Pasuruan memiliki banyak sekali makanan khas yang lezat, seperti ketupat, soto hingga camilan seperti cenil dan klepon yang menarik untuk kamu coba. Berikut RedDoorz akan memberikan panduan mengenai beberapa makanan khas Pasuruan, sehingga kamu tidak perlu bingung lagi kalau ke sana.

Kupang Kraton

Makanan khas Pasuruan
Makanan khas Pasuruan : Kupang Kraton

Makanan yang satu ini terbuat dari kerang yang dicampur dengan bumbu bawang putih, petis, jeruk nipis, irisan lento dan lontong. Ada juga tambahan sate kerang dan cabe rawit sebagai pelengkap, serta ditutup dengan segelas es degan hijau agar semakin menyegarkan. Kamu bisa menemukan kupang kraton di Pasar Kraton dan sepanjang Jl. Ir Juanda Pasuruan.

Rawon Sate Komoh

Makanan khas Pasuruan
Makanan khas Pasuruan : Rawon Sate Komoh

Buat kamu yang suka dengan makanan yang menyegarkan, Pasuruan memiliki makanan khas berupa rawon sate komoh. Makanan ini terbuat dari daging yang dicampur dengan bumbu yang terdiri dari bawang merah, bawang putih, daun jeruk purut, sere laos dan jinten. Rawon sate komoh akan terasa lebih nikmat bila disantap saat masih hangat.

Nasi Punel

Makanan khas Pasuruan :
Makanan khas Pasuruan : Nasi Punel

Nasi punel merupakan nasi campur yang terdiri dari beragam lauk pauk. Namanya nasi punel karena nasi yang digunakan di sini terasa setengah lembek. Lauk pauk yang ada dalam nasi punel di antaranya seperti tempe, tahu, sambal kacang panjang, sayur nangka muda, ayam bumbu bali, pepes kelapa dan berbagai macam gorengan seperti gorengan babat, usus, paru, hingga daging sapi.

Untuk cita rasanya, nasi punel memiliki rasa yang cenderung pedas karena bumbu rempahnya yang kuat dan semakin terasa lezat dengan taburan serundeng di atasnya. Kamu bisa menemukan nasi punel di banyak tempat di Pasuruan, seperti beberapa warung makan yang berada di Bangil.

Botok Tempe

Makanan khas Pasuruan
Makanan khas Pasuruan : Botok Tempe

Makanan khas Pasuruan ini merupakan salah satu yang paling mudah untuk ditemukan. Sesuai dengan namanya, botok tempe menggunakan tempe yang telah dibumbui sebagai bahan dasarnya. Semua bahan tersebut kemudian dibungkus dan dikukus dengan daun pisang sehingga aromanya lezat. Di Pasuruan, banyak dijual variasi tempe botok seperti botok tempe dengan kerang, teri lamtoro, daun singkong, udang hingga daun sembukan.

Kepiting Cak Gundul

Makanan khas Pasuruan
Makanan khas Pasuruan : Kepiting Gundul

Berikutnya, kuliner yang tidak kalah populer di Pasuruan adalah Kepiting Cak Gundul. Tempat makan ini sangat mudah ditemukan karena posisinya berada di jalan utama di Pasuruan. Kamu bisa mencoba satu porsi kepiting cak gundul hanya dengan Rp 30.000 per onsnya. Selain itu, kamu juga bisa mencicipi berbagai kuliner laut lainnya seperti cumi, ikan dan lain-lain. Kamu bisa datang langsung ke kedainya yang buka dari pukul 11.00 hingga 23.00.

Soto Gondrong

Makanan khas Pasuruan
Makanan khas Pasuruan : Soto Gondrong

Soto gondrong memiliki lokasi yang nyaman karena terletak di sebuah taman kecil, sehingga cocok dinikmati bersama dengan teman dan keluarga. Cita rasa soto gondrong sangat khas, karena terbuat dari rempah-rempah khusus. Untuk menyantapnya, kamu juga bisa memilih lauk tambahan lainnya seperti tempe, telur hingga aneka gorengan. Satu porsi soto gondrong dijual dengan harga Rp 12.500,-.

Cenil Pasuruan

Makanan Khas Pasuruan
Makanan Khas Pasuruan : Cenil

Cenil merupakan kuliner yang terbuat dari tepung tapioka, biasanya bentuknya bulat-bulat hingga memanjang dan berwarna-warni sehingga terlihat menarik. Cenil direbus ke dalam air mendidih dan disajikan dengan taburan kelapa parut di atasnya.

Klepon Pasuruan

Klepon pasuruan

Terakhir, makanan khas Pasuruan ini bernama klepon, yang terbuat dari tepung beras ketan yang kemudian dibentuk menjadi bulatan kecil dan diisi dengan gula merah. Biasanya, klepon disajikan dengan kelapa parut. Klepon khas Pasuruan terasa kenyal dan ada sensasi letusan di dalam mulut dengan rasa yang manis yang berasal dari gula merah yang ada di dalamnya.

Itulah beberapa informasi mengenai makanan khas Pasuruan. Kalau kamu apa pernah mencicipi kuliner di atas? Untuk kamu yang akan berlibur di Filipina, Singapura, Vietnam atau Indonesia seperti Jakarta, Semarang, Solo, Malang, Manado, Makassar, Palembang, Banjarmasin, Balikpapan, Pekanbaru, Cirebon, Lampung, Batam, Bogor, Bali, Yogyakarta dan Surabaya, RedDoorz hadir sebagai tempat penginapan murah dengan fasilitas lengkap.

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.