10 Makanan Khas Berbuka Puasa di Indonesia

Dalam rangka bulan ramadan, RedDoorz akan membahas makanan khas berbuka puasa di berbagai daerah di Indonesia. Yuk simak!

Bubur Manado

Makanan khas Berbuka Puasa

Makanan khas Berbuka Puasa : Bubur Manado

Bubur manado bisa menjadi pilihan buat kamu yang suka menyantap makanan berat ketika berbuka puasa. Bahan dasar dari bubur manado adalah jagung yang dicampur dengan sayuran sehingga cukup mengenyangkan.

Bubur Kampiun

Makanan khas berbuka puasa

Makanan khas berbuka puasa : Bubur kampiun

Makanan yang satu ini merupakan takjil yang cukup populer. Bubur kampiun memiliki cita rasa yang manis dan dan gurih, dan terbuat dari berbagai macam bahan, mulai dari bubur sumsum, pisang, candil, kolak ubi, bubur delima hingga ketan hitam. Biasanya bubur kampiun dijajakan di pinggir jalan atau sentra makanan khas bulan ramadan yang ada di berbagai tempat.

Kicak

Makanan khas berbuka Puasa

Makanan khas berbuka Puasa : Kicak

Kicak berasal dari Yogyakarta. Bahan dasar untuk pembuatan kicak adalah tepung pati, singkong, gula merah cair dan parutan kelapa. Rasanya yang manis dan serta bahan dasarnya yang terbuat dari singkong bisa mengembalikan energimu kembali setelah seharian berpuasa.

Surabi

Makanan khas Berbuka Puasa

Makanan khas Berbuka Puasa : Surabi

Surabi juga sangat populer sebagai salah satu makanan khas berbuka puasa di Indonesia, karena rasanya yang manis dan gurih. Surabi terbuat dari tepung dan santan, tetapi ada juga yang menambahkan campuran air pandan agar rasanya semakin sedap.

Lumpia Semarang

Makanan khas berbuka puasa

Makanan khas berbuka puasa : Lumpia

Makanan khas Semarang ini sering dijadikan makanan khas berbuka puasa. Dengan rasanya yang gurih dan renyah serta porsinya yang cukup mengenyangkan, lumpia menjadi makanan yang cukup mengenyangkan. Selain itu, lumpia bisa dijadikan sebagai oleh-oleh karena cukup awet untuk dibawa dalam beberapa hari.

Toge Penyambungan

Makanan khas berbuka puasa

Makanan khas berbuka puasa : Toge Penyambungan

Meski namanya toge, makanan khas berbuka puasa ini tidak terbuat dari tauge sama sekali. Toge penyambungan terbuat dari beberapa campuran yaitu tape, candil, ketan, cendol, lupis hingga santan dan gula merah.

Bongko Kopyor

Makanan khas Berbuka Puasa

Makanan khas Berbuka Puasa : Bongko Kopyor

Bongko kopyor juga akan banyak kamu temukan saat bulan ramadan, khususnya di Gresik. Kuliner ini terbuat dari berbagai bahan seperti daging kelapa muda, tepung terigu, nangka, roti tawar, hingga pisang. Semua bahan tersebut dicampur dan dikukus dengan bungkusan daun pisang sehingga memiliki tekstur yang lembut.

Ketan Bintul

Makanan khas Berbuka Puasa

Makanan khas Berbuka Puasa : Ketan Bintul

Makanan berbuka puasa yang satu ini juga cukup mudah ditemukan meski tidak di bulan ramadan. Berbeda dengan ketan-ketan lainnya, ketan bintul terasa gurih karena taburan serundeng.

Jojongkong

Makanan khas Berbuka Puasa

Makanan khas Berbuka Puasa : Kue Jojongko

Mirip dengan bongko kopyor, jojongko juga sangat populer untuk berbuka puasa di Lampung. Untuk rasa dan teksturnya sendiri, Jojongko sekilas mirip dengan bubur sumsum. Rasanya juga semakin sedap dengan campuran santan dan gula merah.

Lepat Gayo

lepat gayo

Berkunjung ke Aceh saat bulan puasa, kamu akan menemukan banyak sekali lepat gayo. Bahan-bahan pembuatan lepat gayo adalah beras ketan, kelapa parut dan gula aren. Menariknya, Lepat Gayo juga tidak mudah busuk jika disimpan dalam waktu beberapa bulan jadi bisa kamu jadikan oleh-oleh dari Aceh.

Itulah beberapa informasi mengenai makanan khas berbuka puasa di Indonesia. Kalau kamu sendiri paling suka berbuka dengan apa nih? .Untuk kamu yang akan berlibur di Filipina, Singapura, Vietnam atau Indonesia seperti Jakarta, Semarang, Solo, Malang, Manado, Makassar, Palembang, Banjarmasin, Balikpapan, Pekanbaru, Cirebon, Lampung, Batam, Bogor, Bali, Yogyakarta dan Surabaya, RedDoorz hadir sebagai tempat penginapan murah dengan fasilitas lengkap.

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.