8 Tempat Wisata di Madiun yang Asri dan Alami!

Madiun tidak hanya dikenal dengan wisata kulinernya. Di kota ini, kamu juga bisa menemukan banyak sekali tempat wisata alami dan asri, mulai dari air terjun, waduk hingga taman-taman alami. Harga tiket tempat wisatanya pun terjangkau, bahkan ada juga yang gratis. Untuk lebih jelasnya, berikut RedDoorz akan bahas mengenai tempat wisata di Madiun yang bisa kamu kunjungi.

Air Terjun Seweru

Tempat Wisata di Madiun

Tempat Wisata di Madiun : Air Terjun Seweru

Selain populer dengan nama Air Terjun Seweru, tempat wisata di Madiun ini juga dikenal dengan nama Air Terjun Serondo dan Air Terjun Kedung Malam. Untuk sampai ke sini kamu harus menempuh perjalanan selama kurang lebih 15 km. Ketinggian air terjunnya mencapai 400 mdpl. Lokasinya terasa menenangkan dan juga sejuk, sehingga kamu bisa berlama-lama di sini. Di bawah air terjun ada sebuah kolam bagi para pengunjung untuk berenang dan bermain air.

Waduk Kedungbrubus

Tempat Wisata di Madiun

Tempat Wisata di Madiun : Waduk Kredungrubus

Waduk Kedungbrubus terletak di Dusun Kedungbrubus, Desa Bulu, Madiun. Tempat wisata di Madiun ini pertama kali diresmikan pada bulan Juni 2008. Fungsi utama dari Waduk Kedungbrubus adalah sebagai fasilitas irigasi, namun tidak lama setelah diresmikan banyak warga mendirikan fasilitas wisata sehingga memiliki fungsi tambahan sebagai tempat wisata. Kalau kamu ke sini, tidak dikenakan biaya apa pun alias gratis.

Taman Wisata Gunung Kendil

Tempat Wisata di Madiun

Tempat Wisata di Madiun : Taman Wisata Gunung Kendil

Tempat wisata di Madiun yang satu ini digadang-gadang mirip dengan Santa Monica yang ada di Los Angeles. Dulu, sebelum dijadikan tempat wisata, Taman Wisata Gunung Kendil sempat dijadikan tempat latihan militer. Kini, setelah dikelola menjadi sebuah tempat wisata, Taman Wisata Gunung Kendil sudah dilengkapi beberapa fasilitas seperti mushola, gazebo, toilet dan rumah makan. Taman Wisata Gunung Kendil memiliki banyak wahana rekreasi yang bisa kamu coba, seperti tempat perkemahan, kolam pemancingan, hingga area balap mobil dan motor. Tempat ini buka dari pukul 8 pagi hingga 5 sore dan tiket masuknya gratis, namun setiap wahana permainan memiliki tiket dengan harga yang bervariasi.

Gunung Wilis

Tempat WIsata di Madiun

Tempat WIsata di Madiun : Gunung Wilis

Untuk kamu yang suka trekking atau mendaki, Gunung Wilis menjadi salah satu tujuan wisata yang oke untuk kamu kunjungi. Gunung Wilis terbentang di lima daerah yang ada di Jawa Timur mulai dari Nganjuk, Trenggalek, hingga Ponorogo dan ketinggiannya mencapai 2,169 mdpl. Puncaknya tidak terlalu tinggi, namun suasananya sangat sejuk sehingga menjadi favorit banyak wisatawan yang datang ke Madiun terutama untuk pendaki pemula.

Nglambangan

Tempat Wisata di Madiun

Tempat Wisata di Madiun : Nglambangan

Tempat ini dinamakan Nglambangan karena situs ini terletak di Desa Nglambangan, Kecamatan Wungu. Untuk sampai ke sini, kamu harus menempuh perjalanan selama kurang lebih 8 km dari arah timur. Di sini kamu bisa melihat beberapa peninggalan dari zaman kerajaan Majapahit seperti lumbung, sumur kuno, pura lambang sari, punden, petirtaan hingga watu dakon yang dulunya digunakan sebagai tempat menyimpan pusaka. Biasanya, tempat ini biasanya akan ramai dikunjungi para wisatawan pada bulan sore karena sering diadakan upacara ritual tahunan.

Taman Wisata Umbul

Tempat Wisata di Madiun

Tempat Wisata di Madiun : Tempat wisata umbul

Tempat wisata di Madiun ini pernah sangat populer di tahun 1970 hingga 1990-an. Setelahnya, pengunjung pun mulai berkurang. Adanya renovasi pada tahun 2012 membuat tempat ini kembali ramai karena memiliki banyak fasilitas baru seperti kolam renang, sumber air belerang, rumah makan, kebun binatang mini hingga tempat bermain anak. Untuk sampai ke sini kamu harus menempuh perjalanan sekitar 20 km dari kota Madiun arah selatan.

Wisata Alam Grape

Tempat wisata di Madiun

Untuk kamu yang suka dengan suasana sejuk dan alami, datanglah ke Grape. Di sini kamu bisa melihat sungai dengan aliran air yang sangat jernih dari mata air pegunungan Dungus. Para pengunjung yang datang ke sini bisa melakukan berbagai aktivitas olah raga, mulai dari panjat tebing, hiking, berkemah hingga naik sepeda. Lokasinya berada di kaki gunung Wilis dengan jarak sekitar 15 km dari kota Madiun. Di sini kamu juga bisa melihat area hutan jati yang memiliki luas sekitar 1,5 hektar.

Air Terjun Kerecekan Denu

Tempat wisata di Madiun

Tempat wisata di Madiun : Air Terjun Krecekan Denu

Tidak jauh dari wisata alam Grape, kamu bisa beranjak ke air terjun Krecekan Denu. Tempat wisata di Madiun ini masih termasuk baru sehingga fasilitasnya masih cukup terbatas. Diperlukan waktu sekitar 15 menit untuk sampai ke air terjun Krecekan Denu. Kamu hanya perlu membayar tiket masuk sebesar Rp 1.000 per orangnya.

Itulah beberapa tempat wisata di Madiun yang bisa kamu kunjungi. Untuk kamu yang akan berlibur di Filipina, Singapura, Vietnam atau Indonesia seperti Jakarta, Semarang, Solo, Malang, Manado, Makassar, Palembang, Banjarmasin, Balikpapan, Pekanbaru, Cirebon, Lampung, Batam, Bogor, Bali, Yogyakarta dan Surabaya, RedDoorz hadir sebagai tempat penginapan murah dengan fasilitas lengkap.

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.