Hi, RedTraveler! Gimana, sudah siap mudik? Untuk menyambut hari raya yang tinggal beberapa hari lagi, seharusnya kamu lagi memilih alternatif perjalanan mudik nih. Dibangunnya fasilitas transportasi baru seperti Tol Trans Jawa pastinya bikin kamu penasaran buat nyobain gimana asiknya mudik lebaran melalui jalur darat. Selain itu, sudah dengar belum kalau tarif tol akan didiskon selama musim mudik lebaran? Yuk, cari tahu cara agar mudikmu aman dan anti ribet walaupun dalam perjalanan yang panjang via jalur darat.

  1. Cek Keamanan Kendaraan

Sebelum melakukan perjalanan jauh, pastikan kamu sudah mengecek kondisi kendaraanmu secara lengkap, seperti penggantian oli, tekanan ban, serta pengecekan rem kendaraan. Jangan ide untuk ngecek sendiri terus berasumsi semuanya baik-baik aja, yah. Kamu bisa pergi ke bengkel dan biarkan yang ahli memeriksanya untuk kamu. Sebaiknya cek kendaraanmu di waktu yang tidak berdekatan dengan pergi mudik agar bila ada kerusakan, kamu bisa memperbaikinya sesegera mungkin. Jangan sampai momen lebaran dengan keluargamu terhambat karena kendaraanmu bermasalah.

  1. Pesan Tiket Keberangkatan dari Jauh Hari

Buat kamu yang naik kendaraan umum seperti bus, tolong jangan nekat untuk beli tiketnya H-1. Selain takut salah tanggal karena belinya buru-buru, membeli tiket dari jauh-jauh hari juga dapat mencegah kamu dari kehabisan tiket. Nggak Cuma itu, hal ini juga memungkinkan kamu untuk dapat memilih tempat duduk yang nyaman alias nggak cuma kebagian tempat duduk sisa. Pastikan tanggalnya nggak bentrok sama kerjaan kamu ya.

  1. Pastikan Kamu Berangkat dengan Sehat!

Penting, nih. Nggak enak dong kalau kamu menempuh perjalanan mudik yang jauh dalam keadaan tidak sehat? Oleh karena itu, pastikan kamu melakukan perjalanan mudik dalam keadaan sehat ya! Kalau kamu sakit tapi kondisimu masih memungkinkan untuk mudik, jangan lupa untuk meyiapkan obat-obatan yang seharusnya diminum.

  1. Membawa Bekal Konsumsi yang Cukup

Percuma sehat kalau nggak bawa bekal makanan dan minuman yang cukup saat mudik. Karena kedua hal ini bisa mencegah kamu dari dehidrasi dan sakit lambung. Tidak perlu membawa terlalu banyak, bawa secukupnya saja agar kamu juga nggak terlalu banyak makan dan malah berujung ngantuk. Waduh, bahaya tuh!

  1. Gunakan Perlengkapan Keamanan

Selalu perhatikan keamananmu dengan menggunakan seat belt atau helm dan jaket bagi kamu yang mudik dengan menggunakan motor. Kelengkapan surat-surat kendaraanmu juga seharusnya telah dipastikan siap sehingga kamu bisa mudik dengan tenang.

  1. Siapkan Uang Tunai

Walaupun kamu mengaku sebagai bagian dari generasi cashless society, tapi menyediakan uang tunai apalagi uang receh saat mudik juga penting, lho. Nggak ada yang tau kan kalau tiba-tiba kamu butuh untuk ke toilet di rest area dan pastinya bayar toiletnya membutuhkan pecahan uang kecil. Selain itu, kalau kamu kepepet dan butuh untuk membeli minum atau perlengkapan di toko kecil, kamu nggak perlu bingung mau bayar pakai apa.

  1. Maksimalkan Saldo E-Toll

Buat kamu yang menggunakan kendaraan pribadi, siapa yang di tol dalam kota saja suka lupa isi e-toll dan alhasil menyusahkan orang lain di belakangnya? Iya kalau orang di belakang kamu mau bantu, kalau dia cuek-cuek saja kan kamu juga yang malu, hihi. Lagian kalau tol perjalanan jauh, kamu nggak bisa sembarangan mengandalkan orang lain karena jumlahnya juga yang nggak sedikit. Jadi, pastikan kamu mencari tahu tarif tol yang akan kamu lalui dan segera maksimalkan saldo e-toll mu, yah!

  1. Siapkan Baju Hangat

Kadang dinginnya AC bus atau kereta suka nggak ke kontrol dan bikin badan jadi menggigil. Ditambah lagi perjalanan mudik yang lama bisa saja mengharuskan kamu untuk melalui waktu malam hari. Brrr… semoga sih nggak masuk angin karena kedinginan. Tenang, RedTraveler, selama kamu menyiapkan baju hangat kamu akan aman dari kemungkinan ini. Pakai pakaian yang nyaman dan tertutup sehingga kamu nggak memberikan jalan masuk untuk angin ke tubuh kamu.

  1. Periksa Perlengkapan Anak

Untuk keluarga yang mau mudik, jangan lupa juga untuk mempersiapkan perlengkapan anak-anak, yah. Apalagi kalua si kecil termasuk anak yang aktif dan perlu membawa baju ganti yang cukup banyak. Perhatikan juga ruang di kendaraan kamu agar si kecil tidak merasa sesak saat melakukan perjalanan. Selain untuk keamanan perjalananmu, membawa perlengkapan yang tidak begitu banyak juga dapat membuat si kecil nyaman.

  1. Jangan Malas untuk Berhenti Istirahat!

Kalau kamu sudah merasa lelah, usahakan untuk berhenti dan istirahat sebentar. Rest area yang tersedia pada jalur mudik juga sudah banyak yang memiliki fasilitas lengkap, lho. Seperti kamar mandi yang bersih, area parkir yang luas, serta tempat ibadah yang memadai. Kamu membutuhkan waktu istirahat yang cukup lama tapi khawatir nggak menemukan tempat menginap yang nyaman? Ya mampir ke RedDoorz dong! RedDoorz tersedia di beberapa daerah seperti Sukabumi, Cirebon, Semarang, Solo, dan daerah-daerah lainnya. Walaupun perjalanan panjang, tetap perhatikan waktu istirahatmu agar hari rayamu lebih menyenangkan, ya!

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.