Liburan bersama teman pasti menjadi pengalaman yang seru dan menyenangkan. Beberapa keuntungannya adalah kita dapat meringankan pengeluaran liburan, tidak merasa sendiri, dan dapat membagi pengalaman suka dan duka bersama.

Hanya saja, merencanakan liburan dengan banyak orang tidaklah mudah. Kita harus menyatukan pendapat agar dapat membuat keputusan yang tepat tanpa menyakiti atau merugikan siapapun. Belum lagi jika ada teman yang dadakan tidak bisa ikut liburan karena alasan tertentu. Rasanya impian traveling bersama teman jadi buyar seketika.

Nah, agar liburan bersama teman dapat berjalan dengan lancar, berikut tips yang dirangkum RedDoorz dari Lonely Planet:

Bangun Komunikasi Secara Efektif

Merencanakan liburan diperlukan komunikasi yang efektif. Jika tersedia waktu dan ruang yang cukup, buatlah pertemuan tatap muka untuk membicarakan perencanaan liburan. Tidak perlu selesai sekali pertemuan, tapi usahakan pertemuan tersebut membuahkan hasil. Misalnya, mendapatkan ide tentang kota liburan yang dituju, objek wisata, dan lainnya. Jika tidak memungkinkan bertemu secara fisik, gunakan fitur grup dalam chat di instant messaging, seperti Line, WhatsApp, Telegram, KakaoTalk, dan sebagainya. Jangan spam dan kebanyakkan “ngelantur” jika ingin membuat keputusan dengan cepat. Lalu, daripada terus menuntut jawaban kepada anggota grup, adakanlah vote untuk menentukan destinasi, akomodasi, dan sebagainya.

Tentukan Tanggal Liburan dengan Cepat

Menentukan jadwal liburan bisa jadi hal yang paling rumit ketika banyak orang di dalam grup. Kita harus menyesuaikan waktu luang masing-masing agar seluruh anggota bisa ikut. Untuk itu, kamu dan teman-teman bisa memanfaatkan aplikasi pengatur jadwal di smartphone untuk lock tanggal liburan yang ditetapkan. Nah, agar jadwal liburan tidak berubah-ubah, kamu bisa langsung booking tiket transportasi dan akomodasi supaya teman-teman bisa komitmen di tanggal segitu.

Atur Anggaran Liburan dengan Adil

Anggaran liburan juga menjadi hal yang penting dalam merencanakan liburan. Sadarilah batas keuangan tiap orang tidaklah sama. Jika kamu ingin seluruh anggota grup ikut, pastikan juga berapa biaya yang mampu mereka keluarkan untuk liburan agar bisa disesuaikan. Misalnya, dalam menentukan akomodasi, transportasi, dan lainnya. Pastikan juga seluruh anggota setuju dengan perencanaan liburan terkait anggaran biaya yang sudah ditentukan. Dengan begitu, liburan akan terasa lebih menyenangkan tanpa terbebani dengan biaya.

Pilih Akomodasi yang Nyaman

Akomodasi yang nyaman mempengaruhi kualitas istirahat kamu saat liburan. Pastikan memilih jenis akomodasi yang tepat dan menyesuaikan jumlah grup. Jika grup hanya berjumlah 3-6 orang, hotel dapat menjadi pilihan yang tepat untuk penginapan. Jika kamu dan teman berjumlah 7-10 orang atau lebih, akan jauh lebih baik memilih akomodasi seperti villa atau guest house daripada hotel. Selain harga lebih murah, villa atau guest house biasanya menawarkan fasilitas penunjang, seperti dapur dan ruang tamu bersama.

Buat Itinerary yang Fleksibel, Tapi Tetap Teratur

Membuat jadwal kegiatan liburan memang memudahkan kita untuk mengatur waktu dengan baik. Tapi, jangan sampai itinerary yang dibuat terlalu kaku seperti tur sekolah. Misalnya, membuat jadwal kegiatan apa saja yang harus dilakukan tiap jam dan tiap destinasi. Hal ini membuat liburan terasa melelahkan. Untuk itu, buatlah itinerary yang fleksibel tapi tetap teratur untuk kamu dan teman-teman dapat menikmati liburan. Contohnya, kamu cukup mencantumkan jam keberangkatan, kegiatan alternatif yang bisa dilakukan, titik temu rombongan, dan lainnya yang dirasa penting.

Begitulah tips liburan bareng teman tanpa “baper”. Kamu sendiri ingin berencana liburan ke mana dengan temanmu? Untuk kamu yang akan berlibur di Filipina, Singapura, Vietnam atau Indonesia seperti Jakarta, Semarang, Solo, Malang, Manado, Makassar, Palembang, Banjarmasin, Balikpapan, Pekanbaru, Cirebon, Lampung, Batam, Bogor, Bali, Yogyakarta dan Surabaya, RedDoorz hadir sebagai tempat penginapan murah dengan fasilitas lengkap.

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.