8 Makanan Khas Probolinggo yang Wajib Kamu Coba!

Tidak hanya memiliki tempat wisata menarik saja, Probolinggo juga memiliki beberapa makanan khas yang pasti enak. Mulai dari makanan berat hingga camilan bisa kamu temuka di Probolinggo. Makanan-makanan tradisional ini juga bisa kamu temukan degan mudah di banyak tempat. Sebagai rekomendasi, untuk kamu yang ingin liburan dan berwisata kuliner berikut beberapa makanan khas Probolinggo yang bisa kamu coba.

Soto Kraksaan

Makanan Khas Probolinggo

Makanan Khas Probolinggo : Soto Krakasan

Soro kraksaan sebenarnya hampir sama dengan soto pada umumnya. Tetapi, yang membedakan soto kraksaan dengan soto lainnya adalah kuahnya yang terbuat dari santan. Selain itu, hal yang terasa spesial dari soto kraksaan adalah ayamnya yang berasal dari ayam jantan. Sebelumnya ayam di masak dengan santan dan ditambahkan dengan serbuk kelapa yang telah disangrai. Lalu, tambahan bahan soto lainnya yang membuat soto kraksaan semakin spesial adalah irisan kentang yang telah dikukus dan tidak ketinggalan kerupuk udang. Di Probolinggo ada beberapa tempat yang bisa kamu sambangi untuk mencicipi soto Kraksaan yaitu di arah utara Masjid Agung Ar Raudlah.

Kepiting Olok

Makanan khas Probolinggi

Makanan khas Probolinggi : Kepiting Olok

Untuk kamu yang suka dengan seafood, kepiting olok nampaknya menjadi menu oke yang bisa kamu cicipi saat ke Probolinggo. Di namakan olok sendiri karena kepiting yang digunakan adalah kepiting masih muda. Untuk cara pembuatan kepitingnya yang hendak disajikan dikukus terlebih dahulu untuk kemudian dipisahkan dari cangkangnya. Tidak hanya kepiting saja, dalam sajian ini juga di campurkan bahan lain, seperti udang dan beberapa bumbu yang dimasukan ke dalam cangkang kepiting. Dengan semua ramuan bumbu tersebut sajian kepiting olok berasa manis gurih dan lembut karena menggunakan kepiting muda.

Ketan Ketarok

Makanan khas Probolinggo

Makanan khas Probolinggo : Ketan Keratok

Makanan khas Probolinggo berikutnya dalah ketan kratok. Bahan yang digunakan dari ketan kratok ini adalah kacang koto. Di Probolinggo biasanya kratok dimasak dengan sayur lodeh dan dicampur juga dengan ketan. Sedangkan, untuk penyajiannya, ketan kratok ditaburi dengan parutan kelapa dan pemanis berupa cairan gula merah. Jadilah, sajian yang satu ini memiliki cita rasa yang gurih, asin serta manis dari gula merahnya.

Nasi Glepungan

nasi glepungan

Makanan Khas Probolinggo : Nasi Glepungan

Menu lainnya yang serupa dengan nasi campur adalah nasi glepungan. Dalam satu porsi nasi glempung kamu akan mendapatkan banyak sekali menu, seperti ikan asin, teahu penyet, tempe, lalapan, sambel hingga nasi glepungan yaitu nasi yang dicampur dengan sari-sari jagung. Semua menu tersebut disajikan dalam dalam satu piring.

Anggur Prabu Bestari

Makanan Khas Probolinggo

Makanan Khas Probolinggo : Anggur Bestari

Tidak hanya makanan olahan saja, makanan khas Probolinggo yang harus kamu coba adalah Anggur Prabu Bestari. Anggur bestari ini menjadi salah satu ikon dari kota Probolinggo sendiri. Adapun tempat pembudidayaan Anggur Prabu Bestari sudah berlangsung selama 80 dekade yang lokasinya berada di jalan Mastrip Desa Wonoasih. Tempat tersebut menjadi salah satu tempat pembudidayaan terbesar yang ada di Probolingo. Anggur Prabu Bestari juga terdiri dari banyak macam jenis dan biasanya dijadikan minuman jus oleh warga setempat.

Nasi Jagung Merpati

Makanan khas Probolinggo

Makanan khas Probolinggo : Nasi Jangung

Untuk kamu yang ingin mencicipi makanan khas probolinggo lainnya yang cukup unik, olahan nasi jagung merpati. Kelezatan dari nasi jagung ini memang patut diperhitungkan karena di Probolinggo, nasi jagung memang merupakan makanan khasnya. Biasanya, nasi jagung disajikan dengan beberapa lauk sehingga bisa juga menjadi pengganti nasi untuk kamu yang sedang diet.

Nasi Campur Nyak Nyong

Makanan Khas Probolinggo

Makanan Khas Probolinggo : Nasi Campur

Banyak makanan lezat yang bisa kamu coba di Probolingo yaitu Nasi Campur Nyak Nyong. Menu makanan ini memang menjadi salah satu yang populer dan favorit karena banyak dicari oleh masyarakat di Probolinggo. Selain disebut sebagai nasi campur Nyak Nyong, sajian ini juga dikenal sebagai Nasi Campung Klenteng. Adapun campuran yang akan kamu temukan di sajian Nasi Campur Nyak Nyong diantaranya adalah empal, serundeng, mie, dendeng yang kemudian disiram dengan kuah santan kental. Harga untuk satu porsi nasi campur ini memang cukup murah yaitu sekitar Rp 12.500 saja per porsinya.

Sirup Pokak

Makanan Khas Probolinggo

Makanan Khas Probolinggo : Sirup Pokak

Tidak hanya makanan berat saja, untuk kamu yang berkunjung ke Probolinggo dan ingin membawa buah tangan untuk dibawa pulang ada sirup pokak. sirup pokak ini dibuat dari bahan utama jahe dan gula merah. Biasanya, sirup pokak disajikan dengan air hangat. Adapun bahan tambahan lainnya yang membuat sirup pokak terasa semakin nikmat adalah kayu manis, pandan, daun jeruk purut hingga cengkeh. Selain menyegarkan, sirup pokak juga memiliki khasiat untuk mengobati masuk angin, meredakan batuk hingga menurunkan kolesterol.

Itulah beberapa informasi mengenai makanan khas Probolinggo yang menarik dicoba. Kalau dari daftar di atas, kamu paling suka makan apa? Untuk kamu yang akan berlibur di Filipina, Singapura, Vietnam atau Indonesia seperti Jakarta, Semarang, Solo, Malang, Manado, Makassar, Palembang, Banjarmasin, Balikpapan, Pekanbaru, Cirebon, Lampung, Batam, Bogor, Bali, Yogyakarta dan Surabaya, RedDoorz hadir sebagai tempat penginapan murah dengan fasilitas lengkap.

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.