Pasuruan merupakan daerah di Jawa Timur yang belum terlalu dikenal bila dibandingkan dengan Malang dan Surabaya. Meskipun begitu, ternyata Pasuruan memiliki tempat wisata yang tak kalah menarik dari Malang dan Surabaya. Untuk lebih jelasnya, berikut RedDoorz akan membahas tempat wisata di Pasuruan yang menarik untuk kamu kunjungi.

Kawasan Tretes

Tempat wisata di Pasuruan
Tempat wisata di Pasuruan : Kawasan Tretes

Tretes merupakan tempat wisata yang paling populer di Pasuruan. Di Tretes, kamu bisa melihat indahnya pegunungan dan pemandangan hijau di seluruh daerahnya. Beberapa spot menarik yang bisa kamu kunjungi saat ke Tretes adalah kaki Gunung Welirang dan Gunung Arjuna. Soal menginap pun kamu tidak perlu khawatir, karena banyak pilihan penginapan yang tersedia di Tretes, salah satunya adalah RedDoorz. Objek wisata di Tretes buka selama 24 jam, dan untuk menghindari keramaian, kami menyarankan untuk berkunjung di hari kerja.

Taman Safari Prigen

Tempat Wisata di Pasuruan
Tempat Wisata di Pasuruan : Taman Safari Prigen

Bagi kamu yang suka melihat berbagai macam satwa, kamu bisa berkunjung ke Taman Safari Prigen. Di sini kamu bisa melihat dari kuda, harimau, rusa dan masih banyak satwa lainnya. Selain itu, Taman Safari Prigen juga menghadirkan banyak atraksi menarik yang bisa kamu tonton seperti Aquatic Land, Baby Zoo, Dolphin Bay, hingga Exhibit Hippo.

Kalau kamu tidak membawa kendaraan, kamu tidak perlu khawatir karena Taman Safari Prigen menyediakan bus agar kamu bisa berkeliling. Taman Safari Prigen buka mulai pukul 08.30 hingga 16.45. Harga tiket masuknya sendiri mulai dari Rp 70.000 hingga Rp 140.000 per orangnya.

Gunung Bromo

Tempat Wisata di Pasuruan
Tempat Wisata di Pasuruan : Gunung Bromo

Kawasan wisata yang satu ini menjadi salah satu yang populer di kalangan wisatawan domestik maupun luar negeri. Di Bromo, kamu bisa menikmati keindahan kawah gunung serta padang pasirnya yang luas. Akses ke kawasan Gunung Bromo juga sangat mudah, namun untuk mencapai bukitnya, kamu tetap perlu trekking selama beberapa jam melalui anak tangga.

Di padang pasirnya, kamu bisa menemukan kuda-kuda yang disewakan untuk para wisatawan yang datang. Beberapa spot menarik yang bisa kamu kunjungi di sini adalah Air Terjun Makadipura, Pasir Berbisik, Bukit Teletubbies hingga Puncak B29. Untuk masuk ke dalam kawasan Gunung Bromo, kamu hanya perlu membayar tiket masuk sebesar Rp 27.500 pada hari biasa dan Rp 32,500 pada akhir pekan.

Bukit Flora

Tempat Wisata di Pasuruan
Tempat Wisata di Pasuruan : Bukit Flora

Cuaca yang cenderung dingin serta memiliki banyak dataran tinggi menjadikan kawasan Pasuruan tempat yang cocok untuk membudidayakan tanaman bunga, salah satunya adalah Bukit Flora. Di dalam Bukit Flora, kamu akan menemukan beragam tanaman hias lokal dan mancanegara. Harga tiket masuk Bukit Flora sebesar Rp 25.000,- dan untuk kamu yang ingin mencoba aktivitas outbound dikenakan biaya tambahan sebesar Rp 80.000 untuk minimal peserta 50 orang.

Danau Ranu Grati

Tempat Wisata di Pasuruan
Tempat Wisata di Pasuruan : Danau Ranu Pasuruan

Selain keindahan gunung dan dataran tinggi, kamu bisa melihat danau cantik bernama Danau Ranu Grati. Pemandangan di Danau Ranu Grati sangat menarik karena kamu bisa melihat indahnya pemandangan air dipadukan  dengan pemandangan pegunungan Tengger. Di sini para pengunjung bisa melakukan berbagai kegiatan menarik mulai dari memancing, naik sepeda air, hingga naik perahu. Untuk sampai ke sini kamu hanya perlu menempuh perjalanan sekitar 30 menit.

Pemandian Banyu Biru

Tempat Wisata di Pasuruan
Tempat Wisata di Pasuruan : Pemandian Banyuwangi

Di pemandian Banyu Biru, kamu bisa menyelam dan berenang dengan bebas sambil menikmati indahnya pemandangan di bawah air. Dari kota Pasuruan, jaraknya sekitar 25 km dengan waktu tempuh sekitar 40 menit.

Candi Jawi

candi jawi

Selain gunung dan danau, kamu juga bisa berkunjung ke Candi Jawi yang telah dibangun sejak zaman Kertanegara. Dengan tinggi 24,5 meter,  panjang 14 meter dan lebar 9,5 meter, candi ini memiliki bentuk yang artistik, yang berasal dari kebudayaan Hindu dan Budha. Jaraknya sekitar 40 menit saja dari Surabaya.

Untuk kamu yang akan berlibur di Filipina, Singapura, Vietnam atau Indonesia seperti Jakarta, Semarang, Solo, Malang, Manado, Makassar, Palembang, Banjarmasin, Balikpapan, Pekanbaru, Cirebon, Lampung, Batam, Bogor, Bali, Yogyakarta dan Surabaya, RedDoorz hadir sebagai tempat penginapan murah dengan fasilitas lengkap.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s