Indonesia memiliki beragam budaya, terlihat dari banyaknya jajanan tradisional lezat yang bisa kamu coba di penjuru Indonesia. Mulai dari yang manis hingga asin bisa kamu temukan. Untuk kamu yang belum tahu atau mungkin ingin mencicipi jajanan khas Indonesia, berikut beberapa jajanan khas Indonesia yang bisa kamu coba!

Kerak Telor

Jajanan Tradisional
Jajanan Tradisional : Kerak Telor

Siapa yang tidak kenal jajanan tradisional khas Jakarta satu ini. Kamu bisa dengan mudah menemukan jajanan tradisional ini di banyak acara di Jakarta seperti misalnya di Pekan Raya Jakarta. Kerak Telor sendiri terbuat dari beras ketan dan telor bebek. Biasanya, kamu bisa memilih sendiri berapa telur yang kamu inginkan untuk membuat kerak telor ini. Kerak telor dipanggang di atas tungku api yang terbuat dari kayu bakar, yang membuatnya bercita rasa khas. Dalam penyajiannya kerak telor dipadukan juga dengan bawang goreng, ebi dan serundeng.

Serabi

Jajanan Tradisional
Jajanan Tradisional : Serabi

Pindah dari Jakarta, kamu akan menemukan jajanan tradisional lainnya bernama serabi. Kue yang satu ini memag mirip dengan kue dadar dengan bahan utamanya seperti tepung beras, kelapa parut, hingga santan. Dalam bentuk tradisionalnya, kue serabi terasa manis karena disiram dengan kuah gula merah. Tetapi, berkat inovasi, kini kamu bisa mencoba kue serabi asin dengan topping yang beraneka ragam. Di Indonesia sendiri ada dua daerah yang memiliki kue serabi, Bandung dan Solo. Tetapi kedua serabi ini berbeda satu sama lain karena bahan dan cara memasaknya yang berbeda.

Kue Talam

Jajanan Tradisional
Jajanan Tradisional : Kue Talam

Berikutnya, ada kue talam. Kue yang satu ini akan sering kamu temukan saat bulan puasa karena akan banyak penjual keliling yang menjajakannya. Bahan untuk membuat kue talam sendiri adalah terbuat dari tepung beras, tepung singkong, tepung terigu dan tepung sagu. Untuk teksturnya, kue talam cenderung kenyal karena campuran tepung-tepung tersebut. Sedangkan, untuk rasanya sendiri kue talam ada yang rasa manis dan juga ada yang asin.

Bika Ambon

bika ambon
Jajanan Tradisional : Bika Ambon

Meski namanya Bika Ambon, makanan yang satu ini tidak berasal dari Ambon loh, melainkan dari Medan atau Sumatera Utara. Dinamakan demikian karena Bika Ambon ini pertama kali dijual di Jalan Ambon kota Medan. Tekstur dari kue ini cukup unik, lembut dan berongga-rongga di bagian dalamnya. Untuk rasanya sendiri cenderung legit dan manis. Hingga sekarang, bika ambon menjadi oleh-oleh paling dikenal dan banyak dibeli oleh wisatawan yang jalan-jalan ke Medan.

Getuk

Jajanan tradisional
Jajanan tradisional : Getuk Gulung

Getuk merupakan jajanan tradisional khas Jawa Tengah. Getuk juga dibagi menjadi dua macam yaitu getuk goreng dan getuk biasa yang tidak digoreng. Getuk kukus cenderung lebih sehat kerena tidak melalui proses penggorengan dengan minyak terlebih dahulu. Untuk cara pembuatannya, singkong dihaluskan terlebih dahulu dan ditambahkan beberapa bahan lainnya seperti mentega, santan kental, dan sedikit gula pasir sehingga rasanya pun menjadi manis dan teksturnya lembut.

Kue Lumpur Pisang

Jajanan Tradisional
Jajanan Tradisional : Kue Lumpur Pisang

Meski namanya kue lumpur, kue yang satu ini sama sekali tidak terbuat dari lumpur. Kue ini teksturnya sangat lembut sehingga diasosiasikan seperti lumpur. Ada berbagai jenis kue lumpur yang ada di Indonesia, mulai dari kue lumpur kentang, kue lumpur kismis dan kue lumpur pisang. Bahan-bahan untuk membuat kue lumpur adalah telur, tepung terigu, hingga bahan pengembang seperti vanili. Biasanya kue lumpur ini terasa sedap disajikan dengan teh hangat tawar untuk dijadikan camilan sore.

Onde-onde

Jajanan tradisional
Jajanan tradisional : Onde-onde

Kue yang satu ini memang unik dan lain daripada yang lain karena bentuknya yang bulat. Untuk rasanya, kue onde-onde cenderung kenyal dan manis. Untuk bahan-bahannya, kue onde-onde terbuat daru ketan atau terigu. Biasanya, kue onde-onde digoreng dan ditaburi wijen dibagian luarnya. Sedangkan, untuk isiannya kue onde-onde biasanya berisi kacang hijau yang sudah dihaluskan. Sekarang ini juga banyak onde-onde yang dijual dengan ukuran kecil dan tanpa isian apapun sehingga mejadi camilan yang praktis.

Itulah beberapa jajanan tradisional di Indonesia yang bisa kamu coba. Kalau kamu sendiri paling suka makan apa nih kalo jajan? Untuk kamu yang akan berlibur di Filipina, Singapura, Vietnam atau Indonesia seperti Jakarta, Semarang, Solo, Malang, Manado, Makassar, Palembang, Banjarmasin, Balikpapan, Pekanbaru, Cirebon, Lampung, Batam, Bogor, Bali, Yogyakarta dan Surabaya, RedDoorz hadir sebagai tempat penginapan murah dengan fasilitas lengkap.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s