Transportasi yang terintergrasi dan mudah untuk diakses menjadikan suatu kota akan banyak dikunjungi wisatawan. Kemudahan ini menjadi daya tarik tersendiri bagi para wisatawan yang ingin berkunjung. Sebagai rekomendasi untuk kamu, berikut RedDoorz akan membahas mengenai kota dengan transportasi terbaik di dunia. Yuk simak apa saja!

London

Kota Dengan Transportasi terbaik di dunia
Kota Dengan Transportasi terbaik di dunia : London

Ada berbagai macam tipe transportasi yang bisa kamu temukan di London, mulai dari sepeda, taxi hackney, tube atau kereta bawah tanah, DLR atau kereta di atas tanah, hingga bus tingkatnya yang ikonik. Semua transportasi tersebut, tentunya, tergantung dari bagaimana kamu ingin menikmati liburan serta budget yang kamu miliki.

Di London, sepeda menjadi salah satu transportasi umum terbaru yang disediakan pemerintah setempat. Sepeda yang ada di sini bisa kamu sewa selama 90 menit secara gratis. Jika kamu ingin naik sepeda keliling London dengan leluasa bisa menyewa sepeda di Barclays Cycle Hire, namun sebelum menyewa kamu harus menjadi member terlebih dahulu melalui situs barclayscyclehire.tfl.gov.uk. Kamu tidak perlu khawatir karena harga sewa sepeda di sini sangatlah terjangkau.

Ketika kamu di London, sempatkan waktu untuk mencoba bus tingkatnya. Bus ini bisa kamu temukan di hampir setiap sudut kota London dan beroperasi selama 24 jam penuh. Sebelum naik bus, kamu perlu mengisi kartu oyster terlebih dahulu karena harganya akan lebih murah dibandingkan jika kamu membeli personal tiket.

Taxi hackney juga bisa menjadi pilihan untuk kamu yang ingin dipandu untuk mengunjungi tempat-tempat populer di London. Dengan bentuknya yang hitam dan desainnya yang unik, kamu akan berkeliling ke tempat-tempat tujuan pilihanmu di London dan dipandu oleh pengemudi.

Singapura

MRT Singapura
Kota dengan transportasi terbaik di Dunia : MRT Singapura

Singapura menjadi negara favorit yang cukup banyak dikunjungi oleh wisatawan asal Indonesia. Singapura telah memiliki sistem transportasi yang sangat nyaman dan terintegrasi. Selain itu, kamu juga tidak perlu khawatir berkeliling kota di sini, karena harga tiket transportasinya terjangkau. Jika kamu baru datang ke Singapura dan ingin berkunjung ke tempat-tempat wisata populer di negeri singa putih ini, gunakanlah MRT. Ada beberapa jalur populer yang bisa kamu lalui saat menggunakan MRT yaitu North East Line (Garis Ungu), East West Line (Garis Hijau) dan Downtown Line (Garis Biru).

Untuk pembayarannya, kamu bisa menggunakan uang cash atau kartu yang bisa dibeli di seluruh stasiun MRT. Bagi kamu yang menggunakan uang cash bisa membeli tiket menggunakan vending machine. Setelah memilih tujuan dan jumlah tiketnya, nanti kamu akan memperoleh sebuah tiket single journey ticket.

Nah untuk kamu yang tidak ingin repot mengeluarkan uang cash berkali-kali ada STP (Singapore Tourist Link) dan EZ –Link. Untuk EZ-Link kamu harus mengisi saldo terlebih dahulu. Tetapi, biasanya kartu yang kamu beli telah terisi saldo kok. Bagi kamu yang mungkin hanya berkeliling Singapura selama 3 hari saja, STP memiliki unlimited amount yang bisa kamu gunakan untuk naik transportasi umum di Singapura. Kartu tersebut bisa kamu temukan di terminal 2 Changi Airport atau stasiun MRT.

Stockholm

tunnelbana.png

Sebelum kamu berkeliling Stockholm, kamu bisa menentukan tujuanmu terlebih dahulu dengan mengeceknya langsung ke website resmi SL (perusahan yang mengurus moda transportasi di Stockholm). Selain itu, kamu juga bisa mengunduh peta metro train dan commuter train terlebih dahulu. Ada beberapa pilihan transportasi yang bisa kamu gunakan di Stockholm, seperti Metro atau yang sering disebut juga seagai Tunnelbana.

Untuk mencari stasiun T-Bana ini tidaklah sulit. Kamu hanya perlu mencari logo T besar yang ada di setiap stasiun. Sedangkan, untuk naik T-bana para penumpang harus masuk terlebih dahulu ke platform dengan melewati pintu tiket. Jika kamu sudah memiliki kartu, cukup tap kartu tersebut untuk kemudian masuk ke platform. Tetapi, jika kamu ingin membeli tiket sekali jalan saja, kamu bisa membelinya dari mesin tiket atau petugas di loket.

Tibanya T-bana di setiap stasiun sudah terjadwal dan sangat tepat waktu. Jadi, jangan sampai kamu ketinggalan kereta saat ingin naik di sini. Ada lagi transportasi yang mirip dengan T-bana yaitu commuter train. Hal yang membedakan T-bana dengan commuter train adalah jalurnya yang hanya melewati pinggir-pinggir Stockholm.

Sama dengan stasiun T-Bana, stasiun commuter train mudah ditemukan dengan logo berupa J besar. Sedangkan, kamu yang ingin merasakan sensasi lain untuk berkeliling Stockholm, kamu bisa menggunakan feri. Tapi, perlu kamu tahu kalau tidak semua feri di Stockholm bisa menggunakan kartu SL karena hanya feri dengan logo SL saja yang bisa digunakan dengan kartu SL.

Itulah beberapa informasi mengenai kota dengan transportasi terbaik (part 2). Kalau pengalaman kamu sendiri naik kereta di negara lain bagaimana? Untuk kamu yang akan berlibur di Filipina, Singapura, Vietnam atau Indonesia seperti Jakarta, Semarang, Solo, Malang, Manado, Makassar, Palembang, Banjarmasin, Balikpapan, Pekanbaru, Cirebon, Lampung, Batam, Bogor, Bali, Yogyakarta dan Surabaya, RedDoorz hadir sebagai tempat penginapan murah dengan fasilitas lengkap.

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.