Traveling di bulan Ramadan tentunya memberikan kesan dan pengalaman yang spesial dari biasanya. Kamu dapat menjelajahi berbagai destinasi menarik dengan beragam konsep yang membuat liburan jadi lebih bermakna dan tak terlupakan. Berikut rekomendasi destinasi wisata saat Ramadan dari RedDoorz.

 

Destinasi Wisata yang Sejuk

Sumber: Traveling Yuk
Wae Rebo di Ruteng, rekomendasi destinasi wisata saat Ramadan . Sumber: Traveling Yuk

Selagi puasa, destinasi wisata dengan cuaca yang sejuk sangat direkomendasikan untuk kamu yang lagi jenuh, stres, atau gelisah dan ingin menenangkan diri. Selain cuaca yang sejuk, plihlah wisata yang tidak terlalu padat dan memiliki pemandangan alam yang asri dan mampu menyejukkan mata, seperti Dieng, Wonosobo, Batu, Ruteng, dan Berastagi.

Destinasi dengan Mayoritas Muslim

Rekomendasi destinasi wisata saat Ramadan. Sumber: where in the world is nina
Rekomendasi destinasi wisata saat Ramadan. Sumber: where in the world is nina

Traveling ke tempat dengan masyarakat bermayoritas muslim pastinya memberikan kesan khusus saat Ramadan. Kamu dapat merasakan suasana Ramadan yang kental sekaligus mengenal budaya dan makanan khas saat Ramadan di sana. Agar lebih menantang, coba eksplor wisata luar negeri dengan mayoritas Muslim seperti Malaysia, Turki, Arab Saudi, Maroko, Brunei, dan lainnya.

Destinasi dengan Wisata Religi yang Historikal dan Indah

Blue Mosque. Sumber: aneka tempat wisata
Blue Mosque, wisata ramadan di Turki. Sumber: aneka tempat wisata

 

Selama bulan Ramadan, menapaktilasi wisata religi juga dapat menjadi pilihan terbaik untuk memuaskan dahaga spiritual. Selain mengagumi tempat yang dikunjungi, kamu juga bisa sekalian beribadah untuk mendekatkan diri kepada Sang Pencipta. Rekomendasi negara dengan wisata religi yang mengagumkan dan penuh sejarah adalah Maroko, Jerman, Spanyol, Prancis, Arab Saudi, Mesir, Malaysia. Sementara di Tanah Air, kita punya Medan, Jakarta, Surabaya, Aceh yang terkenal dengan wisata religi Islami terpopuler.

Destinasi dengan Wisata Kuliner Khas Ramadan Terbaik

Sumber: Kuliner
Sumber: Kuliner

Berencana traveling bersama teman atau keluarga? Pilihlah destinasi dengan wisata kuliner khas Ramadan terbaik untuk berbuka puasa. Selain dapat menyantap makanan lezat, berbuka puasa bersama menjadi salah satu momen yang berharga untuk menjaga tali silahturami. Bandung, Aceh, Medan, Jakarta, Bogor adalah beberapa destinasi terbaik yang banyak menyuguhkan makanan halal khas Ramadan yang lezat.

Destinasi untuk Beramal

Food donations being boxed up by volunteers in a warehouse
Sumber: Charity – Love to Know

Mengisi kegiatan liburan dengan menolong sesama pastinya sangat bermanfaat dan menambah pahala. Kamu bisa menjadi relawan dengan membantu orang yang membutuhkan, seperti menolong warga pasca bencana, memberi sedekah di daerah terpencil yang kurang mampu, dan sebagainya. Buatlah perencanaan yang matang untuk melakukan kegiatan ini. Mulai dari riset kebutuhan warga, kondisi daerah, budget yang dikeluarkan, dan lainnya.

Itulah pilihan destinasi wisata saat Ramadan. Untuk kamu yang akan berlibur di Filipina, Singapura atau Indonesia seperti Jakarta, Semarang, Solo, Malang, Manado, Makassar, Palembang, Batam, Bogor, Bali, Yogyakarta dan Surabaya. RedDoorz hardir sebagai tempat penginapan murah dengan fasilitas lengkap.

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.