Cara Nyoblos di Luar Negeri

Mau ikut pemilu, tapi sedang berada di luar negeri? Tenang saja. Pemerintah sudah menetapkan tiga metode pemilihan untuk memudahkan warga negara Indonesia (WNI) dapat menyumbang suara pada Pemilu 2019 ini.

Pertama, datang ke Tempat Pemungutan Suara (TPS) yang berada di KBRI. Nah, jika alamat tempat tinggal kamu jauh dari kantor KBRI, kamu bisa mengikuti cara kedua, yaitu melalui Kotak Suara Keliling (KSK). Nantinya, TPS dikelilingkan di tempat warga pada jam yang sudah ditentukan.

Cara terakhir adalah dengan menggunakan pos. Para warga yang tinggal di pelosok atau daerah yang sulit terjangkau akan dikirimkan surat suara untuk dicoblos. Surat suara sudah disertai amplop dan perangko. Setelah itu, warga dapat mengirim kembali surat suara yang sudah dicoblos ke Panitia Pemilihan Luar Negeri (PPLN).

Salah satu cara nyoblos di luar negeri: dengan kotak suara keliling

Salah satu cara nyoblos di luar negeri: dengan kotak suara keliling

Perlu diingat kalau pemungutan suara di luar negeri dilakukan lebih awal daripada di Indonesia, yaitu pada tanggal 8-14 April 2019. Hal ini dilakukan untuk meningkatkan partisipasi WNI di luar negeri agar datang ke TPS. Namun, hasil perhitungan suara tetap dilakukan pada tanggal yang sama seperti pemilu di Indonesia, yakni tanggal 17 April 2019.

Tak hanya kegiatan menyoblos saja, acara pemilu di luar negeri kabarnya akan dikemas dengan menarik oleh beberapa kantor perwakilan, seperti menyelipkan kegiatan gathering, pagelaran budaya atau musik, dan suguhan kuliner khas nusantara. Nah, jadi tidak ada alasan kamu golput ya, RedTraveler! Selamat memilih!

cara nyoblos di luar negeri

Cara nyoblos di luar negeri.

Oh iya, untuk kamu yang akan berlibur di Filipina, Singapura, Vietnam atau Indonesia seperti Jakarta, Semarang, Solo, Malang, Manado, Makassar, Palembang, Banjarmasin, Balikpapan, Pekanbaru, Cirebon, Lampung, Batam, Bogor, Bali, Yogyakarta dan Surabaya, RedDoorz hadir sebagai tempat penginapan murah dengan fasilitas lengkap.

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.