Memasuki bulan Ramadan, kondisi tubuh yang fit sangat diperlukan untuk melakukan aktivitas sehari-hari. Selain mengonsumsi vitamin ketika sahur, kamu juga perlu menghindari beberapa jenis makanan yang dapat mengganggu kondisi tubuhmu selama berpuasa. Berikut RedDoorz akan membahasnya agar kamu dapat menjalankan ibadah puasa tanpa gangguan.

Makanan Pedas

closeup photo of red and orange chilis
Ilustrasi Makanan Pedas

Di Indonesia, makanan pedas sudah menjadi hal yang sulit dipisahkan. Namun, ketika berpuasa, makanan pedas merupakan salah satu hal yang harus dihindari karena dapat meningkatkan asam lambung dan juga gangguan pencernaan seperti sakit perut dan diare. Selain itu, makanan pedas juga dapat membuat kamu mudah merasa haus. Nah, sudah tahu kan alasannya?

Gorengan

food dish served on black ceramic plate
Ilustrasi Gorengan

Siapa yang tidak kenal makanan yang merakyat ini? Ketika bulan Ramadan, gorengan menjadi hidangan wajib ketika berbuka. Selain harganya terjangkau, gorengan juga memiliki banyak variasi, seperti tahu isi, singkong goreng, tempe goreng hingga ubi goreng. Nah, untuk sahur, kami tidak menganjurkan kamu menyantap gorengan karena minyak yang terkandung dalam gorengan membuat sistem pencernaan harus bekerja lebih keras dan membuat tubuh jadi gampang lelah.

Makanan Manis

donuts and bagel display
Ilustrasi Makanan Manis

Makanan manis dapat meningkatkan energi bila kamu mengonsumsinya saat berbuka puasa. Sebaliknya, ketika sahur, makanan manis dapat membuat kamu mudah lemas dan mengantuk karena mengandung kadar gula yang tinggi. Makanan dengan gula yang juga mudah dicerna tubuh dan diserap ke usus kecil sehingga perut akan mudah merasa kembung.

Soda

drinks supermarket cans beverage
Ilustrasi Soda

Kenapa sih, minuman bersoda harus dihindari ketika sahur? Meskipun menyegarkan, minuman bersoda mengandung gula yang tinggi sehingga dapat membuatmu mudah merasa lelah dan mengantuk. Selain itu minuman bersoda juga membuatmu mudah merasa haus. Bila dikonsumsi berlebihan, minuman bersoda juga dapat menyebabkan diabetes. Nggak mau ‘kan?

Nah, di atas adalah beberapa makanan yang sebaiknya kamu hindari ketika sahur agar tubuh tetap dalam kondisi yang fit untuk tetap beraktivitas. Semoga ibadah puasa teman-teman di bulan Ramadan ini tetap lancar dan tidak mengalami gangguan, ya!

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s