Sering sekali kita mendengar bahwa staycation dapat dijadikan sebagai alternatif liburan ketika merasa sudah sangat penat dengan aktivitas. Staycation bisa menjadi pilihan yang tepat bagi Anda yang sulit sekali mencari waktu untuk liburan, namun tetap ingin memiliki me time atau quality time dengan orang-orang terdekat. Biasanya staycation dapat dilakukan di dalam kota atau bahkan di luar kota yang jarak tempuhnya tidak begitu jauh dari tempat tinggal Anda. Selain itu, hal ini juga cocok untuk Anda yang malas untuk menyisihkan budget terlalu banyak untuk liburan tetapi tetap ingin merasakan refreshing di tengah kepenatan. RedDoorz akan menjelaskan beberapa alasan mengapa Anda harus melakukan staycation agar lebih fresh. Tapi staycationnya jangan sambil bawa kerjaan, yah!

Lebih Hemat

cash-close-up-counting-1435192

Karena staycation biasanya dilakukan di dalam kota, biasanya Anda tidak memerlukan biaya lebih untuk menempuh jarak perjalanan dibandingkan ketika kita benar-benar pergi liburan. Anda tidak perlu membeli tiket pesawat atau menempuh perjalanan yang mengharuskan Anda untuk berganti alat transportasi. Perjalanan untuk staycation seharusnya dapat ditempuh hanya dengan menggunakan mobil atau kereta yang memakan waktu kurang dari empat jam. Boleh dikatakan, bahwa staycation merupakan liburan singkat yang sederhana. Oleh karena itu, Anda tetap dapat menikmati liburan sesaat tanpa harus mengkhawatirkan keuangan Anda! Tidak hanya menghemat budget, namun Anda juga dapat menghemat waktu karena staycation juga dapat dilakukan dengan waktu yang singkat.

Istirahat Sejenak

adult-brunette-caucasian-920384

Meninggalkan jadwal aktivitas Anda yang ketat untuk sejenak tidak ada salahnya, lho! Saat staycation, Anda dapat secara leluasa menggunakan waktu luang Anda untuk istirahat yang maksimal. Anda juga dapat membuat jadwal yang kosong untuk diri sendiri atau melakukan aktivitas yang lebih santai dan menyenangkan dengan orang terdekat. Bersantai di kamar tanpa melakukan apapun dapat menjadi pilihan jika Anda ingin memaksimalkan waktu istirahat Anda. Namun, melakukan aktivitas seperti spa, pijat, membaca buku, dan memanfaatkan fasilitas hotel sepuasnya juga tidak kalah menarik. 

Suasana Baru

back-view-backpack-blur-2293513.jpg

Melepas suasana ibu kota yang padat dan membosankan dapat Anda lakukan dengan staycation, lho. Selain itu, mungkin Anda dapat melakukannya sebagai momen untuk berpikir secara tenang dan mencari inspirasi. Dengan staycation, Anda dapat merasakan suasana baru yang tidak hanya dapat menjernihkan pikiran, namun juga mendapatkan pengalaman baru. Nah, sangat cocok kan untuk dilakukan ketika Anda merasa banyak pikiran? Suasana baru juga dapat menjadi sesuatu yang menyenangkan bagi Anda yang gemar untuk lebih aktif dan tidak dapat berdiam diri saja di kamar. Anda dapat memanfaatkan waktu staycation Anda untuk menjelajah tempat baru atau makanan-makanan lokal yang berada di tempat tersebut. 

Meluangkan Waktu untuk Diri Sendiri atau Pasangan

adult-attractive-beautiful-1167192

Staycation dapat memberikan Anda waktu luang untuk diri Anda sendiri. Anda tidak perlu merasa terbebani dengan destinasi yang harus Anda tentukan dengan teman-teman Anda atau merasa kesulitan karena jarak liburan yang jauh. Anda bebas menentukan kegiatan apa yang Anda ingin lakukan sebelum menghadapi minggu-minggu yang melelahkan. Jika Anda memilih untuk melakukan staycation dengan pasangan Anda, pastikan Anda memilih tempat penginapan yang memungkinkan Anda dan pasangan Anda untuk melakukan aktivitas sehingga liburan pendek Anda tidak terasa membosankan. Memaksimalkan komunikasi berdua di tempat yang tenang bisa saja menjadi momen bagi Anda dan pasangan untuk menjadi lebih romantis dan harmonis.

Liburan yang Tidak Melelahkan

active-activity-beach-40815

Kebayang kan, kalau harus traveling jauh dari rumah dan jalur transportasi yang di luar dugaan? Atau berjalan kaki menempuh jarak jauh demi mendapatkan konten instagram yang bagus, namun mengakibatkan pegal yang tidak kunjung usai pada hari setelahnya.  Tentu hal ini tidak akan terjadi jika Anda melakukan staycation, karena Anda tidak perlu menempuh jarak yang jauh. Sehingga, jika Anda harus kembali beraktivitas normal di kemudian harinya, Anda tidak perlu khawatir akan merasa lelah dan kehabisan tenaga. Staycation biasanya memang hanya dilakukan dengan cara melakukan aktivitas di dalam penginapan atau hanya menjelajahi destinasi-destinasi terdekat.

 

 

 

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.