Liburan selalu menjadi hal yang menyenangkan, apalagi setelah kita penat seharian bekerja. Pilihan destinasi menjadi pertimbangan tersendiri, seperti ke dalam atau luar negeri. Mengunjungi spot-spot baru, kebudayaan baru, hingga makanan khas di sana menjadi hal yang menarik yang perlu dicoba. Sebagai panduan untuk kamu yang pertama kali liburan ke luar negeri, berikut RedDoorz berikan beberapa hal yang harus kamu perhatikan.

Jaga Baik-Baik Passport

Hal penting saat liburan ke luar nageri
Hal penting saat liburan ke luar nageri : jaga passport

Hal pertama yang perlu diingat saat liburan ke luar negeri adalah menjaga paspormu.  Hal ini sangat penting, karena jika kamu liburan ke luar negeri dan paspor maka kamu akan kesulitan untuk mengurusnya. Untuk berjaga-jaga, sebaiknya kamu membawa salinan paspor kamu. Salinan tersebut juga berguna untuk mengurus SPLP atau Surat Perjalanan Laksana Paspor. Surat inilah yang nantinya akan dikeluarkan oleh Kedutaan Besar Republik Indonesia jika kamu kehilangan paspor untuk kembali ke Indonesia.

Pelajari Bahasa Setempat

Hal Penting saat pergi ke luar negeri
Hal Penting saat pergi ke luar negeri : Pelajari bahasa setempat

Selain itu, penting juga untuk kamu mempelajari sedikit bahasa setempat. Tidak perlu terlalu mahir, cukup percakapan sederhana saja untuk mempermudah perjalanan dan keperluan kamu di sana. Jadi jika nantinya kamu ingin membeli oleh-oleh atau ingin menanyakan petunjuk jalan, kamu bisa bertanya langsung kepada penduduk setempat. Biasanya para penduduk lokal akan lebih bersahabat jika ada turis yang berusaha untuk berkomunikasi dengan bahasa mereka.

Ketahui Transportasi di Tempat Tujuan

hal penting saat pergi ke luar negeri
hal penting saat pergi ke luar negeri : Transportasi umum setempat

Hal yang tidak kalah penting saat liburan ke luar negeri adalah mengetahui transportasi apa saja yang akan kamu gunakan selama di sana. Tidak hanya memastikan transportasi udara untuk sampai di sana saja, kamu juga harus tahu sarana transportasi untuk berkeliling kota. Bila memang di tempat tujuanmu ada transportasi online, tentu saja ini akan sangat memudahkan.

Bawa Peralatan Elektronik yang Kamu Butuhkan

Hal penting saat pergi ke luar negeri
Hal penting saat pergi ke luar negeri : International Adaptor

Gadget juga menjadi barang penting yang harus kamu bawa saat liburan ke luar negeri. Tanpa gadhet tentu saja perjalanan kamu bisa lebih sulit nantinya. Inilah mengapa kamu juga harus mempersiapkan colokan atau pun power bank selama perjalanan nantinya. Hal ini penting karena colokan di beberapa negara akan berbeda. Jadi, bawalah international adaptor untuk mempersiapkan hal tersebut. Jangan sampai saat baterai elektronik kamu lowbat, kamu tidak bisa menemukan tempat untuk mengisi daya lagi. Pastikan juga power bank yang kamu bawa tetap terisi penuh selama perjalanan kamu agar kamu tidak perlu mencari tempat untuk men-charging.

Persiapkan Mata Uang dan Pecahannya

Hal Penting saat pergi ke luar negeri
Hal Penting saat pergi ke luar negeri : Tukar Mata Uang

Pergi keluar negeri kamu pasti akan melakukan transaksi paling tidak untuk transportasi. Karena itu, penting sekali untuk menukarkan uangmu dengan mata uang negara tujuan. Selain mata uang yang harus kamu punya, pecahan uang kecil juga penting untuk kamu agar tidak bingung saat membeli barang dan membutuhkan kembalian. Persiapkan juga uang darurat untuk biaya tidak terduga untuk keperluanmu selama di sana.

Pastikan Passport dan Visa

Hal penting saat pergi ke luar negeri :
Hal penting saat pergi ke luar negeri : Passport dan Visa

Selain memastikan passport kamu dan salinannya, penting juga untuk memastikan apakah passport kamu masih masih berlaku atau tidak. Untuk aktivitas bepergian ke luar negeri pastinya minimal passport kamu 1 tahun masih dalam keadaan aktif. Jangan sampai saat kamu mau pergi ternyata passport kamu sudah kadaluarsa.

Perhatikan Cuaca Saat Kamu Pergi ke Sana

Hal penting saat pergi ke luar negeri
Hal penting saat pergi ke luar negeri : Cuaca

Untuk kamu yang ingin liburan di negara empat musim, sangat penting untuk kamu memastikan cuaca di sana. Memastikan cuaca di tempat tujuan cukup penting karena kamu juga harus mempersiapkan juga pakaian apa saja yang harus kamu bawa saat pergi. Jika memang kamu ke tempat tujuan saat musim dingin, kamu bisa membawa jaket atau pun pakaian hangat. Sedangkan, kalau kamu ke beberapa tempat saat musim panas kamu bisa membawa kaos-kaos atau pakaian yang agak tipis untuk dibawa ke sana.

Vaksin

Hal penting saat pergi ke luar negeri :
Hal penting saat pergi ke luar negeri : Vaksin

Tentunya tidak akan menyenangkan jika saat liburan nanti kamu sakit. Maka dari itu, kamu juga harus mengetahui apakah untuk ke daerah tujuanmu, kamu memerlukan vaksin tertentu atau tidak. Misalnya saja orang yang ingin ke Indonesia mereka harus mempersiapkan vaksin malaria. Selain itu, jika kamu ingin pergi haji juga harus suntik vaksi tertentu mulai dari vaksin meningitis, polio, influenza, hingga demam kuning. Pastikan liburan kamu tetap menyenangkan tanpa harus sakit selama di sana.

Itulah beberapa informasi mengenai hal penting yang harus diingat saat kamu ingin ke luar negeri, Kalau kamu sendiri apa ada rencana untuk ke luarg negeri dalam waktu dekat? Untuk kamu yang akan berlibur di Filipina, Singapura, Vietnam atau Indonesia seperti Jakarta, Semarang, Solo, Malang, Manado, Makassar, Palembang, Banjarmasin, Balikpapan, Pekanbaru, Cirebon, Lampung, Batam, Bogor, Bali, Yogyakarta dan Surabaya, RedDoorz hadir sebagai tempat penginapan murah dengan fasilitas lengkap.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s