Medan terkenal sebagai salah satu destinasi wisata kuliner terbaik di Indonesia. Kotanya yang multi etnis menjadikan pilihan kuliner di sini sangat beragam, termasuk makanan halalnya. Dengan cita rasa yang khas untuk tiap menu, kamu wajib mencoba kuliner halal khas Medan dan rekomendasi tempat makannya.

Lontong Medan

Lontong medan, kuliner halal khas Medan
Lontong medan, kuliner halal khas Medan

Lontong medan merupakan salah satu menu sarapan di kota terbesar ketiga Indonesia ini. Menu terdiri dari lontong, teri kacang, tauco, mie, dan bumbu kacang yang disiram kuah santan gurih nan pedas. Selain dilengkapi dengan kerupuk, biasanya sajian ini ditambahi lauk telur balado atau perkedel. Beberapa rekomendasi wisata kuliner yang menyajikan lontong medan lezat di Medan adalah Lontong Kak Lin, Lontong Bang Iwan, dan Lontong Malam Mbak Atik.

Mie Gomak

mie gomak

“Spaghetti” khas suku Batak ini terdiri dari mie bertekstur tebal dan besar yang diaduk langsung dengan tangan (gomak), serta dimasak menggunakan tungku tradisional. Olahan dari mie gomak bisa dikreasikan sesuai selera, seperti direbus atau digoreng. Jika direbus, mie dicampur dengan kuah lontong. Sementara mie gomak goreng disajikan dengan sambal atau bumbu kacang. Nah, jika kamu benar-benar ingin mencicipi rasa otentik mie gomak yang khas, mampirlah ke kios makanan mie gomak di Pasar Balige.

 

Soto Medan

Soto medan, kuliner halal khas Medan
Soto medan, kuliner halal khas Medan

Tak hanya Bogor dan Jakarta yang menawarkan soto spesial, tapi juga Medan. Uniknya, soto medan menggunakan rempah jintan untuk bumbu kuah santan sehingga menciptakan tampilan kuah yang kental berwarna kuning sedikit kehijauan. Isian soto tidak jauh berbeda dengan soto pada umumnya, seperti telur rebus, suwiran daging ayam, potongan tomat, tauge, bihun, dan sebagainya. Namun, beberapa tempat makan menyajikan soto dengan udang atau sapi. Beberapa tempat makan soto medan yang paling direkomendasikan adalah Soto Kesawan Enak Tenan dan Rumah Makan Sinar Pagi.

 

Rujak Kolam

Rujak Kolam, kuliner halal khas Medan
Rujak kolam, kuliner halal khas Medan

Dinamakan rujak kolam karena pelopor makanan ini berjualan di sekitaran Kolam Deli, Medan. Yang membuat rujak ini khas adalah racikan bumbu rujak terbuat dari kacang yang ditumbuk tidak begitu halus supaya tekstur dan gurihnya kacang masih terasa saat digigit. Racikan kacang diulek dengan gula aren, terasi medan, dan asam jawa. Selebihnya, rujak dilimpahi dengan beragam buah, seperti semangka, nanas, kedondong, jambu glutuk, pepaya, timun, mangga, dan lainnya. Di Medan, kamu wajib banget mencicipinya di Rujak Kolam Takana Juo di sekitar Masjid Raya Al-Mashun.

 

Kari Bihun

kari bihun tobana
Kari Bihun, kuliner halal khas Medan

Makanan halal khas Medan lainnya yang cocok untuk menemani makan siang kamu adalah kari bihun. Bukan hanya perpaduan kari dan bihun, tapi ada juga daging sapi (atau ayam), potongan kikil, dan kentang yang sangat mengunggah selera, apalagi buat kamu yang sedang lapar berat. Tertarik? Rekomendasi tempat makan kari bihun di Medan merupakan Rumah Makan Tabona.

 

Bakso Lembu

Bakso lembu, kuliner halal khas Medan
Bakso lembu, kuliner halal khas Medan

Sesuai namanya, bakso ini tidak terbuat dari sapi seperti pada umumnya, melainkan dari daging lembu. Daging diolah dengan tepung dan rempah-rempah lainnya dan disajikan dengan kuah kaldu. Kamu bisa menikmati keunikkan rasa daging yang kuat dan kuah yang gurih di tempat makan Bakso Amat.

 

Teh Susu Telur

Teh Susu Telur, kuliner halal khas Medan
Teh Susu Telur, kuliner halal khas Medan

Selain makanan, terdapat juga minuman unik yang sehat dan lezat sebagai kuliner khas Medan, yaitu Teh Susu Telur. Diseduh dari teh hitam yang dicampur kuning telur dan nikmatnya susu kental manis. Meski terdapat telur, minuman tidak terasa amis, apalagi jika dinikmati selagi panas. Nah, penyaji teh susu telur yang cukup terkenal di Medan adalah TST Pak Haji.

 

Kolak Durian Medan

Kolak durian medan, kuliner halal khas Medan
Kolak durian medan, kuliner halal khas Medan

Satu lagi sajian penutup khas Medan yang wajib kamu coba, Kolak Durian Medan. Menu umumnya terdiri dari buah durian dengan ketan putih yang dikukus, pisang kepok, jagung manis rebus yang seluruh komposisi disiram gula aren. Tempat terbaik untuk menikmatinya adalah Kolak Durian Nayla.

 

Nah, itulah kuliner halal khas Medan dan tempat rekomendasinya. Untuk kamu yang akan berlibur di Singapura, Filipina, Vietnam atau Indonesia seperti Jakarta, Semarang, Solo, Malang, Manado, Makassar, Palembang, Banjarmasin, Balikpapan, Pekanbaru, Cirebon, Lampung, Batam, Bogor, Bali, Yogyakarta dan Surabaya, RedDoorz hadir sebagai tempat penginapan murah dengan fasilitas lengkap.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s