambil menikmati suasana desa. Dengan sekitar jalanan yang berbatu mosaik, pemandangan desa semakin membuat kita seperti di negeri dongeng.

Tangled – Mont Saint-Michel, Normandy, Perancis

Tangled – Mont Saint-Michel,
Tempat di film Disney yang ada di dunia nyata

Familiar dengan kastil yang ada di Mountain Saint-Michel? Ya, kastil tersebut adalah istana kerajaan Corona di mana Rapunzel diculik dari orang tuanya. Mont Saint Michele sendiri adalah sebuah pulau misterius yang mengapung di laut. Dianggap sebagai “keajaiban Barat,” pemukiman di Mont Saint-Michel dimulai pada 966 oleh komunitas Benediktin dan dikelilingi oleh gelombang pasang tertinggi di Eropa.

Sejak zaman prasejarah, teluk ini tertutup oleh laut. Kemudian, teluk terus mundur selama bertahun-tahun dan menyebabkan erosi hingga membentuk lansekap pesisir dalam waktu jutaan tahun. Kini, pulau seluas 1 kilometer ini menarik banyak pengunjung setiap tahun. Beberapa hal yang menarik dilakukan di sini adalah mengunjungi Biara Mont Saint Michel, menjelajahi museum, mencoba masakan lokal, mengeksplor kota abad pertengahan, dan sebagainya.

Mulan – Forbidden City, Beijing, Cina

Tempat di film Disney yang ada di dunia nyata
Tempat di film Disney yang ada di dunia nyata

Desain rumah kaisar di film Mulan persis seperti Forbidden City (Kota Terlarang), sebuah istana raksasa untuk kekaisaran Cina yang terletak di Beijing. Seluas 150.000 meter persegi, istana terdiri dari 980 bangunan dan lebih dari 8.000 kamar. Fakta yang mengejutkan lainnya adalah pembangunan dimulai pada tahun 1406 dan membutuhkan 1 juta pekerja dan 14 tahun untuk menyelesaikannya.

Dari abad ke-14 hingga abad ke-20, tempat ini pernah menampung 24 kaisar dari dinasti Ming dan Qing. Pada saat itu, istana tidak bisa dimasukki sembarangan tanpa izin kaisar. Kini, istana menjadi objek wisata yang terbuka untuk wisatawan. Jika mampir ke sini, kamu wajib mecoba masakan kekaisaran yang tersedia di banyak restoran dekat istana. Resep-resep diturunkan dari Li Zijia, yang melayani Janda Permaisuri Cixi dan bertanggung jawab atas makanan kerajaan.

Itulah beberapa informasi mengenai tempat di film Disney yang ada di dunia nyata. Lokasi mana yang paling menarik? Untuk kamu yang akan berlibur di Filipina, Singapura, Vietnam atau Indonesia seperti Jakarta, Semarang, Solo, Malang, Manado, Makassar, Palembang, Banjarmasin, Balikpapan, Pekanbaru, Cirebon, Lampung, Batam, Bogor, Bali, Yogyakarta dan Surabaya, RedDoorz hadir sebagai tempat penginapan murah dengan fasilitas lengkap.

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.