Buka puasa adalah saat yang ditunggu untuk mencicipi berbagai kudapan manis yang dikenal sebagai takjil. Takjil identik dengan makanan ringan yang serba manis maupun gurih. Sebagai referensi, berikut RedDoorz kasih informasi mengenai takjil yang bisa kamu cicipi selama bulan Ramadan.

Kolak Pisang dan Biji Salak

Takjil Buka Puasa
Takjil Buka Puasa : Kolak Biji Salak

Makanan yang satu ini menjadi salah satu menu berbuka puasa yang sangat populer di Indonesia. Ada berbagai campuran yang bisa kamu temukan di dalam kolak, mulai dari ubi, biji salak, pisang, kolang-kaling hingga pacar cina. Semua bahan tersebut kemudian disiram dengan santan yang sudah dicampur terlebih dahulu dengan gula merah sehingga rasanya manis. Kolak menjadi makanan favorit untuk berbuka puasa karena mudah untuk dibuat serta mudah untuk ditemukan di banyak tempat.

Es Buah

Takjil Buka Puasa
Takjil Buka Puasa : Es Buah

Untuk pilihan takjil yang manis dan menyegarkan, es buah bisa menjadi pertimbangan. Campuran yang biasanya kamu temukan dalam es buah adalah apel, melon, pepaya, anggur, buah naga, agar-agar, daging kelapa, dan masih banyak lagi. Campurannya akan terasa lebih menyegarkan dengan tambahan sirup atau gula cair beserta susu kental manis.

Cendol

Takjil Buka Puasa
Takjil Buka Puasa : Cendol

Berikutnya, takjil yang sangat khas untuk berbuka puasa adalah cendol. Agar terasa manis, cendol dicampur dengan cairan gula merah dan santan. Cendol juga menjadi semakin segar dengan campuran es serut di dalamnya. Cendol mudah ditemukan di berbagai tempat dengan harga yang relatif murah.

Es Kelapa

Takjil Buka Puasa
Takjil Buka Puasa : Es Kelapa

Minuman menyegarkan lainnya yang bisa kamu coba saat berbuka puasa adalahes kelapa. Minuman yang satu ini cukup praktis karena hanya terdiri dari buah kelapa dengan dagingnya yang diserut terlebih dahulu. Agar rasanya lebih manis, umumnya es kelapa ditambahkan dengan gula cair atau sirup dengan rasa pandan . Tambahkan juga es batu agar es kelapa semakin terasa menyegarkan.

Beraneka Ragam Gorengan

Takjil Buka Puasa
Takjil Buka Puasa : Gorengan

Takjil tidak hanya melulu minuman, tapi juga bisa berupa makanan, salah satunya adalah gorengan. Banyak orang yang lebih memilih untuk berbuka puasa dengan gorengan agar terasa lebih mengenyangkan. Ada berbagai pilihan gorengan yang bisa kamu coba seperti tahu goreng, tempe goreng, bakwan, pisang goreng dan masih banyak lagi yang lainnya. Kamu bisa menemukan penjual gorengan di banyak tempat dengan harga yang terjangkau

Kolang kaling

kolang kaling

Untuk kamu yang ingin mencicipi kudapan manis dan kenyal, kamu bisa mencicipi kolang-kaling. Takjil buka puasa yang satu ini sebenarnya merupakan buah yang telah diolah sedemikian rupa hingga menjadi manisan. Tetapi, kamu juga bisa menemukan kolang kaling di banyak campuran takjil lainnya seperti halnya kolak. Namun, untuk kamu yang biasa mencicipi kolang kaling secara langsung ada berbagai cara jenis olahan kolang kaling juga yang bisa kamu cicipi.

Kurma

Takjil Buka Puasa
Takjil Buka Puasa : Kurma

Kurma merupakan kudapan berbuka puasa yang paling populer. Kurma memiliki beraneka ragam jenisnya, contohnya Kurma Ajwa, Kurma Lulu, Kurma Amer Hajj, Kurma Palmfruit dan masih banyak lagi yang lainnya. Selain rasanya manis dan legit, kurma juga cukup awet untuk disimpan dalam beberapa bulan sehingga cocok untuk kamu yang ingin memberikan bingkisan atau parsel untuk kerabat terdekat.

Itulah beberapa informasi mengenai takjil buka puasa yang bisa kamu coba saat berbuka puasa. Kalau takjil favorit kamu apa nih untuk berbuka? Untuk kamu yang akan berlibur di Filipina, Singapura, Vietnam atau Indonesia seperti Jakarta, Semarang, Solo, Malang, Manado, Makassar, Palembang, Banjarmasin, Balikpapan, Pekanbaru, Cirebon, Lampung, Batam, Bogor, Bali, Yogyakarta dan Surabaya, RedDoorz hadir sebagai tempat penginapan murah dengan fasilitas lengkap.

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.