Bengkulu menjadi salah satu destinasi wisata yang diunggulkan di Indonesia. Meski jarang direkomendasikan, provinsi yang dijuluki Bunga Rafflesia ini sebenarnya memiliki pesona yang spesial dan tak kalah keren dari destinasi wisata lainnya di Tanah Air. Berikut daya tarik yang menjadi alasan kamu wajib berlibur ke Bengkulu.

Menapak Tilas Sejarah Indonesia

Benteng Marlborough, destinasi untuk kamu yang ingin berlibur ke Bengkulu. Sumber: Wikipedia
Benteng Marlborough, destinasi untuk kamu yang ingin berlibur ke Bengkulu. Sumber: Wikipedia

Tahukah kamu kalau Bengkulu menjadi saksi sejarah penting bagi Indonesia? Pada tahun 1930-an, Bengkulu menjadi tempat pengasingan sejumlah aktivis pendukung kemerdekaan, termasuk presiden pertama RI Ir Soekarno. Tepatnya di Kelurahan Anggut, Kecamatan Ratu Samban, Bengkulu. Pada masa ini juga Soekarno berkenalan dengan Fatmawati yang kelak menjadi istrinya. Rumah Fatmawati kini menjadi tempat wisata bersejarah yang bisa dikunjungi di Bengkulu.

Ada juga benteng Marlborough, bangunan peninggalan Inggris yang dibangun tahun 1713 hingga 1719 pada masa kepemimpinan Gubernur Joseph Collet. Terletak di tepi Pantai Tapak Padri, kamu dapat menelusuri sejarah pertahanan Inggris melalui bangunannya, peralatan senjata, foto, dan dokumen yang masih terjaga dengan baik, sekaligus menikmati pemandangan pantai dari atas benteng.

Kamu juga bisa menyambangi bangunan bersejarah lainnya yang populer di kota ini, seperti Makam Inggris Jitra, Makam Sentot Alibasyah, Masjid Jamik Bengkulu.

Menikmati Indahnya Alam

Danau Dendam Tak Sudah, wisata berlibur ke Bengkulu. Sumber: Yopiefranz
Danau Dendam Tak Sudah, wisata berlibur ke Bengkulu. Sumber: Yopiefranz

Bengkulu dianugerahi keindahan alam yang cantik dan mempesona. Tengok saja jejeran pantai dan gunungnya yang menjadi keunggulan pariwisata Bengkulu. Kamu bisa menikmati deburan ombak dengan air laut yang jernih, berselancar, mencicipi seafood segar, dan bersantai di Pantai Panjang sampai Pantai Linau. Atau, kamu dapat mendaki gunung sambil melihat langsung bunga Rafflesia Arnoldi, danau, dan air terjun di sekitarnya.

Tak hanya sampai situ. Bengkulu juga mampu menyuguhkan panorama alam yang masih terjaga keasliannya di wisata alam terpopuler Danau Dendam Tak Sudah. Selain melihat hamparan air jernih danau, pengunjung akan ditemani dengan puluhan burung kecil, hutan rawa, dan berbagai jenis bunga di kawasan cagar alamnya. Jangan lewatkan juga eksotisme tebing batu dan segarnya air terjun.

 

Mengenal Kekayaan Budaya dan Adat 

Festival Tabot, salah satu pertunjukkan yang bisa disaksikan ketika berlibur ke Bengkulu. Sumber: Pesona Travel
Festival Tabot, salah satu pertunjukkan yang bisa disaksikan ketika berlibur ke Bengkulu. Sumber: Pesona Travel

Bengkulu juga kaya akan seni dan budaya yang dapat kita saksikan ketika berkunjung ke sana. Coba saja berkunjung tepat di bulan Maharam, kamu dapat menghadiri Festival Tabot di mana acara akan diiringi pawai, bazaar, pasar rakyat, dan berbagai penjual makanan khas dan dentuman dol (alat musik tradisional). Rencananya, pemerintah daerah akan menyelenggarakan Visit Bengkulu 2020 yang berisi 52 event festival di 10 kabupaten kota sepanjang tahun.

Nah, untuk kamu yang gemar berburu kesenian untuk dijadikan oleh-oleh, Kain Besurek bermotif Rafflesia bisa jadi pilihan yang keren. Jangan lupa coba kuliner khas ikan bakar jingrak, lontong tunjang, dan kopi Bengkulu yang menggugah selera.

Itulah alasan berlibur ke Bengkulu. Untuk kamu yang akan berlibur di Filipina, Singapura, Vietnam atau Indonesia seperti Jakarta, Semarang, Solo, Malang, Manado, Makassar, Palembang, Banjarmasin, Bengkulu, Balikpapan, Pekanbaru, Cirebon, Lampung, Batam, Bogor, Bali, Yogyakarta dan Surabaya, RedDoorz hadir sebagai tempat penginapan murah dengan fasilitas lengkap.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s