Pontianak terkenal dengan banyak tempat wisatanya yang menarik untuk kamu kunjungi. Mulai dari keraton hingga pantai, semua bisa kamu nikmati sambil melepas penat dengan harga yang terjangkau. Penasaran? Yuk simak rekomendasi dari RedDoorz!

Keraton Kadriah

Tempat Wisata di Pontianak
Tempat Wisata di Pontianak : Keraton Kadriah

Keraton Kadriah dibangun pada tahun 1772 oleh Sultan Syarif Abdurahman yang merupakan sultan pertama di Pontianak. Bangunan ini terlihat megah dengan kearifan lokalnya, yaitu dengan warna-warna menarik. Bahan yang digunakan untuk membangun keraton ini pun istimewa yaitu kayu belian yang terkenal dengan kekokohannya.

Jika kamu berjalan-jalan di pelataran keraton, kamu akan melihat sebuah meriam kuno yang merupakan peninggalan Portugis dan Jepang. Bila kamu masuk ke dalamnya, kamu akan menemukan singgasana sultan serta permaisuri. Selain itu, ada juga foto-foto lengkap dengan pakaian dan koleksi dari sultan. Uniknya di sini kamu akan menemukan sebuah Al Quran yang ditulis sendiri oleh Sultan Syarif Abdurrahman Alqadrie.

Masjid Jami Pontianak

Tempat Wisata di Pontianak
Tempat Wisata di Pontianak : Masjdi Jami Pontianak

Di Pontianak, masjid ini dikenal sebagai Masjid Sultan Syarif Abdurrahman. Masuk ke dalam masjid kamu akan melihat empat pilar utama yang terbuat dari kayu belian. Setiap tiang yang ada di sini berukuran 0,5 meter. Untuk kapasitasnya, Masjid Jami Pontianak bisa menampung hingga 1500 jemaah. Menariknya, masjid ini dibangun dengan model rumah panggung untuk menghindari banjir saat Sungai Kapuas sedang meluap. Jaraknya hanya 200 meter saja dari Keraton Kadriah, jadi setelah puas melihat keraton kamu bisa mampir ke sini.

Taman Alun-Alun Kapuas

Tempat Wisata di Pontianak
Tempat Wisata di Pontianak : Alun-Alun Kapuas

Sungai Kapuas menjadi salah satu ikon kota Pontianak, karena itulah sungai ini tidak bisa terlepas dari kehidupan para penduduk yang ada di sana. Sebagai salah satu bentuk kebanggaan warga Pontianak dengan sungai ini, didirikanlah Taman Alun-alun Kapuas. Hingga sekarang, Sungai Kapuas masih digunakan sebagai jalur transportasi air dan tepian sungainya dimanfaatkan untuk menjadi ruang rekreasi umum.

Taman Alun-Alun Kapuas akan ramai pada sore dan malam hari. Lokasinya berada tepat di depan kantor walikota. Dengan luas sekitar 3 hektar, kamu akan menemukan sebuah tugu ikonik yaitu Tugu Khatulistiwa. Di sini, kamu bisa bersantai, duduk di bangku taman dan menikmati kuliner yang ada di sekitarnya.

Pantai Pasir Panjang

Tempat Wisata di Pontianak
Tempat Wisata di Pontianak : Pantai Pasir Panjang

 

Selain bangunan unik, di Pontianak kamu pun bisa menikmati keindahan alam di Pantai Pasir Panjang. Untuk masuk ke sini, kamu akan dikenakan biaya masuk sebesar Rp 10.000. Dengan harga tersebut kamu bisa menikmati pantai berpasir putih dan air lautnya yang jernih. Lokasi dari Pantai Pasir Panjang berada sekitar 17 kilometer dari kota Singkawang. Para wisatawan yang bisa melakukan banyak aktivitas menarik, mulai dari bermain di pinggir pantai, berjemur atau bermain voli.

Museum Kalimantan Barat

museum kalimantan
Tempat Wisata di Pontianak : Museum Kalimantan Barat

Bagi kamu yang ingin mempelajari budaya Kalimantan Barat, terutama Pontianak, kamu bisa berkunjung ke Museum Kalimantan Barat atau lebih dikenal sebagai Museum Negeri Pontianak. Museum ini berlokasi di Jalan Jendral Ahmad Yani. Ada tiga zona yang bisa kamu kunjungi. Pertama, zona yang berisi artefak di Kalimantan Barat, kedua ada bagian yang berisi koleksi benda kerajaan dan yang ketiga berisi kerajinan seni dan budaya suku Dayak.

Di bagian luar museum kamu akan menemukan sebuah taman kecil dengan jembatan kayu yang sering menjadi lokasi foto bagi para pengunjung yang datang. Kamu bisa berkunjung ke museum ini mulai dari pukul 08:00 hingga 16:00 pada hari Selasa hingga Kamis. Sedangkan, pada hari Jumat hingga Minggu Museum Kalimantan Barat buka dari pukul 08:00 hingga 15:00. Perlu diingat, tempat wisata di Pontianak ini akan tutup setiap hari Senin.

Rumah Betang Radak

Rumah-Betang-Radakng
Tempat Wisata di Pontianak : Rumah Betang Radak

Bagi kamu yang tertarik mempelajari budaya suku Dayak berkunjunglah ke Rumah Benteng Radak, Pontianak. Tempat wisata di Pontianak ini merupakan replika dari rumah adat suku Dayak yang ada di Kalimantan Barat. Rumah Betang Radak memiliki panjang sekitar 138 meter dengan lebar sebesar 5 meter dan tinggi 7 meter.  Di dalamnya kamu bisa melihat keindahan arsitektur serta interior dari rumah Dayak.

Itulah beberapa informasi mengenai tempat wisata di Pontianak yang menarik untuk dikunjungi. Kalau kamu sendiri pernah berukunjung ke mana nih? Untuk kamu yang akan berlibur di Filipina, Singapura, Vietnam atau Indonesia seperti Jakarta, Semarang, Solo, Malang, Manado, Makassar, Palembang, Banjarmasin, Balikpapan, Pekanbaru, Cirebon, Lampung, Batam, Bogor, Bali, Yogyakarta dan Surabaya, RedDoorz hadir sebagai tempat penginapan murah dengan fasilitas lengkap.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s