Jalan-jalan ke Batam terasa kurang lengkap bila tidak mencoba makanan khasnya. Banyak sekali kuliner menarik yang bisa kamu cicipi, mulai dari mie hingga seafood. Nah, sebagai rekomendasi untuk kamu yang ingin mencoba kuliner khas Batam, berikut RedDoorz berikan beberapa informasinya, yuk simak apa saja!

Gong gong

Kuliner khas Batam
Kuliner khas Batam : Gong Gong

Di beberapa daerah, makanan yang satu ini mungkin terdengar sedikit asing, namun di Batam kamu bisa menemukan gong gong dengan mudah di banyak rumah makan atau tempat makan kaki lima. Di Batam, makanan ini diolah dengan cara direbus atau ditumis dengan bumbu khas Batam. Untuk mencicipi satu porsi gong gong, kamu harus merogoh kocek sebesar Rp 25.000 hingga Rp 50.000. Biasanya orang Batam mengonsumsi gong-gong di malam hari sebagai menu makan malam.

Mie Tarempa

Kuliner khas Batam
Kuliner khas Batam : Mie Tarempa

Mie tarempa juga menjadi salah satu kuliner khas Batam yang menarik untuk dicoba. Mie tarempa ini dimasak dengan kering seperti halnya mie goreng tetapi juga bisa dimasak dengan sedikit kuah atau yang dikenal dengan istilah nyemek atau basah. Campuran lain dari mie tarempa cukup beragam yakni dari tauge, telur hingga ikan. Kuliner khas Batam ini semakin lezat jika kamu mengonsumsinya saat masih hangat. Di Batam biasanya mie tarempa dimakan dengan sajian lain, seperti teh O, kopi O dan luti gendang sebagai makanan pembuka.

Mie Lendir

mie lendir

Sajian mie lainnya yang bisa kamu coba adalah mie lendir. Berbeda dengan mie tarempa, mie lendir memiliki cita rasa yang mirip dengan mie aceh. Nama mie lendir berasal dari tekstur kuahnya yang lebih kental daripada kuah mie pada umumnya. Untuk campurannya sendiri, mie lendir dicampur dengan ayam, tauge, cape udang dan tambahan bawang goreng sehingga rasanya lebih sedap.

Sop Ikan

Kuliner Khas Batam
Kuliner Khas Batam : Sop Ikan Batam

Berikutnya, ada menu seafood khas Batam yang bisa kamu coba yaitu sop ikan batam. Tidak seperti sop ikan kebanyakan di tempat lain, di Batam, sop ikan dimasak dengan bumbu spesial. Bahan dasar dari sop ikan batam adalah ikan tenggiri yang dicampur dengan irisan sawi putih dan tomat. Untuk kuahnya, berupa kuah bening dengan tambahan ebi sangrai. Rasanya mirip dengan garang asem yang merupakan makanan  khas pulau Jawa.

Mie Sagu

Kuliner khas Batam
Kuliner khas Batam : Mie Sagu

Mie sagu  termasuk unik karena selain bahan dasarnya sagu, ukurannya pun lebih besar dari mie kebanyakan. Aroma sagu dari kuliner khas Batam ini juga pekat sehingga menambah cita rasanya semakin sedap. Untuk pengolahannya mie sagu disajikan dengan cara digoreng. Kamu bisa menemukan mie sagu di banyak tempat seperti restoran di Batam.

Luti Gendang

luti gendang
Kuliner khas Batam : Luti Gendang

Untuk kamu yang suka dengan roti-rotian, di Batam ada yang namanya luti gendang. Makanan yang satu ini mirip dengan kroket. Luti gendang memiliki isian yang unik yakti ikan yang dimasak dengan campuran bumbu khas. Di Batam kamu bisa menemukan luti gendang dengan mudah di banyak tempat, terutama di pedagang kaki lima pinggir jalan. Kamu bisa memakan luti gendang selagi masih hangat untuk merasakan kerenyahannya.

Bingka Bakar

bingka bakar.jpg

Makanan yang satu ini sebenarnya merupakan makanan khas Melayu. Bentuknya unik seperti bunga. Bingka bakar memiliki beberapa varian rasa mulai mulai dari keju, cokelat, wijen atau pandan. Untuk tekstur kuenya, bingka bakar mirip dengan bika ambon, namun yang membedakan keduanya hanyalah cara memasaknya. Bingka bakar termasuk makanan yang cukup awet untuk disimpan, sehingga sering dijadikan oleh-oleh.

Kek Pisang Villa

Kuliner khas Batam
Kuliner khas Batam: Kek PIsang Villa

Camilan berikutnya yang bisa kamu coba di Batam adalah kek pisang villa. Kue ini juga sering dijadikan oleh-oleh seperti hanya bingka bakar karena cukup awet selama beberapa hari. Seperti namanya, kek pisang villa menggunakan bahan dasar pisang. Kek pisang villa disajika dengan berbagai varian pilihan rasa mulai dari topping cokelat, kacang, hingga keju. Kamu bisa dengan mudah menemukan kek pisang villa di banyak toko oleh-oleh atau pun toko kue yang ada di Batam.

Itulah beberapa kuliner khas Batam yang menarik untuk kamu coba. Kalau favorit kamu sendiri apa nih? Untuk kamu yang akan berlibur di Filipina, Singapura, Vietnam atau Indonesia seperti Jakarta, Semarang, Solo, Malang, Manado, Makassar, Palembang, Banjarmasin, Balikpapan, Pekanbaru, Cirebon, Lampung, Batam, Bogor, Bali, Yogyakarta dan Surabaya, RedDoorz hadir sebagai tempat penginapan murah dengan fasilitas lengkap.

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.