Bosan dengan pantai dan gunung? Mungkin kamu harus mempertimbangkan berkunjung ke wisata satwa liar sebagai ide traveling kamu tahun ini. Kamu dapat mengenal alam lebih dekat melalui beragam mahluk hidup dan habitatnya. Ada banyak  wisata satwa liar yang sangat menakjubkan untuk dikunjungi di dunia ini. Berikut rekomendasi dari RedDoorz!

Borneo

Borneo, wisata satwa liar terbaik di dunia
Borneo, wisata satwa liar terbaik di dunia

Borneo adalah pulau yang meliputi wilayah Indonesia (Kalimantan), Brunei dan Malaysia. Banyak spot mengagumkan untuk melihat habitat alam, dan yang paling populer adalah Sungai Kinabatangan dan Lembah Danum.

Sungai Kinabatangan menghubungkan hutan yang lembab ke gua batu kapur dan rawa-rawa bakau. Kamu bisa menikmati habitat alam dan melihat satwa liar secara aman dengan menggunakan safari perahu. Terdapat orangutan yang menjadi spesies yang paling populer di hutan. Kamu juga akan menemukan gajah kerdil, bekantan, owa, burung berwarna cerah dan lainnya.

Sementara di Lembah Danum, kamu bisa mengeksplor hutan belantara tropis yang menjadi lokasi utama untuk penelitian konservasi. Hutan seluas 438 km berisi flora dan fauna yang meliputi badak Sumatra Timur, orangutan Kalimantan, gibbon, rusa tikus, macan dahan dan lebih dari 270 spesies burung.

Cagar Alam Maasai Mara, Kenya

Maasai Mara, Kenya, wisata satwa liar terbaik di dunia
Maasai Mara, Kenya, wisata satwa liar terbaik di dunia

Cagar alam Maasai Mara adalah wisata satwa liar yang paling populer di Kenya dan juga di dunia. Cagar ini menjadi tempat migrasi tahunan 2 juta makhluk hidup ke padang rumput yang lebih hijau, di antaranya rusa kutub, zebra, dan gazel. Dengan luas 1.510 km persegi, cagar alam ini adalah rumah bagi lima hewan besar yaitu singa, macan tutul, gajah, badak, dan kerbau. Terdapat juga ratusan spesies burung, seperti elang, burung nasar, burung unta, rangkong, dan bangau.

Maasai Mara memiliki panorama alam yang indah dengan menampilkan dataran tak berujung, padang rumput luas, dan pohon akasia tunggal yang ikonis di seluruh sabana. Tak heran jika media sekelas BBC dan National Geographic pernah mendokumentasikan cagar alam tersebut. Sebagai daerah wisata utama di Kenya, cagar alam ini juga dikelilingi oleh pondok-pondok besar, hotel, dan akomodasi lainnya untuk para wisatawan.

Taman Nasional Ranthambore, India

Taman Nasional Ranthambore, India, wisata satwa liar terbaik di dunia
Taman Nasional Ranthambore, India, wisata satwa liar terbaik di dunia

Bagi kamu pecinta harimau, Taman Nasional Ranthambore mungkin menjadi destinasi yang tepat. Kamu dapat dengan mudahnya melihat harimau, bahkan di siang hari saat mereka sibuk berburu dan merawat anak-anak mereka. Selain harimau, kawasan juga ditinggali spesies macan tutul, hyena, serigala, kucing hutan, rubah India dan berbagai macam burung seperti pelikan, ibis, flamingo, kuntul dan parkit.

Didirikan pada tahun 1955, Taman Nasional Ranthambore adalah salah satu tempat paling populer untuk dikunjungi bagi pecinta satwa liar dan paling terkenal di India Utara. Lokasinya berada di distrik Sawai Madhopur di tenggara Rajasthan, yang berjarak sekitar 130 km dari Jaipur.  Di area seluas 392 km persegi ini, kamu pun dapat menikmati pemandangan dengan menaiki balon udara.

 

Osa Peninsula, Kosta Rika

Taman Nasional Corcovado, Kosta Rika, wisata satwa liar terbaik di dunia
Taman Nasional Corcovado, Kosta Rika, wisata satwa liar terbaik di dunia

Osa Peninsula adalah semenanjung yang menampung lebih dari 50 persen spesies satwa liar di Kosta Rika. Salah satu tempat yang paling menonjol adalah Taman Nasional Corcovado, yang merupakan hutan basah tua yang tersisa di pantai Pasifik Amerika Tengah. Corvocado memiliki 13 ekosistem utama termasuk hutan hujan dataran rendah, hutan awan dataran tinggi, hutan kelapa jolillo, dan rawa-rawa bakau, serta habitat pesisir dan laut pantai. Terdapat sekitar 463 spesies burung dan 140 spesies mamalia termasuk monyet, tapir, toucans, kukang, dan macaw scarlet. Tak hanya itu, hewan terancam punah dapat ditemukan di sini, seperti kucing hutan seperti jaguarundi, puma, margay, ocelot, dan jaguar.

Selain Corcovado, Kosta Rika juga punya Monteverde Cloud Forest Reserve, yakni cagar alam yang populer untuk dikunjungi dengan pemandangan hutan awannya yang spektakuler. Berbagai fauna pun betah tinggal di sini, seperti puma, jaguarundi, margay, ocelot, rusa, kukang, tapir, kupu-kupu, ular, dan burung langka, seperti quetzal yang gemilang dan bellbird tiga watt. Selain hewan, cagar tersebut juga menampung taman, kebun, dan pertanian yang berbeda menjadikan ini tujuan yang hebat untuk menjelajahi banyak wilayah.

 

Pantanal, Brazil

Pantanal, Brazil, wisata satwa liar terbaik di dunia
Pantanal, Brazil, wisata satwa liar terbaik di dunia

Pantanal adalah wilayah yang meliputi daerah lahan basah tropis terbesar di dunia dan disebut sebagai saingan Amazon dalam hal destinasi satwa liar terbaik. Tempat seluas 195.000 kilometer persegi ini menjadi rumah bagi banyak hewan yang terancam punah, seperti jaguar, ocelot, tapir, capybaras, anaconda, monyet capuchin, dan ratusan spesies burung berwarna-warni, termasuk toucans dan hyacinth macaws. Kepadatan margasatwa Pantanal dianggap sebagai yang terbesar di neo-tropis, menjadikannya surga bagi para naturalis, fotografer, dan wisatawan ramah lingkungan. Selain fauna, Pantanal juga memiliki koleksi beragam tanaman air yang menakjubkan dan membantu mendukung beragam spesies hewan. Untuk mengelilingi situs Warisan Dunia UNESCO ini, kamu dapat berjalan kaki, menunggang kuda, dan mengendarai kano.

Itulah beberapa informasi mengenai wisata satwa liar terbaik di dunia yang boleh dijadikan referensi traveling di tahun ini. Untuk kamu yang akan berlibur di Filipina, Singapura, Vietnam atau Indonesia seperti Jakarta, Semarang, Solo, Malang, Manado, Makassar, Palembang, Banjarmasin, Balikpapan, Pekanbaru, Cirebon, Lampung, Batam, Bogor, Bali, Yogyakarta dan Surabaya, RedDoorz hadir sebagai tempat penginapan murah dengan fasilitas lengkap.

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.