Siapa sih yang tidak suka kulineran? Selain mengenyangkan perut dan memanjakan lidah, berkuliner dapat membuka wawasan terhadap sajian unik yang ada di sekeliling kita. Nah, sayangnya, anggaran kuliner yang terbatas kerap kali menjadi hambatan. Padahal, banyak cara untuk bisa makan-makan enak tanpa boros. Untuk itu, RedDoorz berikan tips jitu kuliner hemat seharian biar makin berkesan!

 

Tentukan Wisata Kuliner dan Anggarannya

Dengan menentukan wisata kuliner yang ingin dituju, kamu akan lebih mudah mengetahui harga menu dan memperkirakan anggaran yang dikeluarkan. Agar pengalaman berkuliner semakin mantap, carilah kuliner jalanan yang sudah direkomendasikan banyak orang karena sajiannya yang lezat dan harga menu cukup terjangkau (karena tidak kena pajak).

Ajak Teman

Cara paling mudah dan seru agar kuliner hemat seharian adalah dengan mengajak teman. Kemudahannya adalah kamu dan teman bisa membeli menu yang berbeda dan saling mencicipi. Jika Jadi, kamu tidak perlu membeli beragam menu untuk diri sendiri hanya di satu tempat kuliner. Selain itu, kamu bisa patungan dengan teman untuk membayar menu. Jika memutuskan untuk jelajahi wisata kuliner di banyak tempat, sebaiknya pesan makanan tidak usah terlalu banyak agar perut masih “lowong” ketika makan di tempat lain.

Eksplor Wisata Kuliner di Satu Wilayah

Bagi kamu yang tidak membawa kendaraan pribadi, kulineran di kawasan yang sama memudahkan kamu untuk eksplor berbagai destinasi tanpa harus menggunakan transportasi umum. Carilah wilayah yang menjadi pusat wisata kuliner sehingga kamu bisa mencicipi berbagai sajian menarik dengan berjalan kaki. Contohnya, kawasan Gondangdia di Jakarta Pusat, Gang Aut di Bogor, Pasar Lama di Tangerang, dan sebagainya.

Bijak Memilih Transportasi

Jika memang wisata kuliner berjarak cukup jauh dan kamu terlalu lelah berjalan kaki, kamu pasti membutuhkan transportasi. Masing-masing transportasi memiliki nilai plus dan minus sendiri. Transportasi umum biasanya lebih murah dari transportasi online, tapi tergantung kondisi. Misalnya, kamu pergi bersama enam orang menggunakan transportasi online dengan harga perjalanan jarak dekat sekitar Rp 15.000. Jika dibagi enam, tiap orang hanya membayar Rp 2.500.  Sementara kalau naik transportasi umum kamu bisa membayar sekitar Rp 3.000 – Rp 4.000 per orang. Bijaklah dalam memilih transportasi yang tepat untuk kuliner hemat seharian!

Pastikan Catat Pengeluaran

Saking asyiknya kulineran, biasanya kita suka lupa mencatat budget yang dikeluarkan tiap makan di suatu destinasi. Akibatnya, kita sulit mengontrol pengeluaran yang sudah ditentukan dari awal dan kebingungan dalam membagi rata dana patungan dengan teman. Untuk itu, simpanlah struk dan catat pengeluaran setiap membeli makanan (termasuk pajak jika ada) agar tetap terkontrol.

Manfaatkan Promo

Kini, banyak tempat makan yang bekerja sama dengan brand tertentu untuk memberikan promo pada pelanggan. Misalnya, aplikasi dana virtual. Promo yang diberikan biasanya berupa cashback atau diskon hingga 60% untuk tiap transaksi dengan menggunakan smartphone. Nah, yang kamu perlu lakukan adalah bandingkan promo mana yang paling menguntungkan dan selalu membaca ketentuan yang berlaku. Jangan sampai karena terpikat promo malah jadi rugi bandar!

 

Itulah beberapa informasi mengenai tips jitu kuliner hemat seharian. Untuk kamu yang akan berlibur di Filipina, Singapura, Vietnam atau Indonesia seperti Jakarta, Semarang, Solo, Malang, Manado, Makassar, Palembang, Banjarmasin, Balikpapan, Pekanbaru, Cirebon, Lampung, Batam, Bogor, Bali, Yogyakarta dan Surabaya, RedDoorz hadir sebagai tempat penginapan murah dengan fasilitas lengkap.

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.