Jakarta kini memiliki moda transportasi baru yaitu Mass Rapid Transit atau MRT, yang berfungsi untuk mengurangi kemacetan Jakarta. Saat ini, MRT baru memiliki satu rute yaitu melintasi Lebak Bulus hingga Bundaran HI dengan jarak 15,7 km dan melewati 13 stasiun. Diharapkan rute ini akan melayani 212,000 penumpang setiap harinya. Selanjutnya, akan ditambah rute baru dari Bundaran HI hingga Kota. Tahap uji coba telah berlangsung pada tanggal 12 hingga 24 Maret 2019 dan masyarakat sangat antusias menyambut MRT. Nah, buat kamu yang penasaran, berikut RedDoorz berikan tata cara naik MRT agar perjalananmu lebih menyenangkan.

Perhatikan Jadwal Perjalanan dan Install Aplikasi MRT

Cara Naik MRT
Cara Naik MRT : Jalur peta MRT

Sebelum naik MRT, cobalah untuk mengecek jadwal keberangkatannya terlebih dahulu di jakartamrt.co.id atau di aplikasi yang bisa kamu unduh di hpmu. Cara ini akan memudahkan kamu untuk memprediksi waktu keberangkatan. Selain itu, kamu juga harus mengetahui perkiraan waktu untuk mencapai stasiun tujuan. Rata-rata perjalanan antar stasiun memakan waktu sekitar 2 hingga 3 menit. Pada waktu sibuk, kereta akan tiba setiap 5 menit.

Memiliki Kartu Jelajah MRT

Cara Naik MRT
Cara Naik MRT : Kartu Multi Trip dari Jakartamrt.com

Setelah mengetahui jadwal keberangkatan kereta, kamu harus memiliki tiket jelajah MRT dengan saldo yang cukup. MRT menawarkan dua jenis kartu jelajah yaitu single trip dan multi trip, mirip seperti kartu commuter line. Kedua tiket tersebut bisa kamu dapatkan di vending machine, mesin penjual tiket atau di gerai tiket terdekat.

Antrilah di Tempat yang Sudah Diberi Tanda

Cara naik MRT Jakarta
Cara naik MRT Jakarta : Pertatikan tanda naik dan turun

Setelah kamu sampai di peron, kamu perlu  memperhatikan tanda-tanda yang sudah tersedia agar tidak mengganggu kenyamanan penumpang lain. Tanda panah berwarna kuning merupakan tempat mengantre bagi penumpang yang ingin naik, sedangkan yang berwarna hijau disediakan bagi yang ingin turun dari kereta. Jangan sampai tertukar ya, dan ingat selalu dahulukan penumpang yang turun.

Jangan Meletakkan Barang Bawaanmu

Cara Naik MRT Jakarta
Cara Naik MRT Jakarta : Jinjinglah barang bawaanmu

Kalau kamu membawa tas atau barang bawaan berukuran besar, kamu tidak bisa meletakkannya karena di MRT tidak disediakan bagasi di atas kursi. Bila terpaksa membawa barang atau tas berukuran besar, kamu harus membawa atau menjijingnya dan pastikan kamu tidak mengganggu penumpang lainnya

Perhatikan Tata Krama di Dalam Kereta

WhatsApp Image 2019-03-25 at 16.49.23
Cara Naik MRT Jakarta : Perhatikan tempat duduk dan berdiri

Di dalam MRT, kamu wajib memperhatikan di mana kamu harus duduk. Jangan sampai kamu duduk di bangku prioritas yang diperuntukkan bagi lansia, wanita hamil, orang yang membawa anak kecil atau orang berkebutuhan khusus. Selain itu, jangan berdiri di depan pintu karena akan mengganggu arus keluar masuk penumpang. Kamu juga tidak boleh makan, minum dan merokok di dalam kereta lho, karena selain mengotori, ketiga hal itu juga dapat mengganggu kenyamanan penumpang lain.

Perhatikan Keamanan Selama di Area Kereta

Cara naik MRT Jakarta
Cara naik MRT Jakarta : Perhatikan Keamanan

Jika kamu melihat ada orang atau barang yang mencurigakan, segeralah melapor petugas keamanan. Kemudian bila kamu melihat barang yang tertinggal, kamu juga bisa melaporkannya ke pusat informasi. Di dalam MRT juga tersedia intercom agar kamu bisa segera melapor bila terjadi keadaan darurat.

Selalu Jaga Kebersihan

Cara Naik MRT Jakarta
Cara Naik MRT Jakarta : Perhatikan Peraturan

Di manapun kamu berada, tetaplah berusaha untuk terus menjaga kebersihan. Buanglah sampah di tempat sampah yang telah disediakan. Selain itu, mencoret-coret area MRT atau dalam MRT termasuk dalam vandalisme yang dilarang. Jagalah fasilitas umum agar dapat selalu memberikan kenyamanan bagi masyarakat.

Itulah sedikit informasi untuk menikmati MRT di Jakarta. Sudahkah kamu mencobanya? Untuk kamu yang akan berlibur di Filipina, Singapura, Vietnam atau Indonesia seperti Jakarta, Semarang, Solo, Malang, Manado, Makassar, Palembang, Banjarmasin, Balikpapan, Pekanbaru, Cirebon, Lampung, Batam, Bogor, Bali, Yogyakarta dan Surabaya, RedDoorz hadir sebagai tempat penginapan murah dengan fasilitas lengkap.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s