Hari Raya Nyepi adalah hari raya umat Hindu yang dirayakan setiap Tahun Baru Saka.  Pada tahun ini, Nyepi dirayakan mulai pukul 06.00 pagi (wita) pada Kamis, 7 Maret 2019 hingga pukul 06.00 malam (WITA) pada Jumat, 8 Maret 2019.

Seperti namanya, hari perayaan ini akan berlangsung hening di mana umat Hindu tidak diizinkan melakukan berbagai rutinitas demi menciptakan suasana damai dan harmonis. Larangan tertera dalam aturan Catur (Brata) Penyepian, yaitu amati karya (tidak bekerja), amati lelungan (tidak bepergian), amati geni (tidak menyalakan api), dan amati lelanguan (tidak bersenang-senang).

Pantangan tersebut tak hanya berlaku bagi orang yang beragama Hindu, tapi juga bagi mereka yang tinggal di daerah mayoritas Hindu. Bali, contohnya. Untuk itu, bagi kamu yang akan berlibur ke Bali, berikut hal yang boleh dan tidak boleh dilakukan saat Nyepi di Bali.

Jangan Berpergian

Kamu diharuskan untuk tidak boleh jalan-jalan ke luar dan tetap tinggal di rumah atau penginapan selama perayaan berlangsung. Jika melanggar, siap-siap diamankan oleh petugas keamanan adat yang berpatroli saat Nyepi.

Jangan Berisik

Untuk menghormati suasana yang tenang, kamu tidak boleh bersuara atau memasang volume terlalu keras, seperti menyalakan TV atau memainkan musik dengan volume yang kencang. Kamu tetap diperbolehkan melakukan kegiatan tersebut asal dengan tingkat suara yang rendah.

Jangan Menyalakan Api dan Lampu Balkon Rumah

Lampu balkon rumah tidak diperkenankan menyala. Nyalakan saja satu atau dua lampu kamar, tapi usahakan agar tidak terlau terang atau tampak dari luar. Bagi kamu yang sedang menginap di hotel dan ingin berjalan di beberapa area, kamu tidak usah takut jalan dalam keadaan gelap karena pihak hotel biasanya menyediakan senter.

Jangan Melakukan Reservasi

Urungkan niat kamu yang ingin mereservasi hotel pada Hari Nyepi. Ini dikarenakan semua operasional wisata dan transportasi ditiadakan menuju hari Nyepi. Lagipula, pariwisata Bali juga meniadakan tiket reservasi pada tanggal Hari Nyepi.

Jangan Selfie dan Menggugah Foto Selfie

Peraturan untuk tidak selfie di jalan, merekam kegiatan Nyepi, dan mengunggahnya ke media sosial sudah disosialisasikan oleh pemerintah setempat. Kegiatan ini dianggap melanggar larangan Catur Brata di antaranya ‘amati geni’ (tidak boleh menyalakan api atau lampu) dan ‘amati lelanguan’ (tidak boleh melakukan kegiatan hiburan). Jika ada yang melanggar peraturan ini akan ditindak tegas oleh desa adat setempat.

 

Yang Boleh Dilakukan

Melihat Bintang

Menyaksikan indahnya taburan bintang di langit dengan mata telanjang adalah kegiatan yang dinanti-nantikan pada malam Hari Nyepi. Kamu akan merasakan suasana magis yang mungkin tidak akan kamu rasakan di hari lainnya. Apalagi, didukung dengan keadaan kota di Bali yang minim polusi.

Menyaksikan Upacara dan Tradisi

Kamu bisa melihat upacara yang dilakukan warga Bali pada Hari Nyepi, seperti upacara Melasti atau tradisi Omed-Omedan. Yang penting kamu tidak melanggar etika sopan-santun di sana dan mematuhi aturan yang berlaku.

Menikmati Fasilitas Hotel

Bagi kamu yang sedang berlibur di hotel, kamu tetap bisa menikmati kegiatan seru selama di hotel. Misalnya, berenang di kolam, menikmati spa, yoga, makan bareng, dan sebagainya selagi kegiatan itu tidak membuat kegaduhan dan tidak terlihat dari luar.

Menggunakan Ambulans

Jika kamu atau rekan atau keluarga mendadak sakit dan butuh pertolongan darurat, segera lapor ke petugas hotel untuk menelpon rumah sakit terdekat. Ambulans termasuk kendaraan yang diperbolehkan beroperasi selama Nyepi.

 

Itulah informasi tentang hal yang boleh dan tidak boleh dilakukan saat Nyepi di Bali. Untuk kamu yang akan berlibur di Singapura, Filipina, Vietnam atau Indonesia seperti Jakarta, Semarang, Solo, Malang, Manado, Makassar, Palembang, Banjarmasin, Balikpapan, Pekanbaru, Cirebon, Lampung, Batam, Bogor, Bali, Yogyakarta dan Surabaya, RedDoorz hadir sebagai tempat penginapan murah dengan fasilitas lengkap.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s