Selain memiliki banyak tempat wisata menarik, Bogor juga memiliki banyak makanan lezat. Lokasinya yang tidak jauh dari Jakarta menjadikan Bogor salah satu tujuan wisata populer bagi para pemburu kuliner. Selain lezat dan banyak macamnya, makanan khas Bogor juga terkenal dengan harganya murah. Berikut RedDoorz berikan referensi beberapa makanan khas Bogor yang harus kamu coba!

Toge Goreng

Toge Goreng
Makanan khas Bogor : Toge Goreng

Toge goreng dikenal sebagai salah satu makanan khas Bogor yang sangat populer. Makanan yang satu ini terbuat dari toge, mie telur, dan tahu goreng yang kemudian disiram dengan bumbu tauco dan dicampur dengan oncom.

Doclang

Makanan khas Bogor
Makanan khas Bogor : Doclang

Sekilas doclang mirip dengan ketoprak, tetapi yang membedakannya adalah doclang terbuat dari kentang dan telur rebus yang dicampur dengan ketupat atau lontong. Doclang semakin terasa sedap dengan bumbu kacang dan taburan bawang goreng serta kerupuk. Doclang dijual di berbagai tempat di Bogor dengan harga sekitar Rp 8.000,-.

Bapatong

Makanan Khas Bogor
Makanan Khas Bogor : Bapatong

Nama bapatong merupakan kependekan dari bakso kupat gentong. Bapatong terdiri dari bakso, iga sapi dan ketupat serta disiram dengan kuah kaldu. Biasanya bapatong dijual dengan harga Rp 15.000,-.

Laksa Bogor

Makanan Khas Bogor
Makanan Khas Bogor : Laksa Bogor

Laksa bogor juga harus masuk ke dalam daftar makanan khas Bogor yang harus kamu coba. Ciri khas dari makanan ini adalah kuah oncomnya. Untuk isiannya, laksa bogor terdiri dari ketupat, toge, bihun, daun kemangi, telur rebus hingga tahu kuning. Satu porsi laksa bogor biasa dijual dengan harga sekitar Rp 10.000,-.

Ngo Hiang

Makanan khas Bogor
Makanan khas Bogor : Ngohiang

Ngo hiang merupakan kuliner khas Bogor hasil campuran dari budaya Tionghoa. Bahan utamanya adalah ayam dan udang, namun ada juga yang terbuat dari daging babi. Rasa ngo hiang mirip dengan otak-otak. Nah, karena makanan ini ada yang terbuat dari babi, sebaiknya sebelum memesan kamu bertanya terlebih dahulu ya.

Es Pala

Makanan Khas Bogor
Makanan Khas Bogor : Es Pala

Selain makanan yang lezat, Bogor juga memiliki minuman khasnya yaitu es pala. Sesuai dengan namanya, minuman ini terbuat dari pala yang ditambahkan gula sehingga rasanya manis dan menyegarkan. Umumnya, es pala dijual dengan harga Rp 5.000,-.

Soto Mie

Makanan Khas Bogor
Makanan Khas Bogor : Soto Mie Bogor

Soto mie bogor mungkin menjadi salah satu makanan khas Bogor yang paling sering kita jumpai. Soto mie bogor terbuat dari risol, mie kuning, lobak, daun bawang, daging kentang dan tomat yang disajikan dengan kuah bening serta ditambah emping sebagai pelengkap. Untuk satu porsinya, soto mie bogor dijual dengan harga Rp 15.000,-.

Cungkring

Makanan Khas Bogor
Makanan Khas Bogor : Cungkring

Dalam bahasa sunda, cungkring artinya kikil sapi. Makanan khas Bogor ini terdiri dari kikil dan bagian kepala sapi yang dimasak dengan bumbu kuning yang disiram bumbu kacang yang manis. Biasanya cungkring disajikan dengan ketan putih yang dicampur dengan kelapa yang sudah diparut.

Asinan Jagung Bakar

Makanan khas Bogor
Makanan khas Bogor : Asinan Jagung Bakar

Di Bogor, kamu bisa menikmati asinan yang terbuat dari jagung bakar. Bahannya terdiri dari pipilan jagung yang telah dibakar, kemudian dicampur dengan kuah cabai serta cuka dan gula. Rasanya sangat unik, gabungan dari rasa manis, asam dan pedas. Tambahan bahan lain yang yang ada di asinan ini adalah irisan mentimun yang membuatnya segar.

Untuk kamu yang akan berlibur di Filipina, Singapura, Vietnam atau Indonesia seperti Jakarta, Semarang, Solo, Malang, Manado, Makassar, Palembang, Banjarmasin, Balikpapan, Pekanbaru, Cirebon, Lampung, Batam, Bogor, Bali, Yogyakarta dan Surabaya, RedDoorz hadir sebagai tempat penginapan murah dengan fasilitas lengkap.

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.