Hidangan Lebaran Khas Indonesia yang Menggugah Selera!

Selain identik dengan bersalaman dan bermaafan, lebaran juga identik dengan ketupat beserta makanan pendampingnya yang seolah nggak bisa dipisahkan. Kali ini RedDoorz mau membahas makanan khas lebaran selain ketupat. Meski seringkali hidangan-hidangan pendamping ini kita jumpai di hari-hari lain selain lebaran, namun image hidangan khas lebaran sudah terlanjur melekat pada mereka. Apa aja sih, yang kira-kira jadi makanan khas lebaran di Indonesia? Yuk ikuti RedDoorz membahasnya!

Opor Ayam

shutterstock_444182398

Opor ayam ini bisa dibilang “jodohnya” ketupat. Kedua makanan ini hampir tak bisa dipisahkan dan selalu bertemu di meja makan setiap lebaran. Dengan bahan dasar ayam kampung maupun ayam negeri, opor ayam memiliki rasa yang gurih berkat campuran santan dan rempah-rempah khas Indonesia. Soal rasa, salah satu makanan khas lebaran ini tak perlu diragukan lagi!

Rendang

shutterstock_789397615

Nah, urutan kedua makanan khas lebaran adalah rendang. Hidangan yang empat tahun berturut-turut dinobatkan menjadi makanan terenak di dunia oleh CNN ini terbuat dari daging sapi yang dicampur dengan bumbu rempah dan santan. Nggak heran, kalau rasanya sangat gurih dan lezat. Sedikit berbeda dengan hari biasa, di hari lebaran makanan khas Padang ini biasa disantap dengan ketupat dan opor ayam.

Semur

shutterstock_1122457925

Selain rendang, makanan berbahan dasar daging lainnya yang menjadi hidangan khas lebaran adalah semur. Semur nggak menggunakan santan, sehingga teksturnya nggak terlalu kental dengan rasa yang manis tapi tetap gurih. Selain daging, biasanya semur dicampur dengan ayam, tahu, tempe, telor bahkan jengkol! Nikmat disantap dengan nasi atau ketupat, tinggal tentukan pilihanmu!

Sambel Goreng Kentang

shutterstock_471149378

Sering hadir di acara-acara penting, kelezatan sambel goreng kentang nggak perlu diragukan lagi. Dengan rasa yang pedas namun tetap enak dinikmati, sambel goreng kentang jadi makanan khas lebaran yang selalu dinanti. Biasanya, untuk menambah kelezatan, makanan ini dicampur dengan krecek, ati ampela dan pete. Konon katanya rasanya akan semakin nikmat bila dicampur dengan pete. Dan yang pasti, sangat cocok dicampur dengan ketupat, opor dan rendang!

Sayur Nangka

shutterstock_1374406682

Nah yang terakhir nih, sayur nangka. Sering juga ditemukan di sajian khas Padang, sayur nangka ini cocok banget untuk disantap bareng ketupat. Dengan berbagai macam rempah yang ada di dalamnya, hidangan khas lebaran ini memiliki cita rasa yang sangat kaya. Nggak heran kalau sayur nangka ini selalu ada di meja setiap lebaran!

Begitulah informasi seputar makanan khas lebaran di Indonesia. Untuk kamu yang habis menikmati makanan khas lebaran terus mau jalan-jalan tapi bingung mau nginep di mana, kamu bisa buka klik di sini atau download aplikasi RedDoorz yang tersedia di PlayStore dan App Store. Gampang banget kan?

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.