Jembatan Penyeberangan Orang (JPO) adalah fasilitas pejalan kaki untuk menyeberang jalan yang lebar atau jalan tol. Selain itu, JPO juga berguna untuk menghubungkan pejalan kaki ke tempat pemberhentian bus (seperti busway). Makanya, JPO yang dirancang dengan baik dan nyaman pasti akan sangat memudahkan para penggunanya.

Baru-baru ini, JPO di Jakarta tak hanya dibuat secara fungsional, tapi juga dirancang estetik. Gubernur DKI Jakarta Anies Rasyid Baswedan merevitalisasi beberapa JPO  di Jakarta, di antaranya yang sudah bisa digunakan adalah Bundaran Senayan, Gelora Bung Karno (GBK), Dukuh Atas. Uniknya, masing-masing desain jembatan memiliki desain yang berbeda dan menarik. Ini dilakukan dengan tujuan untuk memperindah tatanan kota, memberikan pengalaman dan kesan baru bagi para pejalan kaki, bahkan menjadi ikon bagi Ibu Kota Indonesia.

Untuk menjawab rasa penasaran kamu, berikut RedDoorz tampilkan JPO Instagramable di Jakarta yang lagi hits ini.

 

Dukuh Atas

JPO Instagramable di Dukuh Atas
JPO Instagramable di Dukuh Atas

JPO di Dukuh Atas dirancang dengan unik dan mencolok. Dari kejauhan, kita dapat melihat jembatan dengan motif seperti sarang lebah berwarna monochrome hitam putih. Landasan pijakan kaki masih berupa lempengan besi dilengkapi pegangan besi berwarna hitam. Dengan atap yang menutupi seluruh jembatan, pejalan kaki akan leluasa berjalan tanpa takut kena hujan atau teriknya matahari. JPO menghubungkan Dukuh Atas sisi timur dan Halte Transjakarta Dukuh Atas 2 yang melayani koridor 6 Dukuh Atas-Ragunan dan koridor 4 Pulogadung-Dukuh Atas.

 

Bundaran Senayan

JPO Instagramable di Bundaran Senayan
JPO Instagramable di Bundaran Senayan

Tampak jauh, JPO Bundaran Senayan terlihat mencolok dengan kerangka jembatan berwarna putih dan berbentuk kotak memanjang. Sensasi yang unik akan dirasakan ketika pengunjung berjalan di jembatan ini pada malam hari saat lampu menyala berwarna campuran biru tua dan ungu neon. Dengan lantai kayu yang nyaman dan terlihat elegant, kamu bakal betah lama-lama di sini. JPO Bundaran Senayan juga dilengkapi lift untuk mempermudah para lanjut usia, ibu hamil, anak-anak, dan penyandang disabilitas untuk naik dan turun, namun baru bisa digunakan sekitar akhir Mei. Jembatan terintegrasi dengan MRT, pedestrian di jalan Jenderal Sudirman, dan halte Transjakarta.

 

Gelora Bung Karno

JPO Instagramable di Gelora Bung Karno (GBK)
JPO Instagramable di Gelora Bung Karno (GBK)

Menurut RedDoorz, JPO GBK memiliki desain yang paling terlihat futuristik dan dinamis, terinspirasi dari semangat warga Jakarta. Dari jauh, kamu bisa melihat bentuk jembatan dengan kerangka berwarna putih yang dipasang secara spiral, sehingga memberikan kesan visual 3D. JPO semakin terlihat mewah dengan atap transparan, lantai yang terbuat dari kayu dan pegangan kanan kiri berupa besi. JPO GBK paling keren kalau dilihat malam hari karena lampu akan menyala warna-warni dan makin mempercantik desain JPO.

 

Nah, RedTraveler tertarik menjajal JPO Instagramable di atas? Jangan lupa ya untuk tetap menjaga dan tidak merusak keindahan JPO. Untuk kamu yang akan berlibur di Filipina, Singapura, Vietnam atau Indonesia seperti Jakarta, Semarang, Solo, Malang, Manado, Makassar, Palembang, Banjarmasin, Balikpapan, Pekanbaru, Cirebon, Lampung, Batam, Bogor, Bali, Yogyakarta dan Surabaya, RedDoorz hadir sebagai tempat penginapan murah dengan fasilitas lengkap.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s