Jajanan Jadul yang Bikin Kangen

Era 90-an menyimpan banyak kenangan manis yang tak terlupakan, apalagi pada masa TK dan SD. Di masa tersebut, kita masih dengan polosnya bermain bersama teman-teman tanpa begitu candu dengan gadget. Selain itu, segala sesuatunya juga masih tergolong murah, termasuk harga jajanan makanannya.

Nah, ngomongin soal jajanan zaman 90-an, masih ingat ‘kan ketika kita pulang sekolah, biasanya para pedagang sudah berjejer di depan gerbang menjual beragam jajanan unik yang murah meriah? Yuk, nostalgia lagi bareng RedDoorz!

Permen Rokok

Jajanan Jadul yang Bikin Kangen

permen rokok: jajanan jadul yang bikin kangen

Permen berbentuk rokok sangat populer pada era 90-an. Tentunya, isi dari permen ini bukan dari bahan rokok, melainkan bubuk cokelat yang manis banget. Karena kemasannya yang benar-benar seperti rokok, banyak juga yang tertarik membeli permen ini hanya untuk bergaya.

Permen Susu

permen susu: jajanan jadul yang bikin kangen

permen susu: jajanan jadul yang bikin kangen

Permen susu juga banyak digemari karena rasa susunya yang kuat dan manis dengan tekstur yang agak keras. Yang paling populer adalah permen susu kelinci dan permen berbentuk sapi yang dikemas dalam bentuk strip seperti obat. Permen susu ini juga banyak dijual di warung-warung.

Permen Meledak

permen meledak: jajanan jadul yang bikin kangen

permen meledak: jajanan jadul yang bikin kangen

Selain permen susu, permen meledak juga ikut booming di era 90-an. Disebut meledak karena ketika permen ini dimakan, kamu bakal merasakan sensasi meledak dan menggelitik di mulut. Permen ini dijual dengan banyak varian rasa asam dan manis.

Cokelat Koin

cokelat koin: jajanan jadul yang bikin kangen

cokelat koin: jajanan jadul yang bikin kangen

Jajanan jadul lainnya yang paling dikangenin adalah cokelat yang dikemas dengan kertas timah bewarna emas layaknya koin emas. Kalau dulu cokelat ini memang digemari banyak anak-anak karena pacakaging-nya yang menarik. Tapi, jika dilihat-lihat di kondisi saat ini, sepertinya “PR” banget membuka timah emas hanya untuk makan cokelat tipis yang super manis.

Telur Cicak

telur cicak: jajanan jadul yang bikin kangen

telur cicak: jajanan jadul yang bikin kangen

Ingat telur kecil berwarna-warni rasa cokelat? Telur ini dinamakan telur cicak karena  berukuran sangat kecil layaknya telur cicak sungguhan. Telur cicak biasanya dijual dalam jumlah banyak di satu plastik.

Mie Kremes

Mie kremes: jajanan jadul yang bikin kangen

Mie kremes: jajanan jadul yang bikin kangen

Mie kremes juga jadi favorit banyak orang. Bukan direbus ataupun digoreng, mie kremes disantap tanpa dimasak terlebih dulu. Tekstur mie yang garing dengan perpaduan bumbu micinnya yang kuat bikin jajanan ini selalu diburu ketika jam istirahat. Sekarang, mi kremes juga masih dijual di warung dan mini market.

Lidi-lidian

Lidi-lidian: jajanan jadul yang bikin kangen

Lidi-lidian: jajanan jadul yang bikin kangen

Selain mie kremes, ada juga “lidi-lidian” yang serupa. Bedanya, kalau mie kremes berbentuk keriting, lidi-lidian justru lurus seperti sapu lidi yang ada di rumah. Jajanan satu ini juga banyak disukai karena disajikan dengan pedas dan asin.

Telur Gulung

Telur gulung: jajanan jadul yang bikin kangen

Telur gulung: jajanan jadul yang bikin kangen

Jika tadi banyak menyebut jajanan yang sudah dalam bentuk kemasan, yang satu ini adalah jajanan era 90’an yang langsung dimasak di tempat oleh si pedagang. Seperti namanya, telur ini digulung dengan stick dan dibumbui saos sambal. Sampai sekarang, jajanan ini masih dijual di berbagai tempat.

Arum Manis

arum-manis-1024x796

Arum manis: jajanan jadul yang bikin kangen

Tekstur renyah dan rasa yang manis menjadikan arum manis salah satu jajanan era 90’an yang populer. Arum manis terbuat dari gula dan tepung terigu yang diapit dengan wafer bulat berwarna merah mudah. Walau makannya agak repot karena tekstur wafer yang ringkih dan tipis, arum manis masih populer dijual di sekolah-sekolah dan di pasar malam.

Permen Gulali Berbentuk

Permen gulali berbentuk: jajanan jadul yang bikin kangen

Permen gulali berbentuk: jajanan jadul yang bikin kangen

Permen gulali satu ini bagaikan lollipop dengan kearifan lokal. Permen terbuat dari adonan gulali kental yang dipanaskan dan dibentuk beraneka ragam menyerupai hewan, bunga, dan lainnya. Teknik pembuatan permen ini juga unik. Ada yang ditiup langsung oleh penjual atau dibentuk dengan tangan.

Kue Sarang Laba-Laba

Kue sarang laba-laba: jajanan jadul yang bikin kangen

Kue sarang laba-laba: jajanan jadul yang bikin kangen

Nama jajanan satu ini memang cukup nyentrik karena bentuk kue yang dianggap mirip seperti sarang laba-laba. Cara dimasaknya pun mudah dan unik. Adonan yang terdiri dari tepung, gula, telur, dan lainnya ini akan dituang ke wajan panas secara acak, tanpa mementingkan unsur keindahan.

Itu dia ragam jajanan era 90-an. Kamu sendiri paling kangen jajanan yang mana? Untuk kamu yang akan berlibur di Filipina, Singapura, Vietnam atau Indonesia seperti Jakarta, Semarang, Solo, Malang, Manado, Makassar, Palembang, Banjarmasin, Balikpapan, Pekanbaru, Cirebon, Lampung, Batam, Bogor, Bali, Yogyakarta dan Surabaya, RedDoorz hadir sebagai tempat penginapan murah dengan fasilitas lengkap.

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.