Momen puasa hanya tinggal menghitung hari. Sudahkah kamu persiapkan tubuh dengan baik?

Saat puasa, kebiasaan makan berubah dari yang biasanya, sehingga dapat mempengaruhi metabolisme tubuh menjadi lebih lambat dan energi lebih cepat terkuras. Untuk itu, kamu perlu untuk mempersiapkan fisik dengan asupan yang bergizi dan memulai kebiasaan baik untuk menyambut puasa. Berikut tips jaga daya tahan tubuh sebelum puasa dari RedDoorz.

Ubah Kebiasan Makan Lebih Teratur

Kalau sebelumnya jadwal makan kamu “sesuka hati” saja, sekarang saatnya kamu mengubah kebiasaan makan jadi lebih teratur. Contohnya, biasakan sarapan untuk mensimulasi sahur pada buka puasa nanti, hindari kebiasaan ngemil agar bisa menahan lapar lebih baik, menahan “laper mata” jika melihat jajanan enak, dan sebagainya.

Konsumsi Makanan Bergizi dan Berenergi

Untuk memenuhi nutrisi penting bagi tubuh, konsumsi makanan dengan karbohidrat, lemak sehat, dan protein dengan seimbang. Tak kalah penting, penuhi asupan vitamin serta mineral penting yang dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh agar tidak mudah sakit, seperti vitamin C dan zinc. Kedua kandungan ini dapat dengan mudah diperoleh dari buah-buahan dan sayur-sayuran.

Bijak Memilih Makanan

Selain mengubah kebiasaan makan jadi lebih teratur, kamu juga harus bijak dalam mengkonsumsi sesuat yang masuk perut. Coba mulai untuk tidak terlalu banyak mengkonsumsi makanan dan minuman yang mengandung gula karena dapat membuat tubuh merasa cepat lapar. Hindari juga makanan berlemak, santan, dan pedas yang berlebihan untuk mencegah kolesterol naik, menyebabkan perut kembung, dan membuat darah tinggi.

Minum Air Mineral

Air mineral memberikan banyak manfaat bagi tubuh kita, terutama dalam menghidrasi tubuh dengan baik. Kurangnya minum air mineral membuat kita dehidrasi dan sakit kepala. Untuk itu, biasakan minum air mineral delapan gelas sehari untuk memenuhi cairan tubuh sebelum puasa dan menumbuhkan kebiasaan baik.

Tidur yang Cukup

Siapa yang masih sering “begadang”? Faktanya, durasi tidur yang proposional adalah 7 jam. Jika kurang dari situ, hormon kortisol, yang merupakan hormon stres, akan meningkat sehingga dapat memicu reaksi peradangan dalam tubuh dan menekan fungsi kekebalan tubuh. Jika tidak terbiasa tidur cepat, mulailah untuk membiasakan tidur lebih awal satu jam dari yang biasanya. Ini akan membantu menjaga kebugaran tubuh dan membentuk kebiasaan baik selama puasa.

Mengelola Stress

Memang, stress adalah hal yang wajar. Tapi, sama seperti kurang tidur, stress juga bisa meningkatkan hormon kortisol yang membuat tubuh cepat sakit jika terlalu lama dibiarkan. Untuk itu, cobalah untuk tetap rileks dengan melakukan kegiatan yang disukai, mengendalikan emosi negatif, dan berpikir jernih. Hal ini juga baik untuk menyambut puasa dengan hati dan pikiran yang bersih.

 

Untuk kamu yang akan berlibur di Filipina, Singapura, Vietnam atau Indonesia seperti Jakarta, Semarang, Solo, Malang, Manado, Makassar, Palembang, Banjarmasin, Balikpapan, Pekanbaru, Cirebon, Lampung, Batam, Bogor, Bali, Yogyakarta dan Surabaya, RedDoorz hadir sebagai tempat penginapan murah dengan fasilitas lengkap.

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.