Berkunjung ke Madiun kamu jangan lupa untuk mencicipi kulinernya. Selain terkenal dengan pecelnya, Madiun juga memiliki banyak pilihan kuliner lain yang tidak kalah lezat. Untuk kamu yang ingin berlibur dan berwisata kuliner di Madiun, berikut RedDoorz ingin memberikan sedikit rekomendasi makanan untuk kamu coba. Yuk simak apa saja!

Madumongso

Makanan Khas Madiun
Makanan Khas Madiun : Madumongso

Berbahan dasar Ketan Hitam yang diolah menjadi tape dengan proses fermentasi, Madumongso menjadi makanan khas Madiun yang banyak digemari. Jika digambarkan makanan yang satu ini memang mirip dengan dodol. Hal yang membedakan dodol dengan makanan ini adalah penggunaan santan dalam pembuatannya. Dikemas dengan kertas warna-warni juga menjadikan camilan madumongso menjadi sangat menarik. Untuk rasanya sendiri, Madumongso manis sekaligus asam. Kamu bisa dengan mudah menemukan madumongso di banyak toko oleh-oleh yang tersedia di Madiun.

Brem Mirasa

Makanan Khas Madiun
Makanan Khas Madiun : Brem Mirasa

Makanan yang satu ini juga terbuat dari proses fermentasi. Bedanya bahan yang digunakan untuk membuat brem adalah sari ketan. Kamu tidak perlu takut kalau Brem ini tidak halal karena menggunakan beras ketan yang masih segar yakni yang belum menjadi tape. Untuk teksturnya sendiri juga cukup unik yakni garing, tetapi akan meleleh di mulut saat kamu memakannya. Selain itu, brem juga memilik cita rasa yang unik yakni manis dan cenderung ada aroma alkohol karena hasil ferementasi dari sari ketan tersebut. Sekarang tersedia banyak sekali varian rasa brem yang bisa kamu coba mulai dari original, keju, cokelat, stroberi dan masih banyak lagi yang lainnya.

Nasi Pecel Madiun

Makanan Khas Madiun
Makanan Khas Madiun : Nasi Pecel Madiun

Nasi Pecel Madiun memang menjadi makanan yang paling populer dan banyak dikenal sebagai makanan khas Madiun. Di daerah Jawa Timur memang banyak sekali jenis pecel, tetapi yang membedakan nasi pecel Madiun dengan nasi pecel lainnya adalah pengunaan kembang turi yang merupakan sejenis lalapan berwarna putih yang sering dijadikan bahan masakan masayarakat di Jawa Timur.

Sedangkan, untuk lauknya sendiri bisanya nasi pecel Madiun disajikan juga dengan rempeyek atau tempe. Tetapi, untuk lauk lainnya kamu bisa memilih jenis lain mulai dari ikan, ayam goreng, sate telur puyuh, hati ampela, hingga telur dadar. Setelah semua bahan tersaji barulah semuanya disiram dengan sambal kacang yang terbuat dari kacang tanah, cabai, jahe, kunyit dan gula aren.

Soto Kutilang Madiun

Makanan Khas Madiun
Makanan Khas Madiun : Soto Kutilang Madiun

Selain nasi pecelnya, Madiun juga memilki makanan tradisional yang cukup populer yakni soto. Di Madiun sendiri kamu bisa menemukan dengan mudah soto Madiun mulai dari area pedagang kaki lima hingga restoran. Salah satu tempat yang cukup terkenal menjual soto Madiun adalah Soto Ayam Kampung Bu Topo yang dijuluki juga dengan nama soto kutilang. Biasanya penyajian dari soto Madiun dicampur langsung antara nasi putih dengan soto dalam satu piring yang cukup melimpah. Jika kamu merasakan lauk yang disajikan kurang kamu bisa tambah dengan lauk lainnya seperti babat, perkedel kentang, kripik tempe, empal, usus dan masih banyak lagi yang lainnya.

Nasi Jotos

Makanan Khas Madiun
Makanan Khas Madiun : Nasi Jotos

Berikutnya, ada nasi Jotos. Nama Jotos sendiri diperoleh dari bentuknya yang mirip dengan kepalan tangan. Di daerah lain nasi jotos mirip dengan nasi jingjo atau sego kucing yang ada di Jogja. Dalam satu porsi nasi Jotos kamu akan menemukan beberapa bahan mulai dari nasi putih dan lauknya mulai dari tahu, telur, tempe, mie hingga bihun. Bahan yang membuat Nasi Jotos terasa lezat adalah sambalnya yang berbeda. Kamu bisa menikmati nasi jotos saat sore hari sambil ngobrol-ngobrol.

Pentol Corah

Makanan Khas Madiun
Makanan Khas Madiun : Pentol Corah

Makanan yang satu ini lebih merupakan camilan. Untuk bahannya sendiri, Pentol Corah terbuat dari campuran tepung kanji, teung terigu, bumbu rempah, seperti bawah putih, garam, merica dan air. Bahan-bahan tersebut diuleni dan dimasukan ke dalam tahu untuk kemudian dikukus. Setelah matang pentol-pentol tersebut dihidangakan dengan saus yang terbuat dari bawang putih, cabai, garam dan merica. Biasanya, pentol corah juga disajikan dengan ceker ayam goreng dan aneka kerupuk.

Wedang Camoe

Makanan Khas Madiun
Makanan Khas Madiun : Wedang Camoe

Jika kamu ingin makanan kudapan yang menghangatkan sekaligus mengenyangkan saat berkunjung ke Madiun, jawabannya adalah Wedang Camoe. Wedang yang satu ini berisi santan kelapa, kacang tanah yang telah digoreng, dan roti tawar. Ada banyak kedai makanan hingga warung yang menjual makanan ini. Namun, Wedang Camoe biasanya hanya dijual pada malam hari. Harga per mangkoknya pun juga sangat murah yakni sekitar Rp 3,000.

Dawet Suronatan

Makanan khas Madiun
Makanan khas Madiun : Dawet Suronatan

Selain Wedang Camoe kamu juga bisa mencoba Dawet Suronatan. Dawet ini disajikan dalam sebuah mangkok kecil berisi behan-bahan seperti campuran bubur ketan hitam, bubur sum-sum, cendol dan tapai. Berbeda dengan Wedang Camoe yang cocok untuk kamu santap di malam hari, Dawet Suronatan justru sangat pas kamu nikmati siang hari saat cuaca sedang panas karena rasanya yang menyegarkan.

Itulah informasi mengenai tempat wisata di Madiun yang bisa kamu kunjungi. Kalau kamu sendiri paling suka berkunjung ke mana kalau sedang ke Madiun. Untuk kamu yang akan berlibur di Filipina, Singapura, Vietnam atau Indonesia seperti Jakarta, Semarang, Solo, Malang, Manado, Makassar, Palembang, Banjarmasin, Balikpapan, Pekanbaru, Cirebon, Lampung, Batam, Bogor, Bali, Yogyakarta dan Surabaya, RedDoorz hadir sebagai tempat penginapan murah dengan fasilitas lengkap.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s