Transportasi menjadi hal yang tidak bisa dipisahkan dari traveling. Tanpa transportasi yang memadai, kita akan sulit mencapai tempat tujuan wisata. Selain itu, transportasi yang terintegrasi dengan baik juga bisa jadi pertimbangan dalam menentukan tujuan liburan. Sebagai rekomendasi untuk kamu yang suka traveling dan mengandalkan transportasi umum, berikut RedDoorz informasikan beberapa kota dengan transportasi terbaik.

Hongkong

Kota Dengan Transportasi terbaik di Dunia
Kota Dengan Transportasi terbaik di Dunia : MTR Hongkong

Untuk naik transportasi umum di Hongkong, kamu bisa menggunakan Octopus Card. Kartu ini mirip dengan ezlink di Singapura atau T-Money di Seoul. Cukup dengan kartu ini, kamu tinggal tap saja tanpa repot harus mengeluarkan uang dari dompetmu. Kamu bisa mendapatkan Octopus Card di Train Ticket Counter di bandara dengan harga HKD 150 yang berisikan sekitar HKD 100.

Beberapa transportasi umum di Hongkong yang bisa kamu manfaatkan antara lain Airport Express, yaitu kereta cepat yang mirip dengan MRT di Singapura dan Jakarta. Airport Express bisa kamu temukan saat keluar dari Hongkong International Airport. Selain itu juga ada Airport Bus, dengan harga tiket sekitar HKD 40 dan akan lebih murah saat kamu datang dengan rombongan.

Setelahnya, kamu bisa mencoba MTR yang menghubungkan tiga pulau seperti Kowloon, Lantau Island dan Hongkong Island. Untuk menaiki transportasi ini kamu juga hanya perlu menggunakan Octopus Card atau membeli ticket di MTR Ticket Machine di dalam stasiun.

Berikutnya, Hongkong juga memiliki Tram Ding Ding yang hanya beroperasi di kawasan Hongkong Island. Meski transpotasi ini cukup tua, namun Tram Ding Ding tetap menjadi salah satu alat transportasi favorit para penduduk dan wisatawan di Hongkong untuk berkeliling kota sambil melihat pemandangan sekitar.

Untuk kamu yang ingin menyeberang pulau, kamu bisa menggunakan Star Ferry. Star Ferry menjadi salah satu moda transportasi alternatif yang cukup menarik untuk berkeliling kota.

Zurich

Kota dengan Transportasi terbaik di Dunia
Kota dengan Transportasi terbaik di Dunia : Kereta di Zurich

Setelah kamu tiba di Zurich Airport, kamu bisa menuju pusat kota dengan menggunakan kereta yang datang setiap 10 menit. Kemudian, setelah sampai di arrival hall kamu bisa mengikuti petunjuk untuk turun ke stasiun kereta dan membeli tiket. Ada beberapa pilihan tiket yang bisa kamu beli. Pertama, ada Zurich Day Pass 2 zone yang dijual dengan harga CHF 8. Kartu ini berlaku 24 jam unlimited untuk semua moda transportasi. Sedangkan, Swiss Pass adalah kartu yang bisa kamu gunakan untuk 4,8,15 atau 22 hari secara berurutan. Bahkan dengan kartu ini bisa kamu gunakan untuk  berkeliling Swiss selama 1 bulan penuh.

Sebelum naik kereta, pastikan kamu telah melakukan validasi tiket jika menggunakan tiket normal. Dengan validasi ini tiket kamu akan diberikan cap tanggal dan jam. Sistemnya sendiri sama seperti di Jerman yaitu dengan honour system, yaitu kamu bisa naik kereta tanpa ada barrier gate. Tetapi jika kamu tidak bisa menunjukan kartu yang valid, kamu akan dikenakan denda.

Paris

Kota dengan transportasi terbaik di dunia
Kota dengan transportasi terbaik di dunia : Taksi di Paris

Ada beberapa moda transportasi yang bisa kamu gunakan saat liburan di Paris, yang paling umum adalah taksi. Taksi merupakan salah satu angkutan umum yang paling populer di sana, dan kamu tidak perlu bingung untuk mencarinya karena jumlahnya mencapai 16 ribu lebih dan beroperasi 24 jam. Kalau kamu mau jalan-jalan tanpa tour guide atau traveling dengan cara backpacker, naik taksi menjadi opsi yang tepat.

Transportasi lainnya yang bisa kamu coba saat di Paris adalah sepeda. Di Paris kamu bisa menemukan banyak sekali tempat penyewaan sepeda untuk berkeliling kota. Layanan sepeda ini diberi nama velo en libre service.

Berikutnya, ada metro yang bisa kamu gunakan untuk berkeliling Paris. Untuk naik metro kamu harus membeli tiket terlebih dahulu di mesin penjual tiket otomatis yang ada di stasiun.

Seoul

Subway_in_Seoul,_South_Korea

Saat kamu baru sampai di Seoul, hal pertama yang bisa kamu lakukan adalah membeli T-Money atau Korean Card Tour. Kartu ini bisa kamu gunakan untuk pembayaran segala bentuk transportasi mulai dari bus, subway hingga taksi. Harga kartunya sekitar 4.000 won dan salah satunya bisa dibeli di mini market.

Selanjutnya, kamu bisa men-download aplikasi kereta api yang bernama Subway Korea. Dengan aplikasi ini, kamu tinggal pilih stasiun keberangkatan dan stasiun tujuanmu. Melalui aplikasi ini kamu juga bisa melihat lama perjalanan dan berapa stasiun yang akan kamu lalui. Bahkan jika kamu harus berpindah transportasi umum lainnya, kamu akan diberi tahu di stasiun mana kamu harus transit dan berpindah kereta.

Bus juga menjadi transportasi umum yang bisa kamu gunakan di Seoul. Tetapi sayangnya, petunjuk arah yang disertakan di halte dan bus masih menggunakan hangul saja. Jadi, sebaiknya kamu mengunduh Kakao Bus dan bertanya langsung ke orang sekitar. Menggunakan bus ini juga lebih meringankan bila kamu membawa koper ketimbang kamu harus naik turun tangga saat menggunakan metro.

Itulah beberapa informasi mengenai kota dengan transportasi terbaik di Dunia. Kalau kamu sendiri paling suka berkunjung ke negara mana nih? Untuk kamu yang akan berlibur di Filipina, Singapura, Vietnam atau Indonesia seperti Jakarta, Semarang, Solo, Malang, Manado, Makassar, Palembang, Banjarmasin, Balikpapan, Pekanbaru, Cirebon, Lampung, Batam, Bogor, Bali, Yogyakarta dan Surabaya, RedDoorz hadir sebagai tempat penginapan murah dengan fasilitas lengkap.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s