Bicara soal wisata kuliner, Jakarta memang jagonya. Di berbagai wilayah, tersimpan surga-surga kuliner yang menawarkan berbagai sajian menarik dan lezat untuk disantap. Tak hanya kafe ataupun restoran mewah yang unggul, tapi juga kuliner jalanannya. Mulai dari camilan sederhana sampai makanan legendaris ada di sini. Berikut rekomendasinya.

 

Gang Gloria, Glodok, Jakarta Utara

rujak shanghai enchim
Rujak Shanghai Enchim, rekomendasi kuliner jalanan di Jakarta paling enak

Meski berukuran sempit, Gang Gloria terkenal dengan sederet kuliner jalanan Jakarta Barat yang legendaris khas peranakan China. Dari makanan halal sampai non-halal tersedia di sini.

Cicipi nikmatnya kopi hitam atau kopi susu yang disuguhkan kedai Kopi Tak Kie. Didirikan pada 1927, bangunan kedai dan harga kopi yang ditawarkan sangat “sederhana”, mulai dari Rp 10.000 saja. Ingin sesuatu yang segar? Cobalah Rujak Shanghai Encim. Isi rujak yang ditawarkan bukan sembarang rujak pada umumnya, melainkan terdiri dari campuran kangkung, juhi (cumi besar), ubur-ubur, lobak, dan timun. Harga rujak yang ditawarkan cukup terjangkau, yakni sekitar Rp 35.000.

Nah, jika ingin menyantap makanan berat, kamu wajib nikmati Kari Ayam Kari “Lam”. Tempat makan yang ada sejak 1973 ini menyajikan semangkuk kari ayam (dengan jeroan) atau sapi dengan nasi atau bihun yang direndam dalam kuah santan khas China-Medan. Kamu cukup merogoh kocek sekitar Rp 45.000 untuk merasakannya. Selain itu, ada jajanan seperti cakwe goreng dan cempedak goreng yang bisa kamu temukan di sekitar jalan.

 

Pujasera Blok S, Jakarta Selatan

Bakso Kumis Blok S, rekomendasi kuliner jalanan di Jakarta paling enak
Bakso Kumis Blok S, rekomendasi kuliner jalanan di Jakarta paling enak

Bagi penyuka bakso kuah, Pujasera Blok S adalah tempat yang tepat buat kamu. Berbentuk tenda dengan 40 kios, kabarnya sajian bakso di sini jadi juara dari menu makanan yang lain. Tepatnya di tenda Bakso Kumis Blok S, banyak pengunjung terpikat dengan lezatnya bakso yang bumbu kuahnya bisa diracik sendiri. Kamu cukup membayar Rp 10.000 per satu bakso. Selain bakso, ada pempek, siomay, sate ayam, dan mie kocok sebagai alternatif makan berat.

Sebagai makanan penutup, kamu wajib mencoba Es Podeng Mia. Satu porsi seharga Rp 10.000 ini terdiri dari alpukat, roti tawar, bubur mutiara, kacang, meses, susu kental manis, agar-agar, dan es doger. Yang membuat Es Podeng Mia spesial adalah komposisi yang pas dengan rasa yang tidak terlalu manis.

 

Blok M, Jakarta Selatan

gultik blok m
Gultik, rekomendasi kuliner jalanan di Jakarta paling enak

Ingin eksplor kuliner di malam hari? Kamu boleh mampir ke kawasan Blok M dan menjajal sederet makanan lezat yang legendaris. Misalnya Gultik, alias gulai tikungan, menjadi menu yang paling dicari banyak orang di sana. Kamu wajib menyantap gulai daging dan tetelan kambing yang berkuah kuning, disajikan dengan nasi, bawang goreng, dan kerupuk. Harganya pun terjangkau, sekitar Rp 10.000 – Rp 15.000.

Kalau makan gulai dirasa terlalu berat, ada pilihan bubur ayam paling sedap sekitaran Blok M, yaitu Bubur Ayam Barito. Dihargai Rp 17.000 per porsi, bubur yang disajikan berisi ayam cincang, dilengkapi dengan irisan seledri, cakwe, dan cheese sticks sebagai pengganti kerupuk. Kebayang betapa gurih dan renyah ‘kan?

Nah, kalau kamu ingin nongkrong santai bareng teman-teman, kamu bisa mampir ke Roti Bakar Eddy Blok M. selain bermacam roti bakar, kamu juga bisa membeli makanan lainnya, seperti bubur ayam, nasi uduk, pempek, Indomie.

 

Senayan, Jakarta Selatan

Sate Taichan Senayan, rekomendasi kuliner jalanan di Jakarta paling enak
Sate Taichan Senayan, rekomendasi kuliner jalanan di Jakarta paling enak

Kawasan Senayan adalah surga bagi para pemburu sate taichan, sate dengan potongan ayam dan dilumur sambal dan perasan jeruk nipis. Bagi kamu yang baru ingin ke sini, mungkin agak bingung memilih kios yang mana saking banyaknya yang menjual sate taichan. Rekomendasi dari RedDoorz sendiri adalah Sate Taichan 87 Bang Ocit. Daging ayam pada sate dibuat empuk dengan bumbu yang gurih dan sambel yang benar-benar pedas. Harga satu porsi senilai Rp 20.000 – Rp 30.000.

Perlu diketahui kalau kedai ini banyak peminat, sehingga kamu harus bersiap mengantri panjang untuk memesan taichan. Jika ingin makan dengan suasana yang damai dan tenang, lebih baik kamu memesan sate untuk dibawa pulang. Selain Sate Taichan 87 Bang Ocit, rekomendasi lainnya adalah Sate Bang Amir dan Sate Taichan Bang Dul.

 

Cikini – Gondangdia, Jakarta Pusat

Gado-Gado Bonbin, rekomendasi kuliner jalanan di Jakarta paling enak
Gado-Gado Bonbin, rekomendasi kuliner jalanan di Jakarta paling enak

Cikini, Gondangdia, dikenal sebagai pusat kuliner kaki lima khas Jakarta yang legendaris. Suasana jadul Jakarta bakal terasa ketika kamu menjelajahi kedai-kedai di sana yang rata-rata sudah beroperasi sejak tahun 1960.

Gerai makanan yang paling populer dan direkomendasi banyak orang adalah Gado-Gado Bonbin. Lontong, tahu, dan potongan telur rebus yang dibalur bumbu kacang mete yang lembut menjadikan gado-gado seharga Rp 35.000-an ini terasa spesial dan nikmat. Tak heran jika tokoh-tokoh terkenal seperti Andi Malarangeng, Alm. Gus Dur dan Alm. Taufik Kemas pernah mencicipinya.

Tempat makan lain yang melegenda adalah Soto Jakarta Pak H. Yus. Seperti nama tempatnya, kamu bisa menikmati berbagai macam soto, seperti soto babat, daging, paru, kikil, dan tulang muda. Berdiri sejak 1973, resep yang diciptakan sangat terjaga hingga kini dan membuat sajian soto terasa khas. Harga yang ditawarkan berkisar antara Rp 36.000 – Rp 55.000 untuk porsi jumbo.

 

Itulah beberapa informasi mengenai rekomendasi kuliner jalanan di Jakarta. Kamu sendiri tertarik ke mana? Untuk kamu yang akan berlibur di Filipina, Singapura, Vietnam atau Indonesia seperti Jakarta, Semarang, Solo, Malang, Manado, Makassar, Palembang, Banjarmasin, Balikpapan, Pekanbaru, Cirebon, Lampung, Batam, Bogor, Bali, Yogyakarta dan Surabaya, RedDoorz hadir sebagai tempat penginapan murah dengan fasilitas lengkap.

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.