Siapa yang liburan nanti berencana untuk liburan ke Magelang? Atau ternyata kamu memang warga lokal yang mau nggak mau mudik ke sana liburan lebaran tahun ini. Eits, tapi jangan skip artikel ini ya, karena siapa tau kamu lupa kalau tempat-tempat di bawah ini juga menarik untuk dikunjungi. Sebagai salah satu daerah yang berada pada dataran tinggi, Magelang mungkin dapat menjadi kota yang dianggap nyaman karena udaranya yang sejuk. Mulai dari berbagai kuliner yang wajib dikunjungi, sampai tempat-tempat adem yang cocok banget buat rileks dan merenung!

  1. Gereja Ayam

Gereja-Ayam-Museum-Kekinian-Sampai-Tempat-‘Ngalam’-yang-Bikin-Betah-di-Magelang

Gimana uniknya bentuk gereja ini mungkin udah menarik banyak banget masyarakat buat berkunjung. Selain thanks to film AADC, nggak sedikit orang yang niat ke sini untuk melakukan sesi foto serius kayak pre-wedding, lho. Kondisi gereja yang terkesan tidak terawat justru membuat kesan vintage terlihat pada bangunan ini. Sehingga nggak heran kalau banyak yang tertarik menjadikan bangunan ini sebagai objek maupun properti foto. Selain itu, letaknya yang berada di atas bukit dekat Candi Borobudur juga membuat lokasinya sangat cocok untuk dijadikan tempat melihat matahari tenggelam! Fun fact, sebenarnya gereja ini berbentuk burung merpati, lho, kalau menurut pendiri aslinya. Yah, tapi udah keburu terkenal jadi gereja ayam, tuh.

  1. Bukit Dagi

Gereja-Ayam-Museum-Kekinian-Sampai-Tempat-‘Ngalam’-yang-Bikin-Betah-di-Magelang

Kalau kamu ke sini, kamu masih bisa merasakan suasana alam yang bersih dan sejuk. Nggak heran kalau acara Festival Yoga Internasional diadakan di sini, tempat ini sangat cocok untuk meditasi sehingga bisa membuat kamu lebih rileks. Dari atas sini, kamu juga bisa melihat pemandangan Candi Borobudur yang eksotis. Tempatnya masih di dalam kompleks Candi Borobudur kok! Jadi nggak perlu bingung untuk cari lokasinya.

  1. Punthuk Kendil

Gereja-Ayam-Museum-Kekinian-Sampai-Tempat-‘Ngalam’-yang-Bikin-Betah-di-Magelang

Buat yang takut atau phobia sama ketinggian memang kurang disarankan sih, karena spot foto di sini terbuat dari rakitan-rakitan bambu yang tinggi sehingga kamu bisa melihat pemandangan Magelang yang super worth it! Kamu bisa melihat gunung-gunung seperti Merapi, Merbabu, Sumbing, dan Sindoro.

  1. Patio Restaurant by Plataran Borobudur

Gereja-Ayam-Museum-Kekinian-Sampai-Tempat-‘Ngalam’-yang-Bikin-Betah-di-Magelang

Dari luar desain restoran ini terlihat sederhana hanya dengan cat putih polos. Tapi pilihan furnitur di dalamnya membangun kesan homey didukung dengan interior antik yang kejawen. Restoran ini cocok banget untuk acara berkumpul dengan teman-teman atau hanya sekedar bersantai dengan keluarga. Suasana ‘ngalam’ dari restoran ini juga nggak kalah bikin kamu betah untuk menghabiskan waktu di sini.

  1. OHD Museum

Gereja-Ayam-Museum-Kekinian-Sampai-Tempat-‘Ngalam’-yang-Bikin-Betah-di-Magelang

Kalau kamu bosan dan sudah terlalu banyak punya stok foto alam, coba deh main-main ke sini untuk nyari suasana yang berbeda. Karena museum yang didirikan oleh Dr. Oei Hong Djien ini memiliki koleksi mulai dari lukisan, instalasi, patung, serta media-media seni baru yang bagus banget untuk mengisi konten instagrammu. Pokoknya nggak bakal kalah deh sama museum-museum kekinian. Cukup dengan bayar Rp 50.000 kamu bisa menikmati hasil-hasil karya yang dikoleksi di dalam museum ini.

  1. Kupat Tahu

Gereja-Ayam-Museum-Kekinian-Sampai-Tempat-‘Ngalam’-yang-Bikin-Betah-di-Magelang

Klaimnya yang sudah berdiri sejak 1942 harusnya bikin kita tambah yakin ya kalau kupat tahu yang terletak di Jalan Tentara Pelajar Kios Nomor 14, Magelang ini memang enak. Pas dicobain sih memang beneran enak! Kalau kamu tipe orang yang menilai makanan dari tempatnya, mungkin prasangka kamu bisa jadi salah. Bentuk tempat makan kupat tahu ini memang terbilang sederhana, namun tetap bersih kok. Ssstt… denger-denger kupat tahu dekat alun-alun ini sudah menjadi makanan langganan Bu Ani dan Pak SBY, lho! Jangan kaget kalau kamu makan di sana, kamu akan menemukan banyak foto-foto orang terkenal yang sudah pernah menikmati makanan khas Magelang ini.

  1. Konro Bakar Bumbu Kacang

Gereja-Ayam-Museum-Kekinian-Sampai-Tempat-‘Ngalam’-yang-Bikin-Betah-di-Magelang

Ini dia makanan khas Sulawesi dengan sentuhan Magelang. Kalau biasanya kamu menemukan konro dalam bentuk sop alias berkuah, konro ini selain dibakar juga dibaluri dengan bumbu kacang. Hmm… habis jalan-jalan memang paling enak kalau langsung makan sih. Lokasi konro bakar bumbu kacang ini sangat mudah ditemukan karena letaknya yang dekat dengan alun-alun kota. Disarankan untuk siapin space di perut buat coba konro bakar ini!

Jangan lupa untuk nginep di RedDoorz Magelang!

Setelah mengetahui destinasi liburanmu, sekarang tentukan tempat menginapmu di RedDoorz! Mulai dari Rp 99.000/ malam, kamu nggak perlu lagi bingung mikirin harus menginap dimana karena dijamin stay di RedDoorz nyaman banget! Lokasi-lokasi RedDoorz di Magelang juga dekat dengan destinasi-destinasi wisata, sehingga sangat memudahkan kamu untuk tetap bisa menjelajahi kota Magelang. Fasilitas RedDoorz juga dijamin lengkap, karena kamu nggak perlu khawatir untuk mendapatkan fasilitas seperti wifi, perlengkapan mandi, serta mendapatkan tempat tidur yang nyaman dan bersih. Kamu bisa pilih untuk menginap di RedDoorz near Candi Pawon Borobudur, RedDoorz near Akmil Magelang, RedDoorz @ Komplek Candi Borobudur, atau RedDoorz near Borobudur Temple. Apapun pilihannya, RedDoorz pasti kasih yang terbaik untuk para RedTraveler!

 

 

 

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.