7 Makanan Khas Pontianak yang Wajib Untuk Kamu Coba!

Siapa yang menyangka kalau ternyata Pontianak memiliki banyak sekali kuliner lezat? Berbagai jenis kuliner bisa kamu temukan di sini, mulai dari kuliner tradisional asli hingga campuran dari berbagai budaya. Nah, kamu pasti penasaran kan? Kali ini RedDoorz akan merekomendasikan beberapa makanan khas Pontianak yang harus kamu coba!

Bubur Pedas Khas Pontianak

Makanan Khas Pontianak

Makanan Khas Pontianak : Bubur Pedas

Bicara soal kuliner khas Pontianak, bubur pedas pasti tidak luput dari pembahasan. Di Pontianak, bubur pedas sering dijadikan sebagai menu sarapan. Namun, yang menjadikan bubur pedas ini terasa istimewa adalah bumbu dan campurannya. Dalam satu porsi sajian bubur pedas, kamu akan menemukan campuran seperti daun kesum, daun pakis, rempah-rempah hingga bumbu yang membuatnya menjadi terasa autentik. Berbeda dengan bubur lainnya yang diberi taburan ayam, bubur pedas khas Pontianak disajikan dengan teri goreng. Mengenyangkan dan pastinya sangat bergizi!

Chia Kwe

Makanan khas Pontianak

Makanan khas Pontianak : Chia Kwe

Selain makanan berat seperti bubur kamu juga bisa mencicipi kuliner berupa kue yaitu Chia Kwe.  Makanan yang satu ini merupakan kuliner yang merupakan campuran dari budaya Tionghia. Chia Kwe sendiri terbuat dari kucai, bengkoang, keladi yang direbus dan dicampurkan dengan tepung beras dan tepung tapioka. Campuran tersebut kemudian dikukus, namun tidak jarang juga yang menyajikannya dengan cara digoreng.

Tau Suan

Makanan Khas Pontianak

Makanan Khas Pontianak : Tua Suan

Kuliner berupa camilan lainnya yang bisa kamu coba selama di Pontianak adalah Lek Tau Suan. Makanan yang satu ini terbuat dari kacang hijau yang dikupas. Sama seperti Chia Kwe, Tau Suan juga merupakan makanan yang tercipta dari hasil akulturasi budaya Tionghoa. Selain kacang hijau yang dikupas, Tau Suan juga disajikan dengan  campuran kuah bertekstur kental. Kuah ini terbuat dari gula pasir, pandan dan tepung tapioka. Di tempat asalnya, Tau Suan biasanya disajikan dengan ca kwee goreng.

Sotong Pangkong

Makanan Khas Pontianak

Makanan Khas Pontianak : Sotong Pangkong

Sotong pangkong memang mirip dengan makanan kekinian cumi goreng. Untuk pembuatannya, sotong pangkong sendiri dibuat dengan cara dipanggang. Untuk proses masaknya, cumi-cumi dijemur terlebih dahulu hingga kering setelahnya barulah dipanggang dan ditumbuk hingga teksturnya menjadi lebih empuk.

Sotong pangkong juga bisa disajikan dengan kuah sambal pedas manis dan sambal kacang. Kamu bisa mencicipi sotong pangkong secara langsung atau menikmatinya dengan nasi putih hangat. Tidak hanya pada hari biasa saja, pada bulan Ramadhan, sotong pangkong menjadi makanan yang akan kamu temukan dengan mudah di Pontianak.

Es Krim Petrus

es krim petrus

Makanan Khas Pontianak : Es Krim Petrus

Saat cuaca sedang panas memang paling enak mencoba es krim. Pontianak memiliki es krim tradisional sendiri bernama es krim petrus. Makanan khas Pontianak ini memiliki beberapa varian rasa yang bisa kamu coba, mulai dari, vanilla, cokelat, strawberry hingga nangka. Tidak hanya memiliki berbagai varian rasa, es krim petrus juga di sajikan dengan beberapa campuran serperti cincau, agar-agar, kacang merah, hingga lelehan gula merah. Uniknya lagi, penyajiannya pun juga cukup unik karena pelanggan bisa memilih untuk penyajiannya mulai dari gelas, cup, roti hingga batok kelapa.

Jorong-Jorong

Makanan Khas Pontianak

Makanan Khas Pontianak : Jorong-Jorong

Tidak seperti makanan lainnya yang ada di Pontianak, jorong-jorong merupakan makanan yang hanya bisa kamu temukan saat bulan Ramadhan. Kamu bisa menemukan banyak pedagang kaki lima menjual jorong-jorong dibanyak tempat saat bulan Ramadhan. Pada dasarnya, jorong-jorong terbuat dari tepung beras dan santan murni. Setelahnya, adonan tersebut dimasukan ke dalam daun pisang yang dibentuk seperti mangkuk. Tidak hanya menyantapnya secara langsung, jorong-jorong juga semakin lezat jika kamu coba dengan gula merah cair. Pokoknya makanan ini sangat pas sekali untuk kamu coba untuk berbuka puasa.

Burung Punai

Makanan khas Pontianak

Makanan khas Pontianak : Burung Punai

Jika kamu lapar dan ingin makanan berat cobalah untuk mencicipi burung punai. Burung punai merupakan burung yang mirip merpati. Di Pontianak, kamu bisa menemukan burung punai dengan mudah karena populasinya sangat banyak. Ada berbagai macam cara penyajian Burung Punai yaitu mulai dari digoreng hingga dibakar. Sebelum melalui proses pemasakan, burung punai juga dibumbui terlebih dahulu sehingga terasa gurih. Untuk rasanya, burun unai juga tersa empuk. Kamu bisa menikmatiknya secara langsung atau jika ingin mengenyangkan kamu bisa menyantapnya dengan nasi hangat.

Itulah beberapa informasi mengenai makanan khas Pontianak yang menarik untuk kamu coba. Kalau kamu sendiri sudah pernah mencoba yang mana nih? Sudahkah kamu mencobanya? Untuk kamu yang akan berlibur di Filipina, Singapura, Vietnam atau Indonesia seperti Jakarta, Semarang, Solo, Malang, Manado, Makassar, Palembang, Banjarmasin, Balikpapan, Pekanbaru, Cirebon, Lampung, Batam, Bogor, Bali, Yogyakarta dan Surabaya, RedDoorz hadir sebagai tempat penginapan murah dengan fasilitas lengkap.

One thought on “7 Makanan Khas Pontianak yang Wajib Untuk Kamu Coba!

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.