Museum tak melulu menampilkan benda antik bersejarah atau fosil zaman purbakala. Kini, banyak museum menawarkan konsep yang unik agar pengunjung dapat menikmati pengalaman yang berbeda. Salah satunya adalah museum makanan.

Tentu saja makanan bukan sesuatu yang dipajang tanpa ada artinya di museum. Justru, para pengunjung dapat mengenal sejarah makanan, proses pembuatannya, dan yang paling seru ikut mencicipinya. Wisata ini bisa dijadikan konsep smart travelling kamu selanjutnya, RedTraveler. Berikut rekomendasi museum makanan paling enak dari seluruh dunia yang wajib dikunjungi para foodies!

 

Museum Ramen Shin-Yokohama, Jepang

Museum Ramen Shin-Yokohama, Jepang, salah satu museum makanan paling enak dari seluruh dunia
Museum Ramen Shin-Yokohama, Jepang, salah satu museum makanan paling enak dari seluruh dunia

Para pecinta ramen wajib banget ke museum yang berlokasi di Shinyokohama, Jepang ini. Museum yang dibangun pada 6 Maret 1994 ini menjadi surga kuliner ramen yang menghadirkan toko, bar, dan restoran dengan berbagai jenis ramen dan makanan khas Jepang lainnya. Tak hanya itu, kamu bisa mempelajari sejarah pembuatan mie dan melihat koleksi peralatan memasak raumen, baik pada saat pembuatan maupun penyajian.

Museum berkonsep selayaknya food-themed amusement park. Lantai bawah dibuat seperti jalan Tokyo pada tahun 1958 dengan berbagai tempat makan, sedangkan di lantai pertama khusus untuk pengunjung yang ingin mempelajari sejarah dan proses pembuatan mie. Tertarik? Museum dekat dengan stasiun JR Shin-Yokohama, 15-45 menit dari pusat kota Tokyo, tergantung pada metode transportasi.

 

Frietmuseum, Belgia

museum kentang goreng - belgium beer tourism
Frietmuseum, Belgia, salah satu museum makanan paling enak dari seluruh dunia

Belgia dikenal sebagai salah satu penghasil cokelat terbaik di dunia. Tapi, tahukah kamu kalau negara yang terletak di bagian barat benua Eropa ini adalah pelopor kentang goreng? Tidak heran jika terdapat Frietmuseum yang menjadi museum kentang goreng pertama dan satu-satunya di dunia.

Tepatnya di kota Bruges, Frietmuseum dibangun oleh keluarga Cédric dan Eddy Van Belle dan pertama kali dibuka pada tahun 2008. Selain berkesempatan mencicipi kentang goreng, kamu juga bisa belajar tentang sejarah kentang, kentang goreng, resep bumbu kentang goreng, peralatan masak yang digunakan, bahkan sampai teknik membuat kentang goreng yang baik. Pengalaman berkunjung akan didukung dengan suasana museum terasa sangat homey. Jika tertarik mampir, kamu bisa datang museum yang buka setiap hari pukul 10 pagi sampai pukul 5 sore.

 

Museum Kimchi, Korea Selatan

Museum Kimchi, salah satu museum makanan paling enak dari seluruh dunia
Museum Kimchi (Kimchi Field Museum), salah satu museum makanan paling enak dari seluruh dunia

Terletak di Seoul, museum ini khusus dibangun sebagai pusat pengetahuan mengenai kimchi, salah satu jenis asinan sayur hasil fermentasi dengan rasa pedas dan asam. Selain menjadi makanan pokok warga Korea, setiap jenis kimchi juga memiliki makna tersendiri yang menggambarkan hubungan berbeda antara manusia dengan alam.

Maka dari itu, pameran bertuuan untuk menambah wawasan pengunjung mengenai kimchi dengan menjelaskan sejarah kimchi, variasi kimchi berdasarkan wilayah, nilai gizinya, cara pembuatannya, serta pentingnya kimchi bagi budaya dan masakan Korea. Selain itu, pihak museum mengadakan penelitian mengenai kimchi dengan mengumpulkan berbagai data dan statistik. Sejak 1986, Kimchi Field Museum telah membantu pengunjung mendapatkan wawasan tentang lauk tradisional Korea tersebut. Tiap tahunnya, museum berhasil menarik 100.000 pengunjung.

 

Museum Keju Alkmaar

Museum Keju Alkmaar, Belanda, salah satu museum makanan paling enak dari seluruh dunia.
Museum Keju Alkmaar, Belanda, salah satu museum makanan paling enak dari seluruh dunia.

Disebut sebagai Negara Keju, Belanda terkenal sebagai “sesepuh” pengekspor keju sejak abad pertengahan (1700-1800). Sampai saat ini, seluruh wilayah Belanda banyak yang memproduksi keju. Salah satu yang paling populer adalah wilayah Utara Belanda di kota Alkamaar.

Kamu bisa mengunjungi Dutch Cheese Museum di Alkamaar untuk mempelajari lebih lanjut tentang budaya pertanian, perdagangan susu, sampai pembuatan dua keju terkenal Belanda, Edammer dan Gouda. Pengunjung dapat menyaksikan pameran yang interaktif dari tulisan, grafik, gambar, sampai video, dengan dipandu oleh staf dari museum. Tak hanya keju, koleksi juga meliputi artefak, peralatan bersejarah, gambar fotografi, film, dan lukisan. Museum yang juga ramah anak ini terletak di lantai dua dan tiga gedung Cheese Weigh House. Perjalanan dari Amsterdam menuju Alkmaar hanya memakan waktu kurang lebih setengah jam dengan transportasi darat (mobil dan kereta api).

Museum Cologne Chocolate, Jerman

Museum Cologne Chocolate, Jerman, salah satu museum makanan paling enak dari seluruh dunia.

Berada di pelabuhan Rheinau, Museum Cologne Chocolate bisa dikatakan sebagai salah satu museum makanan di dunia yang menawarkan pengalaman wisata paling menarik bagi pengunjung. Terdapat kegiatan tur keliling museum yang apik untuk menambah wawasan kamu mengenai 5.000 tahun sejarah budaya cokelat. Tur ini berlangsung dalam satu atap mulai dari mengunjungi pohon kakao raksasa, melewati rumah kaca tropis setinggi 10 meter, mempelajari bursa saham pasar dunia, hingga pengangkutannya ke pabrik cokelat. Pada akhir tur, kamu akan di bawa untuk mengenal latar belakang dan sejarah Museum Cokelat dan pendirinya, Dr Hans Imhoff, serta kemitraan dengan Lindt & Sprüngli. Tak ketinggalan, di museum ini kamu dapat mencicipi berbagai cokelat lezat dan memproduksi cokelat kamu sendiri.

Nah, kamu sendiri tertarik berkunjung ke museum makanan yang mana? Untuk kamu yang akan berlibur di Singapura, Filipina, Vietnam atau Indonesia seperti Jakarta, Semarang, Solo, Malang, Manado, Makassar, Palembang, Banjarmasin, Balikpapan, Pekanbaru, Cirebon, Lampung, Batam, Bogor, Bali, Yogyakarta dan Surabaya, RedDoorz hadir sebagai tempat penginapan murah dengan fasilitas lengkap.

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.