Menunaikan ibadah puasa bukanlah hal yang mudah.. Kurangnya istirahat dan asupan makanan serta minuman membuat badan kita kekurangan cairan dan mudah lelah. Hal ini yang sering kali menjadi penyebab orang yang berpuasa mudah terserang penyakit dan gampang kelelahan. Untuk itu, RedDoorz akan memberikan beberapa tips untuk menjaga kesehatan selama berpuasa agar badan tetap fit dan ibadah puasa kita tetap lancar. Yuk langsung simak!

Perbanyak Minum Air Putih

Tips Sehat Selama Puasa
Tips Sehat Selama Puasa : Perbanyak minum Air Putih

Salah satu penyebab kita mudah lelah selama berpuasa adalah kurangnya cairan di dalam tubuh. Saat berpuasa, kita hanya memiliki kesempatan untuk mengisi cairan tubuh saat sahur dan aberbuka. Meski begitu, tubuh harus tetap memiliki cadangan cairan dengan minum air putih sebanyak delapan gelas. Untuk memenuhinya, kamu bias minum air putih dengan pola tiga – dua – tiga. Tiga gelas saat sahur, dua gelas saat berbuka dan tiga gelas sebelum tidur. Dengan begitu kamu tidak akan dehidrasi ketika siang hari.

Istirahat Cukup

Tips sehat selama berpuasa
Tips sehat selama berpuasa : Istirahat Cukup

Ibadah puasa menyebabkan waktu istirahat kita otomatis berkurang, karena pola tidur normal akan sedikit terganggu untuk makan sahur… Untuk mengatasinya, cobalah untuk mengatur waktu tidurmu lebih cepat dari biasa. Lakukan pola ini dengan rutin agar kamu tidak kelelahan dan kurang istirahat selama menjalankan ibadah puasa.

Makan Buah dan Sayur

Tips Sehat Selama Puasa
Tips Sehat Selama Puasa : Makan Sayur dan Buah

Makan buah dan sayur sudah menjadi kebutuhan utama kita untuk menjaga kesehatan tubuh. Tetapi, terkadang di bulan puasa kita sering lupa untuk menambahkan menu buah dan sayur di makanan yang akan kita konsumsi. Agar tidak lupa, kamu bisa mengakalinya dengan minum jus atau menyelipkan sedikit menu sayuran saat berbuka. Dengan begitu kebutuhan serat untuk tubuh kamu tidak berkurang dan tetap terpenuhi.

Minum Vitamin

Tips Sehat Selama Puasa
Tips Sehat Selama Puasa : Minum Vitamin

Selain beberapa hal yang disebutkan di atas, kamu juga bisa minum vitamin saat sahur. Kenapa minum vitamin penting saat sahure? KVitamin adalah zat sintesis yang mudah diserap saat pagi hari bersama dengan makanan yang kamu konsumsi.

Jangan Lewatkan Sahur

Tips Sehat Selama Puasa
Tips Sehat Selama Puasa : Jangan Lewatkan Sahur

Sahur adalah salah satu bagian yang paling berat saat menjalankan ibadah puasa, karena kamu harus bangun dini hari untuk makan. Namun, sahurlah yang menjadi kunci untuk menjalankan ibadah puasa, karena dengan makan sahur mampu mempersiapkan tubuh kamu untuk berpuasa pada siang hari. Agar rasa kenyang lebih tahan lama, kamu bias mengonsumsi sayuran dan buah-buahan serta minum air yang cukup.

Makan Secukupnya Saat Berbuka

Tips Sehat Selama Berpuasa
Tips Sehat Selama Berpuasa : Makan Secukupnya

Saat berbuka puasa, seringkali kita memakan berbagai macam makanan karena rasa lapar yang melanda.. Tapi ingat, makan terlalu banyak akan membuat perut kamu terasa sesak karena lambungmu mengecil dan enzim-enzim pencernaanmu hilang. Cobalah hindari makan terlalu banyak agar dapat melakukan aktivitas lain selepas berbuka puasa.

Itulah beberapa tips menjaga kesehatan tubuh saat berpuasa. Kalau kamu sendiri apa punya tips puasa sendiri? Untuk kamu yang akan berlibur di Filipina, Singapura, Vietnam atau Indonesia seperti Jakarta, Semarang, Solo, Malang, Manado, Makassar, Palembang, Banjarmasin, Balikpapan, Pekanbaru, Cirebon, Lampung, Batam, Bogor, Bali, Yogyakarta dan Surabaya, RedDoorz hadir sebagai tempat penginapan murah dengan fasilitas lengkap.

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.