Untuk kamu yang suka liburan dengan suasana bertema alam, Ambon bisa menjadi destinasi menarik untuk kamu kunjungi. Di sini kamu akan menemukan banyak sekali pantai cantik yang masih sangat asri. Selain itu, tempat bersejarah seperti peninggalan Belanda pun bisa kamu temukan di sini. Untuk lebih jelasnya, berikut RedDoorz akan membahas mengenai beberapa Tempat Wisata di Ambon yang menarik!

Pantai Liang

Tempat Wisata di Ambon
Tempat Wisata di Ambon : Pantai Liang

Sering disebut juga dengan nama Hunimua, Pantai Liang pernah dinobatkan sebagai pantai terindah oleh PBB pada tahun 1991. Keindahan dari Pantai Liang memang tidak bisa dipungkiri. Berkunjung ke sini kamu akan akan melihat hamparan pantai pasir putih yang berpadu dengan air laut biru. Suasana di sini juga cenderung tidak terlalu ramai dan ombaknya pun tidak terlalu besar, sehingga aman jika kamu ingin berenang atau snorkelling di sekitar pantai.

Nusa Pombo

Tempat Wisata di Ambon
Tempat Wisata di Ambon : Pombo

Untuk sampai ke sini, kamu hanya perlu menempuh perjalanan selama satu jam dengan menggunakan speed boat dari Ambon. Agak berbeda dengan pantai lainnya, Pantai Nusa Pombo tidak berpenghuni sehingga suasananya pun sangat tenang. Selain itu, kamu juga boleh loh mendirikan tenda di pinggir pantai untuk bermalam di sini. Selama liburan di Nusa Pombo kamu boleh melakukan berbagai kegiatan menarik mulai dari menyelam, berenang, snorkelling hingga trekking untuk berkeliling pantai.

Pantai Pintu Kota

Tempat Wisata di Ambon
Tempat Wisata di Ambon : Pantai Pintu Kota

Berbeda dengan pantai lainnya yang ada di Ambon yang memiliki pasir putih, di Pantai Pintu Kota kamu akan menemukan banyak tebing karang. Di sini kamu juga akan menemukan satu tebing karang yang sangat besar dengan sebuah lubang besar di tengahnya yang mirip dengan pintu. Dengan keindahan alam tersebut, Pantai Pintu Kota Sering dijadikan sampul untuk majalah wisata alam hingga foto prewedding. Untuk masuk ke sini para pengunjung hanya akan dikenakan biaya sebesar Rp 5.000 saja. Jika lapar kamu juga tidak perlu binggung karena di sekitar pantai kamu bisa menemukan banyak pedagang yang menjajakan makanan.

Pantai Nestapa

Tempat Wisata di Ambon
Tempat Wisata di Ambon : Pantai Nestapa

Mirip dengan Pantai Liang, Pantai Nestapa juga memiliki keindahan alam yang sama berupa pantai berpasir putih. Air laut yang ada di sini juga sangat jernih sehingga cocok untuk snorkelling. Di sini, kamu juga bisa menyewa perahu dengan tarif sebesar Rp 20.000,- sambil merasakan bagaimana sensasi memancing di laut lepas. Sekitar 700 meter dari Pantai Nestapa, kamu juga akan menemukan banyak penjual ikan segar.

Museum Siwalima

Tempat Wisata di Ambon
Tempat Wisata di Ambon : Museum Siwalima

Berkunjung ke Museum Siwalima, kamu akan disambut dengan tulisan “Usu Mar Upu” yang berarti “Mari Silahkan Masuk”. Di sini, kamu bisa menemukan banyak informasi mengenai Maluku beserta kekayaan alam dan budayanya. Dari pusat kota Ambon, kamu bisa mencapai Museum Siwalima dengan waktu sekitar 10 menit dan jarak tempuh sekitar 5 kilometer. Suasananya juga sangat eksotis karena lokasinya yang berada di atas bukit dan menghadap langsung ke Teluk Ambon. Sejarah pendirian dari Museum Siwalima sendiri berawal dari undang-undang Belanda yang mengharuskan dikembalikannya barang-barang bersejarah yang ada di Maluku pada tahun 1970. Karena tidak ada tempat untuk menampung barang-barang tersebut, jadilah markas pasukan pembebasan Irian Barat yang disebut Taman Makmur ini dijadikan tempat untuk menyimpan barang-barang tersebut hingga sekarang.

Pulau Molana

pantai molana
Ambon juga memiliki satu pulau cantik yang bisa kamu jadikan tujuan wisata. Untuk sampai ke sini kamu bisa menggunakan speedboat dari kota Ambon atau kamu bisa bersandar terlebih dahulu ke Saparua untuk kemudian melanjutkan lagi perjalanan ke Pulau Molana dengan menggunakan speedboat lagi Hal yang menarik dari pantai ini adalah saat pergantian musim. Pada waktu tersebut, kamu akan melihat pasir pantai di sini berpindah dari sisi barat ke sisi timur karena pengaruh angin barat dan angin timur. Adapun panjang dari pantai pasir putih yang ada di sini yaitu mencapai 1,5 km. Di salah satu sisinya kamu juga akan melihat tebing batu karang yang menjadi tempat bagi ikan-ikan kecil. Bawah laut dari Pulau Molana ini juga sangat indah sehingga cocok untuk kamu yang suka snorkelling atau menyelam.

Benteng Amsterdam Hila

Tempat Wisata di Ambon
Tempat Wisata di Ambon : Benteng Amsterdam

Selain pantai, di Ambon kamu juga bisa menemukan sebuah benteng peninggalan Belanda. Berlokasi di perbatasan negeri Hila, dan negeri Keitetu, Benteng Amsterdam memiliki banyak cerita historis. Dulunya bangunan ini merupakan markas VOC yang ada di Ambon. Benteng ini memiliki tiga lantai dengan fungsi yang berbeda dan bangunannya masih kokoh hingga sekarang. Di bagian atas kamu bisa melihat menara pengintai yang sekarang sering digunakan untuk melihat pemandangan di sekitar Benteng. Untuk ke sini, kamu bisa menempuh perjalanan sekitar 42 kilometer dari kota Ambon…
Itulah beberapa informasi mengenai tempat wisata di Ambon yang bisa kamu kunjungi. Kalau kamu sendiri pernah berkunjung ke mana? Untuk kamu yang akan berlibur di Filipina, Singapura, Vietnam atau Indonesia seperti Jakarta, Semarang, Solo, Malang, Manado, Makassar, Palembang, Banjarmasin, Balikpapan, Pekanbaru, Cirebon, Lampung, Batam, Bogor, Bali, Yogyakarta dan Surabaya, RedDoorz hadir sebagai tempat penginapan murah dengan fasilitas lengkap.

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.